Kuliah Jurusan Psikologi Belajar Apa Saja, Ya?

oleh | Okt 26, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Psikologi – Ada banyak jurusan kuliah yang bisa dipilih saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yagn lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, beberapa jurusan selalu menjadi favorit dan animo pendaftarnya tinggi, seperti Psikologi. Jurusan ini merupakan pilihan favorit di berbagai universitas.

Psikologi merupakan salah satu pilihan yang selalu diminati oleh calon mahasiswa. Berbeda dengan jurusan lainnya, Psikologi bisa masuk ke dua rumpun berbeda IPA atau IPS. Hal ini disesuaikan dengan setiap universitas. Tentunya, perbedaan ini akan menguntungkan karena lulusan jurusan IPA atau IPS bisa masuk ke jurusan ini.

Mengapa Psikologi menjadi populer? Apa yang dipelajari di jurusan ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Tentang Jurusan Psikologi

Mudahnya, Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku, mental, dan pikiran manusia. Seorang mahasiswa Psikologi akan belajar tentang alur pemikiran manusia, tindakan, dan juga kepribadiannya. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa nantinya akan bisa melakukan analisis terkait psikologis manusia.

Kuliah di jurusan Psikologi sama seperti jurusan lainnya. Mahasiswa akan belajar selama 4 tahun atau 8 semester untuk bisa lulus dan menyandang gelar Sarjana Psikologi. Lalu, jika ingin lebih mendalami ilmu ini, misalnya ingin jadi Psikolog, maka mahasiswa harus mengikuti pendidikan lanjutan di tingkat Magister.

Bedanya Psikologi IPA dan Psikologi IPS

Psikologi merupakan jurusan yang berbeda dengan jurusan lainnya. Ada kampus yang mengelompokkan Psikologi dalam rumpun IPA. Namun, ada juga universitas yang memasukkan jurusan ini ke dalam kelompok IPS.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang begitu mencolok dari kedua pengelompokkan ini. Mahasiswa tetap akan belajar tentang ilmu mental, kepribadian, dan perilaku manusia. Hanya saja, untuk Psikologi IPA, akan lebih fokus pada teori dan analisis. Sedangkan Psikologi IPS akan fokus pada gejala sosialnya.

Pengelompokkan yang berbeda ini ada karena perspekstif dari masing-masing kampus. Jika kamu berasal dari IPS dan ingin masuk jurusan ini, maka bisa memilih kampus yang mengelompokkan Psikologi di rumpun IPS. Sedangkan untuk lulusan IPA, dapat mengambil di kampus yang jurusan ini mausk ke kelompok IPA.

Baca juga Yuk, Mengenal IUP Psikologi UGM, Rekan, dan Syarat Masuknya!

Fokus Ilmu yang Dipelajari di Jurusan Psikologi

jurusan psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang luas. Di jurusan ini, akan ada banyak hal yang dipelajari tidak hanya ilmu konseling. Secara umum, ada 6 pembagian fokus ilmu yang ada di program Psikologi, yaitu sebagai berikut.

Psikologi Umum dan Eksperimental

Di dalam ilmu psikologi, ada cabang umum dan eksperimental. Cabang ini fokus pada penelitian dan eksperimen di bidang psikologi. Mahasiswa akan belajar tentang cara melakukan penelitian, menggunakan peralatan, serta metodologi penelitian. Ilmu ini sangat penting bagi seseorang yang belajar Psikologi karena akan berguna saat telah bekerja.

Psikologi Klinis

Fokus ilmu yang kedua yaitu psikologi klinis. Bidang ilmu ini mungkin yang paling banyak diketahui orang karena fokus pada kesehatan mental dan membimbing mahasiswa untuk bisa menjadi Psikolog. Di cabang ini, mahasiswa akan mempelajari perilaku dan kondisi mental manusia mulai dari yang paling ringan sampai berat.

Psikologi Perkembangan

Sesuai namanya, bidang ilmu psikologi yang satu ini fokus pada perkembangan yang terjadi pada mental manusia. Mahasiswa akan belajar perubahan kondisi mental manusia mulai dari masa anak-anak sampai lanjut usia. Selama masa-masa tersebut, manusia memiliki kondisi mental yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda juga.

Psikologi Industri dan Organisasi

Bidang lain yang ada di jurusan Psikologi yaitu psikologi industri dan organisasi. Cabang ini fokus pada dunia psikologi yang ada di industri, perusahaan, atau organisasi. Di dunia kerja, ilmu ini sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan karyawan baik itu rekrutmen, pengembangan, motivasi kerja, konflik, dan lain-lain.

Psikologi Pendidikan

Pendidikan merupakan aspek penting dalam perkembangan manusia. Di ilmu psikologi, ada bidang psikologi pendidikan yang berfokus pada hal ini. Mahasiswa belajar tentang pendekatan pendidikan yang tepat, menjaga motivasi, dan juga penguasaan materi. Ilmu ini dibutuhkan tidak hanya untuk pendidikan formal namun juga pelatihan di dunia kerja.

Psikologi Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia tentunya akan berinteraksi dengan lingkungannya. Hal ini akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter, pola pikir, mental, dan juga permasalahan seseorang. Kondisi inilah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan Psikologi terutama yang mengambil psikologi sosial.

Itulah penjelasan tentang kuliah jurusan Psikologi belajar apa saja, ya? Jurusan ini mempelajari ilmu yang luas terkait manusia. Jika kamu tertarik mempelajari hal ini, Psikologi bisa menjadi pilihan yang tepat saat masuk kuliah.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!