Memahami Kegunaan Berbagai Menu Laman SSCASN

oleh | Jul 3, 2021 | Blog, CPNS | 0 Komentar

Menu Laman SSCASN – Portal SSCASN merupakan laman utama untuk pendaftaran dan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Baik pelamar untuk posisi CPNS, PPPK Guru, maupun PPPK Non Guru, semuanya harus melakukan pendaftaran melalui satu pintu yaitu laman SSCASN.

Saat masuk ke alamat resmi, pendaftar akan disuguhi berbagai menu laman SSCASN. Ada berbagai jenis menu yang bisa digunakan oleh pelamar untuk mempermudah pendaftaran seleksi CASN. Selain itu, laman ini juga digunakan untuk memantau proses seleksi di kemudian hari. Berbagai pengumuman terkait seleksi CASN akan diberitahukan melalui portal ini.

Sebenarnya, apa saja menu-menu yang terdapat di laman SSCASN? Apa saja fungsinya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Laman Awal atau Beranda

Begitu masuk ke laman SSCASN, kamu akan langsung berada di halaman awal atau beranda. Pada bagian atas, akan tersedia dua tombol utama yaitu untuk membuat akun SSCASN dan mengecek formasi instansi yang membuka pendaftaran. Lalu di bagian atas akan terlihat menu-menu lainnya.

Ketika kamu menggulirkan laman, kamu akan menemukan beragam informasi singkat terkait seleksi CASN. Ada beberapa poin yang di bagian ini yaitu Pengumuman Lowongan, Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Ujian Seleksi Kompetensi Dasar, Ujian Seleksi Kompetensi Bidang, dan Pengumuman Kelulusan.

Di bagian paling bawah, tersedia alamat kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) beserta sosial media yang dimiliki oleh lembaga tersebut. Kamu bisa klik ikon yang tersedia jika ingin melihat akun sosial media resmi milik BKN.

Alur

Menu Laman SSCASN

Sesuai dengan namanya, menu ‘Alur’ berisi tentang informasi terkait alur seleksi CASN. Informasinya sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu untuk PPPK Guru, CPNS, dan PPPK Non Guru. Kamu bisa klik ikon yang tersedia untuk melihat informasi terkait alur masing-masing poisisi.

Setelah klik ikon posisi yang ingin diketahui, akan muncul 2 tombol download yaitu untuk buku petunjuk seleksi dan alur seleksi. Buku petunjuk seleksi bisa kamu unduh untuk mengetahui tata cara pendaftaran dan seleksi yang lebih lengkap. Sedangkan unduhan alur seleksi yaitu berupa gambar ringkasan alur untuk posisi yang dipilih.

Jika kamu tidak ingin mengunduh file secara terpisah untuk mengetahui alur seleksi, bisa scroll layar di menu tersebut. Kamu akan menemukan ringkasan alur seleksi CASN yang sudah dibagi menjadi beberapa poin. Hal ini akan memberikan gambaran umum tentang tata cara pelaksanaan seleksi CASN.

Pendaftaran

Menu di laman SSCASN berikutnya yaitu Pendaftaran. Sesuai dengan namanya, laman ini digunakan untuk melakukan pendaftaran seleksi. Ketika klik laman ini, kamu akan dibawa untuk login ke akun SSCASN. Namun, jika kamu belum memiliki akun, bisa klik ‘Buat Akun’ yang berada di pojok kanan atas.

Setelah klik tombol tersebut, kamu akan melihat laman awal untuk melakukan pendaftaran akun SSCASN. Kamu bisa langsung mengisi kolom yang tersedia jika memang ingin langsung melakukan pendaftaran. Namun, apabila kamu belum siap untuk mendaftar, bisa kembali ke laman awal dengan klik ‘Portal’ di bagian kanan atas.

Baca juga Perhatikan! Tata Cara Pembuatan Akun SSCASN untuk Daftar CPNS.

FAQ

Menu Laman SSCASN

Laman FAQ atau Frequently Asked Questions, berisi pertanyaan-pertanyaan beserta jawaban yang sering ditanyakan oleh pendaftar. Sama seperti di menu ‘Alur’, FAQ dibagi menjadi 3 bagian sesuai dengan posisi yang tersedia yaitu PPPK Guru, CPNS, dan PPPK Non Guru.

Pertanyaan-pertanyaan beserta jawaban untuk masing-masing posisi juga telah dikelompokkan. Ada beberapa topik pertanyaan yang tersedia yaitu terkait Pendaftaran Akun, Syarat Daftar, Perbaikan Data, Pencetakan Kartu, Dokumen, Login, Masa Sanggah, dan Contoh Kasus.

Kamu bisa klik salah satu topik tersebut lalu akan muncul berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan. Klik pertanyaan yang ingin kamu ketahui, lalu jawabannya akan muncul. Jika ada hal yang membuatmu bingung atau terkendala sesuatu saat seleksi, kamu bisa cek dulu di laman ini untuk mencari jawaban.

Helpdesk

Berikutnya di menu laman SSCASN yaitu Helpdesk. Menu ini digunakan ketika pendaftar mengalami permasalahan terkait pendaftaran atau seleksi. Penjelasan atau petunjuk lebih lanjut tentang Helpdesk SSCASN bisa kamu temukan di buku panduan. Ada tautan untuk mengunduh buku tersebut di bagian atas laman Helpdesk.

Di laman ini, kamu bisa melaporkan atau meminta bantuan kepada petugas Helpdesk BKN. Beberapa permasalahan yang dimaksud yaitu seperti Data Diri, Password, Data Tidak Ditemukan, Pengecekan Data PPPK, Pengaduan, dan Status Pengaduan. Kamu bisa klik tautan yang sesuai untuk masing-masing permasalahan tersebut.

Layanan Informasi

Menu Laman SSCASN

Pada menu ‘Layanan Informasi’, ada beberapa sub menu yang bisa kamu temukan. Kamu dapat klik salah satu sub menu tersebut untuk mendapat informasi yang diinginkan yaitu terkait Info Lowongan, Kontak Instansi, Periode Pendaftaran, Jadwal Ujian, dan Hasil SKD.

Sebagai contoh, kamu bisa klik menu ‘Layanan Informasi’ lalu klik ‘Periode Pendaftaran’. Laman kemudian akan menampilkan informasi tentang formasi yang dibuka serta periode seleksinya. Kamu bisa melihat tanggal mulai dan selesai untuk setiap formasi. Selain itu, terdapat pula tombol ‘Pengumuman’ yang bisa kamu klik jika ingin mengetahui informasi resmi dari instansi penyedia lowongan.

Memahami kegunaan berbagai menu laman SSCASN akan membantumu untuk bisa melakukan pendaftaran dan proses seleksi secara lebih mudah. Kamu bisa mengetahui cara mendapatkan pengumuman resmi serta hal yang perlu dilakukan ketika terkena masalah terkait seleksi CASN.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...