Mata Kuliah Mahasiswa Farmasi yang Perlu Diketahui

oleh | Jun 13, 2022 | Blog, Mata Kuliah | 0 Komentar

Mata Kuliah Farmasi – Apakah kamu tertarik kuliah di bidang kesehatan? Selain Kedokteran, jurusan Farmasi bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi. Di jurusan Farmasi kamu akan mempelajari tentang obat-obatan dan penyakit yang berkaitan dengan obat tersebut.

Jurusan ini melibatkan ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang diperlukan di dunia medis. Farmasi merupakan ilmu interdisipliner karena berhubungan dengan ilmu lain seperti Kimia, Biologi, dan Manajemen. Sebagai mahasiswa Farmasi, kamu perlu juga mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari bagaimana menentukan obat yang tepat untuk suatu penyakit dan bagaimana cara kerja dari obat tersebut. Selain itu, di Farmasi akan mempelajari cara dan teknologi pembuatan obat-obatan, cara menyimpan, menyediakan, dan menyalurkan obat.

Kuliah di Farmasi, tidak cukup hanya teori namun ada juga praktikum di laboratorium. Produk farmasi tidak hanya obat, melainkan juga produk makanan, minuman, kosmetik, dan perawatan kulit. Di jurusan ini kamu juga bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat yaitu mengembangkan dan menemukan obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Mata Kuliah Umum

Meskipun jurusan ini memiliki fokus pendidikan yang tidak sama, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengambil mata kuliah umum. Mata kuliah yang diajarkan bisa berbeda-beda antara satu kampus dengan kampus yang lainnya.

Mahasiswa Farmasi diharuskan mengambil mata kuliah umum ini. Berikut mata kuliah umum yang dipelajari oleh mahasiswa Farmasi, antara lain:

  • Pendidikan Pancasila
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Agama

Baca juga Kuliah di Jurusan Farmasi, Apa Saja Sebenarnya yang Dipelajari?

Mata Kuliah Farmasi

Selain mata kuliah umum, mahasiswa Farmasi juga diharuskan untuk mengambil mata kuliah lain sesuai dengan jurusannya. Di jurusan ini, mahasiswa pastinya harus mengambil mata kuliah di lingkup Farmasi. Masing-masing jurusan Farmasi di setiap kampus akan menerapkan kurikulum program studi yang berbeda-beda.

Jurusan Farmasi banyak dibuka di kampus Indonesia. Tentunya, kurikulum di jurusan Farmasi tidak sama di setiap kampus. Berikut ini contoh distribusi mata kuliah Program Studi Farmasi Kurikulum 2019 Universitas Ahmad Dahlan.

Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa tiap semesternya dan diambil setelah mengambil mata kuliah pre-req (jika ada). Mata kuliah pre-req merupakan mata kuliah syarat yang wajib diambil sebelum mengambil mata kuliah tertentu pada semester selanjutnya.

Mata Kuliah Pilihan

Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang wajib diambil mahasiswa sesuai dengan minat.

Kurikulum mata kuliah di atas merupakan contoh dan setiap kampus memiliki kurikulum yang tidak sama. Semoga artikel Mata Kuliah Mahasiswa Farmasi yang Perlu Diketahui di atas membantu kamu dalam mengetahui mata kuliah yang ada di jurusan Farmasi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…