Kelebihan Bergabung Bersama AKPOL Yang Harus Diketahui

oleh | Jun 4, 2020 | Blog | 0 Komentar

AKPOL – AKPOL atau Akademi Kepolisian merupakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk mencetak para Perwira Polri. Sekolah Kedinasan Akademi Kepolisian atau Akpol adalah sebuah unsur pelaksana bagi pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah naungan Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). AKPOL sendiri beralamatkan di Jl. Sultan Agung No.131, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232. Sekolah kedinasan AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa.

Bisa masuk dan lulus dari Sekolah Kedinasan AKPOL merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk mereka. Untuk bisa masuk ke Akademi Kepolisian ini sebenarnya gampang-gampang susah. Hanya saja  untuk para calon Perwira AKPOL perlu diketahui bahwa masuk ke Sekolah Kedinasan AKPOL membutuhkan persiapan yang sangat matang. Semua perlu dipersiapkan sejak awal agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian masuk dan menjadi seoarang perwira di AKPOL antara lain, yang pertama kalian harus memiliki mental baja dan tahan banting. Lalu kalian juga sebaiknya menyiapkan kemampuan fisik yang prima serta kecerdasan otak yang luar biasa dan dibuktikan dengan nilai akademik yang tinggi. Selanjutnya kalian dianjurkan untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Akademi Kepolisian atau AKPOL ini, informasi-informasi tersebut akan membantu kalian dalam mengenali AKPOL lebih jauh.

Ini Dia 5 Kelebihan Bergabung AKPOL Yang Harus Anda Ketahui

Terlepas dari beberapa perjuangan dan persyaratan yang kamu tempuh agar bisa menjadi seorang perwira di Akademi kepolisian, kalian juga harus mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Akademi Kepolisian atau AKPOL sebagai motivasi kalian. Berikut adalah beberapa daftar kelebihan yang dimiliki oleh Sekolah kedinasan AKPOL, antara lain :

  • Output lulus yaitu Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Salah satu kelebihan dari Akademi kepolisian adalah para Perwiranya setelah lulus akan mendapatkan ouput atau gelar Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tentunya hal ini didapatkan apabila kalian bisa masuk dan menyelesaikan masa studi di Akademi Kepolisan atau AKPOL selama kurang lebih 4 (empat) tahun lamanya. Tentu hal ini sangat menggiurkan untuk dilewatkan. Maka dari itu persiapkanlah diri kalian secara matang apabila ingin menjadi seorang perwira Polri dengan pangkat Inspektur Polisi dua atau Ipda dengan hanya menyelesaikan masa pendidikan selama 4 tahun di AKPOL.

  • AKPOL membebaskan biaya pendidikan

Seperti halnya Sekolah Kedinasan lainnya, perlu diketahui bahwa Akademi Kepolisian atau AKPOL juga memberikan pembebasan semua biaya atau gratis untuk para perwiranya dalam menempuh masa pendidikan di AKPOL. Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk memikirkan besaran biaya apabila masuk ke dalam Akademi Kepolisian atau AKPOL ini. Karena semua biaya tersebut akan di bayar oleh Pemerintah dan kalian bisa untuk fokus dalam menyelesaikan masa pendidikan di Akademi Kepolisian. Kebijakan ini pun masih berlaku hingga tahun ini.

  • Gaji yang akan di dapatkan

Menjadi seorang Polri yang bekerja di lingkungan pemerintah dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda), tentunya akan memberikan pekerjaan yang menghasilkan gaji yang tidaklah sedikit. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas seperti ini, terlebih apabila kalian bisa lolos dalam masa promosi jabatan dan terus naik ke pangkat yang lebih tinggi, maka upah atau gaji yang kalian dapatkan juga akan semakin besar tentunya. Hal ini perlu perjuangan yang besar. Gaji besar tersebut pantas di dapatkan sebagaimana kinerja dan proses yang kalian kerahkan.

  • Menjadi Pegawai Negeri

Menjadi Perwira dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dan bekerja di lingkungan pemerintah tentunya akan menjadikan kalian sebagai seorang calon Pegawai Negeri secara otomatis. Tak dapat di pungkiri Pegawai Negeri adalah salah satu pekerjaan idaman bagi orang-orang di Indonesia. Hidup mereka akan di jamin oleh Negara dan bahkan sampai mereka meninggal pun akan masih di perhatikan keberlangsungan hidup keluarganya oleh Negara hingga batas waktu tertentu.

  • Dapat mengangkat martabat keluarga

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh AKPOL adalah sebagai lulusan dari Akademi Kepolisian tentunya secara tidak langsung bisa mengangkat martabat keluarga. Tentu hal ini bukanlah kelebihan yang secara lagsung diberikan oleh AKPOL, akan tetapi pandangan masyarakat mengenai pekerjaan seperti Perwira Polri adalah sebuah pekerjaan yang memiliki ruang khusus di masyarakat. Telebih pekerjaanmu adalah sebuah pekerjaan yang mengayomi dan melindungi masyarakat dari segala macam bahaya. Tentunya dampak tidak langsung akan di rasakan oleh keluarga kalian nantinya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Pilihan untuk melanjutkan studi selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas terkadang bukan milik semua orang. Banyak juga yang tidak segera menyandang gelar ‘mahasiswa’ setelah lulus SMA. Hal ini tentunya merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, terkadang...

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Politeknik Pelayaran atau POLTEKPEL Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan berfokus pada bidang pelayaran. POLTEKPEL Surabaya dibangun guna memenuhi...

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satu pilihan yang diambil oleh banyak orang yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, tersedia dua kelompok pilihan studi bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yaitu...