ITS dan IPB University Buka Penerimaan Mahasiswa Kedokteran 2023, Cek Infonya di Sini!

oleh | Agu 4, 2023 | Blog, Jalur Masuk PTN, Jurusan Kuliah, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Penerimaan Kedokteran ITS dan IPB – Meskipun Kedokteran merupakan program studi dengan peminat tertinggi setiap tahunnya, kebutuhan akan tenaga di bidang medis khususnya dokter juga masih tergolong tinggi. Populasi penduduk yang tinggi juga meningkatkan kebutuhan tenaga kesehatan utamanya dokter.

Atas dasar ini, pemerintah masih terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui peningkatan jumlah dokter di Indonesia, salah satunya dengan menambah jumlah perguruan tinggi yang membuka program studi kedokteran. Bisa dilihat, belakangan beberapa perguruan tinggi sudah tampak membuka peluang masuk jurusan kedokteran, tak terkecuali perguruan tinggi di bidang pertanian dan teknologi yakni IPB University dan ITS. 

Meskipun baru dibuka pada tahun ini, kualitas pembelajaran bidang Kedokteran di IPB University dan ITS tidak bisa diragukan sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia. Bagi kamu yang masih berjuang mencari kampus terbaik untuk kuliah di jurusan kedokteran, barangkali 2 PTN akan cocok untukmu. Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

1. Seleksi Kedokteran di IPB University

Penerimaan program studi kedokteran IPB University dilaksanakan melalui seleksi mandiri atau SM-IPB 2023 Periode 2 yang khusus dibuka untuk prodi kedokteran. Seleksi kedokteran IPB University bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK jurusan IPA tahun 2021, 2022 atau 2023 dengan persyaratan sebagai berikut:

Persyaratan Kedokteran IPB University

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2021, 2022, atau 2023.
  2. Peserta ujian online berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA.
  3. Peserta harus sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak buta warna parsial atau total.
  4. Pendaftaran dilakukan melalui laman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id 
  5. Membayar biaya pendaftaran sebesar  Rp. 500.000,- (ujian online)
  6. Siswa membayar biaya pendaftaran pada bank BNI, BSI, BRI, BTN, Mandiri, BJB, BJB Syariah, atau Mega Syariah. Tata cara pembayaran dapat dilihat pada https://admisi.ipb.ac.id/tatacarabayar/
  7. Peserta melengkapi biodata pada subsistem dan mengunduh kartu peserta ujian.
  8. Peserta yang dapat mengikuti ujian adalah peserta yang sudah memiliki kartu peserta ujian.
  9. Calon mahasiswa baru dianggap resmi sebagai mahasiswa baru jika sudah melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran biaya UKT

Jadwal Seleksi Kedokteran IPB University

Pendaftaran: 5 – 11 Agustus 2023

SM-IPB (ujian online): 12 Agustus 2023

Pengumuman penerimaan: 14 Agustus 2023

Registrasi ulang (online): 14 – 18 Agustus 2023

Materi seleksi

Materi yang diujikan untuk SM-IPB program sarjana (S1) yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jumlah soal sebanyak 25 soal. Waktu pengerjaan adalah 60 menit. Sistem penilaian : (1) Untuk soal pilihan ganda: benar 100%, salah -25%, kosong 0%; (2) Untuk soal isian singkat: benar 100%, salah atau kosong 0%.

Biaya Kuliah Kedokteran IPB

Biaya kuliah  program studi kedokteran IPB University terdiri dari Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) senilai Rp150.000.000 yang dibayarkan 1x pada awal kuliah. Selain itu, mahasiswa juga dibebankan dengan UKT sebesar Rp20.000.000 yang dibayarkan setiap semester. 

Informasi lebih lanjut mengenai seleksi kedokteran di IPB University tahun 2023 dapat diakses melalui https://admisi.ipb.ac.id/

2. Seleksi Kedokteran di ITS

ITS membuka penerimaan mahasiswa program studi kedokteran melalui Seleksi Mandiri 2023 dengan daya tampung sebanyak 50 mahasiswa. Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Umum Program Studi Kedokteran dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA dan MA atau setara, yang lulus tahun 2021, 2022 dan 2023. Seleksi Mandiri Umum Kedokteran ITS akan didasarkan pada:

  • Nilai rapor mata pelajaran pendukung prodi: Matematika Peminatan, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh SNPMB tahun 2023.

Biaya pendaftaran

Seleksi Mandiri Umum: Rp250.000

Jadwal Seleksi Kedokteran ITS 2023

Pendaftaran: 1 – 6 Agustus 2023

Pengumuman Hasil: 8 Agustus 2023

Tes Kesehatan: 9 – 10 Agustus 2023

Daftar Ulang: 10 -12 Agustus 2023

Biaya Kuliah Kedokteran ITS

Calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Umum ITS 2023 dikenakan biaya pendidikan berupa:

  1. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) sebesar Rp20.000.000, yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan. Besaran biaya ditentukan ITS dalam satu kategori (khusus program studi Kedokteran) dengan mempertimbangkan kemampuan orang tua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.
  2. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp150.000.000, yang dibayarkan penuh sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa yaitu pada saat daftar ulang.

Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran dapat diakses pada laman Seleksi Mandiri Umum ITS 2023. 

Itulah informasi pendaftaran program studi kedokteran baru di ITS dan IPB University, apakah kamu berminat kuliah kedokteran di PTN ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…