Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Mau Kuliah Kedokteran di Jogja? Yuk, Cek Daftar Perguruan Tingginya!

oleh | Jan 22, 2022 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Kedokteran di Jogja – Menjadi dokter merupakan impian banyak orang. Profesi ini diminati oleh banyak orang karena memiliki banyak keuntungan seperti penghasilan besar dan kesempatan membantu orang lain. Tentunya, untuk bisa menjadi dokter, seseorang haruslah mengikuti pendidikan khusus terlebih dahulu.

Pendidikan yang bisa diambil untuk menjadi dokter yaitu mengikuti perkuliahan di jurusan Kedokteran. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar berbagai ilmu di dunia kedokteran sekaligus melakukan praktik. Tak heran jika jurusan ini menjadi salah satu yang favorit di perguruan tinggi.

Jurusan Kedokteran bisa ditemukan di banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu daerah yang bisa dipilih jika ingin mendapat pendidikan di bidang kedokteran yaitu Jogja. Terdapat beberapa perguruan tinggi di daerah ini yang membuka jurusan Kedokteran.

Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM)

kedokteran di jogja

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini membuka banyak jurusan dan Kedokteran merupakan salah satu yang paling diminati. Setiap tahunnya, pendaftar jurusan ini di UGM cukup tinggi baik untuk program reguler maupun international undergraduate program (IUP).

Jurusan Kedokteran di UGM berada di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK). Pendidikan kedokteran di kampus ini terbilang cukup lengkap karena terdapat berbagai jenjang pendidikan yang tersedia. UGM membuka pendidikan di tingkat sarjana, dokter spesialis, magister, bahkan doktor.

Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII)

Pilihan perguruan tinggi untuk mendapat pendidikan di bidang kedokteran di Jogja yang berikutnya yaitu Universitas Islam Indonesia (UII). Kampus yang berstatus swasta ini merupakan salah satu yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran terbaik di Indonesia karena telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Program Pendidikan Dokter di UII telah berdiri sejak tahun 2001 sehingga telah menghasilkan banyak lulusan yang berkecimpung di dunia kedokteran. Pendidikan kedokteran di kampus ini pun telah dirancang dengan sistem yang baik yaitu PBL atau problem solve learning sehingga mahasiswa bisa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik.

Baca juga 8 Prospek Kerja yang Bisa Dipilih Lulusan Kedokteran Gigi.

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

kedokteran di jogja

Program Kedokteran di Universitas Muhammadiyah juga merupakan pilihan lain yang bisa diambil. Kampus ini bisa menjadi pilihan tepat untuk belajar ilmu kedokteran karena telah terbukti memiliki kualitas terbaik. Pendidikan dokter di kampus ini berhasil meraih akreditasi A dari BAN-PT untuk tahapan Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter.

Sebagai perguruan tinggi keislaman, mahasiswa di jurusan Kedokteran UMY tidak hanya akan belajar tentang ilmu kedokteran. Kampus ini memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran dengan berlandaskan nilai-nilai Islam.

Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Perguruan tinggi lainnya di Jogja yang membuka jurusan Kedokteran yaitu Universitas Kristen Duta Wacana. Program studi ini dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi dokter melalui pendidikan selama 8 semester. Program ini bisa menjadi alternatif karena telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT.

Pendidikan di Kedokteran UKDW dilakukan menggunakan sistem tertentu. Basis pembelajaran yang digunakan yaitu problem solving. Selain itu, UKDW juga melakukan pendekatan student center learning sehingga bisa menghasilkan lulusan dokter yang terbaik.

Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

kedokteran di jogja

Universitas Ahmad Dahlan juga bisa dipilih jika ingin mendapatkan pendidikan di bidang kedokteran. Pendidikan kedokterna di kampus ini berada dalam naungan Fakultas Kedokteran. Terdapat dua program studi yang dibuka yaitu Kedokteran dengan akreditasi B dan Pendidikan Profesi Dokter dengan akreditasi C.

Program Kedokteran di UAD memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli di bidang kesehatan dan kebencanaan. Sebagai kampus keagamaan Islam, UAD juga menggunakan nilai-nilai Islam dalam pembelajarannya.

Mau kuliah kedokteran di Jogja? Yuk, cek daftar perguruan tingginya! Ada 5 kampus di Yogyakarta yang membuka jurusan Kedokteran. Kamu bisa memilih kampus-kampus tersebut jika tertarik mendalami ilmu kedokteran.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kedokteran UKDW: Informasi Seleksi, Biaya dan Syarat Pendaftaran | LKBB Indonesia college - […] Baca juga: Mau Kuliah Kedokteran di Jogja? Yuk, Cek Daftar Perguruan Tingginya! […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!