Masih Bingung Belajar UTBK 2023 Mulai dari Mana? Cek 7 Tips Ini, Yuk!

by | Apr 12, 2023 | Blog, Jalur Masuk PTN, Tips | 0 comments

Belajar UTBK-SNBT 2023 – Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 sudah semakin dekat, persiapan kamu sudah sampai mana nih? Meskipun semakin menipis, kamu masih punya waktu untuk belajar dan mempersiapkan diri sebelum menghadapi rangkaian tes di UTBK di bulan Mei mendatang. 

Jika baru akan memulai belajar untuk persiapan UTBK-SNBT 2023, kamu butuh strategi khusus agar bisa memahami seluruh subtes yang ada dengan waktu yang semakin menipis ini. Buat kamu yang masih bingung mulai belajar dari mana, simak 7 tips ini dulu, yuk!

Tips mulai belajar UTBK-SNBT 2023

1. Cek materi tes dan ketentuan UTBK-SNBT 2023

Tidak hanya berganti nama, materi tes untuk UTBK-SNBT 2023 juga cukup berbeda dengan UTBK-SBMPTN tahun sebelumnya. Perbedaan utamanya ada pada beberapa materi tes yang dihapuskan untuk tahun 2023 yaitu Tes Kemampuan Akademik yang terdiri dari materi Soshum maupun Saintek. 

Pada UTBK-SNBT 2023, hanya akan ada Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi dengan 7 subtes untuk diikuti seluruh calon mahasiswa. Dengan begitu, pada tahun ini juga tidak ada batasan untuk memilih jurusan soshum dan saintek. Hanya saja, pemilihan jurusan juga perlu diperhatikan sesuai minat dan  kemampuan kamu.

Baca juga: Informasi Lengkap Materi UTBK-SNBT 2023

2. Evaluasi kesiapan dan kemampuan

Sebelum mulai belajar, kamu perlu tahu dulu kesiapan dan batas kemampuan kamu untuk berbagai materi tes UTBK-SNBT 2023, salah satunya dengan mengikuti tryout. Setelah mengikuti tryout, kamu juga akan lebih mendapatkan gambaran mengenai tes UTBK-SNBT dan tahu kekurangan yang perlu kamu tingkatkan lagi. 

3. Catat daftar materi yang belum dikuasai

Dari gambaran soal dan hasil  tryout, kamu juga bisa mencatat materi atau subtes UTBK-SNBT yang belum kamu kuasai. Perhatikan tipe soal yang menurutmu sulit untuk diselesaikan lalu prioritaskan untuk belajar materi tersebut terlebih dahulu. Cara ini bisa kamu lakukan agar progress belajarmu lebih efektif dan bisa mencapai target di waktu yang tepat. 

4. Buat jadwal belajar rutin

Tips selanjutnya, kamu bisa membuat jadwal belajar agar kamu bisa disiplin belajar secara rutin menjelang hari H UTBK nantinya. Dengan adanya jadwal belajar, kamu akan dituntut untuk mengatur dan menyempatkan waktu untuk belajar di sela-sela kegiatan lainnya. Selain itu, kamu juga tentunya bisa memantau progress dari materi yang sudah kamu pelajari dan kuasai. 

5. Cari teman untuk belajar bersama

Belajar sendiri setiap hari lama-kelamaan bisa membuatmu bosan atau burnout. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencari teman yang juga berjuang untuk UTBK-SNBT 2023 untuk diajak belajar bersama. Kalian bisa mendiskusikan soal-soal bersama atau saling berbagi tips untuk belajar UTBK. 

Dengan adanya teman belajar, kamu bisa mendapatkan motivasi dan semangat kembali jika sedang bosan atau jenuh saat belajar dan saling menyemangati satu sama lain. Selain itu, kalian juga bisa saling mengingatkan untuk stay on track selama belajar agar bisa lulus UTBK-SNBT dan masuk jurusan atau PTN impian masing-masing. 

6. Pastikan belajar dengan nyaman dan kondusif 

Kondisi dan suasana belajar juga perlu kamu perhatikan agar bisa fokus belajar dengan nyaman dan juga kondusif. Kamu bisa mulai dengan menyiapkan tempat belajar yang rapi atau menyiapkan lagu favorit untuk kamu yang senang belajar sambil mendengarkan musik. 

Pastikan juga untuk menjauhi sumber-sumber distraksi yang bisa mengganggu fokus kamu seperti smartphone atau perut yang lapar. Kamu juga bisa loh menyiapkan camilan dan minuman untuk menemani belajar kamu. Belajar dengan perut kenyang tentunya akan lebih menyenangkan, bukan? Happy tummy, happy me! 

Baca juga: 7 PTN Ini Buka Jalur Prestasi selain SNBP, Pilihan untuk Tahun 2023

7. Evaluasi dan review materi rutin

Last but not least, evaluasi kembali kemampuan kamu secara rutin untuk memantau progress belajar kamu selama ini. Setelah itu, review kembali materi dan pastikan tidak ada materi tes yang terlewat untuk kamu pelajari. 

Menjelang tes, kamu juga bisa terus perbanyak latihan soal dan ikut tryout untuk mereview kembali materi yang sudah dipelajari dan mengevaluasi kemampuanmu. Dengan ini, kamu akan semakin terbiasa menghadapi soal-soal UTBK sekaligus belajar untuk mengalokasikan waktu dengan efisien selama mengerjakan soal nantinya. 

Dengan waktu yang tidak banyak ini, kamu bisa terus memaksimalkan diri dalam belajar agar bisa meraih jurusan dan PTN impianmu. Semoga tips di atas dapat membantu kamu dalam belajar, ya! Tetap semangat dan jangan lupa untuk beristirahat dengan baik. 


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga Yang Lainnya…

Raih Impian Masuk Kampus Pilihanmu Bersama Indonesia College. Tersedia Bimbingan Khusus PTN dan Sekolah Kedinasan