Mau Jadi Pebisnis Sukses? Ini 6 Jurusan Kuliah Untuk Jadi Pebisnis

oleh | Des 7, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Jurusan Kuliah Untuk Jadi Pebisnis – Berpikiran menjadi seorang pebisnis adalah pandangan yang sangat bagus, mengingat di Indonesia masih sangat kekurangan pebisnis yang bisa konsisten dan bisa sampai maju. Banyak yang lebih menargetkan menjadi karyawan karena menilai keuangannya lebih aman. Namun tidak bisa dipungkiri menjadi pebisnis memang harus siap menghadapi berbagai resiko.

Oleh karena itu butuh persiapan matang kalau berencana menjadi pebisnis. Nah, kamu bisa mulai mempelajari strategi-strateginya di bangku perkuliahan. Ada beberapa jurusan yang bisa kamu pilih untuk bisa menjadi bekal dalam membangun bisnis kamu nantinya.

Jurusan Kuliah untuk Jadi Pebisnis

Lulusan perguruan tinggi tidak hanya ditujukan untuk menjadi pekerja kantoran saja, lho! Ada banyak sekali peluang untuk membangun bisnis, bahkan bisa dimulai dari usia berapa saja. Namun memang membutuhkan bekal yang cukup, selain modal uang dan juga keberanian. Nah, beberapa jurusan kuliah ini bisa membantu kamu memantapkan diri untuk memulai bisnis.

1.    Kewirausahaan

Pertama adalah jurusan kewirausahaan yang ditujukan untuk orang-orang yang berminat dalam membuka usaha sendiri. Dalam jurusan ini, pikiran kamu akan semakin dibukakan untuk menciptakan gagasan-gagasan dalam peluang bisnis. Dalam setiap kesempatan, kamu bisa menemukan ide-ide bisnis baru dan bisa mengembangkannya.

Baca juga: Ingin Diajar Dian Sastro? Yuk, Kuliah di Jurusan Produksi Media UI

Selama perkuliahan, kamu akan belajar mengembangkan gagasan, menjelaskan dalam rencana dan model bisnis yang terperinci, melaksanakan gagasan, bisnis startup, mengelola bisnis dan resiko, pengembangan produk, sampai dengan strategi kepemimpinan dan sumber dayanya.

2.    Ilmu Komunikasi – Marketing Communication

Kedua, ada jurusan yang tidak kalah penting diperlukan untuk menjadi seorang pebisnis. Komunikasi masrketing sangat dibutuhkan untuk melakukan pemasaran, branding produk/jasa, teknik negoisasi sampai dengan cara berkomunikasi saat melakukan bisnis, baik dengan client maupun dengan konsumen. Branding juga sangat diperlukan, karena ketika branding tidak dilakukan secara maksimal, pemasaran produk juga jadi kurang.

3.    Bisnis Digital

Jurusan ini adalah jurusan bisnis yang memadukan inovasi perkembangan zaman, dan memfokuskan pada digitalnya. Yang akan dipelajari juga beragam, mulai dari bisnis itu sendiri, sampai dengan hal-hal berbau digital. Contohnya: manajemen dan bisnis organisasi digital, ilmu komputer dan pemrograman, analisis statistik, digital marketing, manajemen lintas budaya dan media sosial. AI dan machine learning, dan banyak lagi lainnya.

4.    Bisnis Kuliner

Jurusan ini tidak mempelajari seputar masak-memasak saja layaknya jurusan Tata Boga. Yang akan dipelajari dalam bisnis ini adalah manajemen bisnisnya, bagaimana kamu bisa melihat peluang yang bisa dikembangkan nantinya, dan juga pengembangan bisnis agar bisa dikenal dan disukai banyak orang. Yang akan diperhatikan bukan saja dari kualitas makanan dan rasa, kualitas pelayanan juga sangat dijunjung tinggi.

5.    Manajemen Pemasaran

Selanjutnya ada jurusan manajemen pemasaran atau marketing management. Jurusan ini sangat dibutuhkan dalam setiap usaha. Perannya bertanggung jawab dalam merancang strategi pemasaran baik produk ataupun jasa dalam suatu perusahaan. Nah, kamu yang mau menjadi pengusaha atau pebisnis juga bisa mempelajari hal ini supaya bisnis yang kamu kembangkan nantinya bisa lebih maksimal.

6.    Manajemen Keuangan

Tidak maksimal rasanya kalau menjalankan bisnis tapi tidak bisa mengatur keuangan. Dengan mempelajari jurusan ini, kamu akan memahami prinsip-prinsip akuntansi, instrumen keuangan, perencanaan modal, akuisisi dana, manajemen aset dan utang, anggaran, analisa keuangan, dan manajemen investasi dan portofolio.

Setelah menguasai kemampuan manajemen keuangan, bisnis kamu pasti bisa berjalan dengan lebih tertata dan yang kamu butuhkan adalah konsisten serta manajemen pemasaran yang baik.

Dari keenam jurusan kuliah untuk jadi pebisnis di atas, kira-kira mana yang paling mantap memenuhi bekal kamu untuk memulai bisnis?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.