Mengenal Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Riau

oleh | Mar 21, 2020 | Blog | 0 Komentar

Sejarah Fakultas Kedokteran Unviersitas Riau – Pada awal nya fakultas kedokteran Universitas Riau (FK Unri) bernama Program Pendidikan Dokter Universitas Riau (PPD Unri) yang memulai kegiatan proses belajar mengajar sejak diterbitkannya Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Unri No.3082/D/T/2001. Tanggal 25 September 2001 oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. Dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka pada tahun akademik (TA) 2001/2002, PPD Unri menerima 62 orang mahasiswa yang diseleksi melalui UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negri) Khusus dan PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah) untuk seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Kuliah perdana PPD Unri dilaksanakan di Aula Gubernuran Provinsi Riau pada tanggal 3 September 2001 yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau H.Saleh Djasit, SH, sedangkan kuliah umum diberikan oleh Prof.dr.H.Khamardi Thalut, SpB, yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang dan juga merupakan ketua Tim Asistensi PPD Unri.Awalnya kegiatan perkuliahan dan praktikum serta kegiatan administratif dilaksanakan di kampus Bina Widya Unri, Simpang Baru dan di Kompleks RSUD Provinsi Riau. Namun Semenjak TA 2003/2004 seluruh kegiatan sudah dilaksanakan di kampus baru PPD Unri Jalan Diponegoro No.1 Pekanbaru yang dibangun oleh Pemprov Riau. Kampus baru ini diresmikan oleh Gubernur Riau H.Saleh Djasit, SH pada tanggal 8 Agustus 2003 dan mulai digunakan secara resmi pada tanggal 23 September 2003.

Yuk Mengenal Visi Misi Dan Tujuan Kedokteran Universitas Riau

Visi dari Fakultas Kedoktean Universitas Riau – Visi FK UR adalah Menjadi fakultas kedokteran berbasis riset dengan unggulan kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan di kawasan ASEAN pada tahun 2035.

Misi Fakultas Kedokteran Universitas Riau

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan dokter yang kompeten dan bermartabat.
  2. menyelenggarakan penelitian bermutu untuk menyelesaikan masalah kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai konstribusi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kepemimpinan dan tata kelola Fakultas yang baik dan akuntabel.

Tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Riau

  1. Menghasilkan dokter yang berkompeten dan bermartabat.
  2. menghasilkan, menyebar luaskan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
  3. meninggkatkan status kesehatan masyarakat melalui pengolaan sumber daya dengan menjunjung nilai-nilai kearifan lokal.
  4. Menjadi fakultas kedokteran yang dikelola secara transparan, partisipatif, dan akuntabel guna menjunjung efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya

Tahap Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Pendidikan Dokter di FK UR terdiri dari 3 tahap, yaitu Tahap I Ketrampilan Generik, Tahap II Ilmu – ilmu Kedokteran Dasar dan Ilmu – ilmu Kedokteran Klinik dan Tahap III Praktik Klinik. Tahap I dan II dilaksanakan selama 7 semester, setelah menyelesaikan Tahap II mahasiswa berhak mendapat gelar sarjana kedokteran. Tahap III dilaksanakan selama 3 semester, setelah menyelesaikan tahap III mahasiswa berhak mendapatkan gelar dokter. Selanjutnya lulusan dokter akan mengikuti tahap internshipatau magang/latihan kerja sebagai dokter baru selama 2 semester untuk mendapatkan sertifikat melakukan praktik mandiri. Internshipdikelola oleh Kolegium Dokter Indonesi a (KDI).

Mengenal Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi UNRIAU

Berdasarkan MoU dengan Nomor : 166/PKS/UI/2013 Nomor : 520/UNI19.1.28/KP/2013, Nomor: 149s/Diklit/Lat/RSUD/VII/2013, yang membahas mengenai proses pengampunan program pendidikan dokter spesialis I Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Umm Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau – pekanbaru. Diamana pada sejak terhitung mulai tanggal 1 januari 2013 sudah melakukan proses progra pendidikan dokter spesialis ( PPDS) Obstetri Ginekolgi tepatnya pada bagian Obstetri Ginekologi FKUR-RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau – Pekanbaru. Dengan begitu Universitas Riau membuka proses pendaftaran baru dengan persyaratan berikut ini :

  • Mempunyai ijazah dokter umum
    • Berjenis kelamin pria/wanita
    • Mempunyai kondisi kesehtan jasmani
    • Umu berada di bawah angka 35 tahun
    • Harus mengisi formulir pendaftaran
    • Fotocopy ijazah dokter
    • Fotocopy nilai
    • Fotocopu STR
    • Pas Foto 3×4 terbaru (warna)

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…