Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Berbagai Program Internasional di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memiliki berbagai program internasional yang bisa kamu jadikan pilihan. Universitas ini juga memiliki banyak mitra perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun mancanegara. Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu programnya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Informasi PMB Universitas Ciputra Surabaya Tahun 2023/2024

Universitas Ciputra Surabaya membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur pendaftaran yang dibuka terdiri dari Jalur Reguler, Jalur Sekolah Kerjasama, dan Jalur Undangan Prestasi. Bagi kamu yang ingin mendaftar, simak infonya di sini!

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Berbagai Beasiswa di Universitas Budi Luhur Tahun 2022

Universitas Budi Luhur menyediakan beberapa beasiswa dan hanya berlaku di Kelas Reguler S1/D3. Beasiswa di Universitas Budi Luhur berikut ini merupakan beasiswa di tahun 2022, yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Menjanjikan, Ini Dia 8 Prospek Kerja untuk Lulusan Agroteknologi

oleh | Jan 26, 2022 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Agroteknologi – Pertanian merupakan bidang yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Pertanian memiliki andil besar dalam memenuhi kebutuhan pokok manusia berupa pangan. Melihat pentingnya hal ini, tak mengherankan jika lulusan bidang pertanian sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Jurusan yang berada di bidang pertanian cukup beragam. Salah satu jurusan penting yang ada di bidang ini yaitu Agroteknologi. Di jurusan ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang tumbuhan tetapi juga penggunaan teknologinya.

Lulusan jurusan Agroteknologi saat ini memiliki prospek kerja yang luas. Hal ini dikarenakan ahli teknologi pertanian sangatlah dibutuhkan oleh industri. Apa saja pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan Agroteknologi? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Jurusan Agroteknologi?

Agroteknologi adalah jurusan yang menggabungkan dua hal yaitu ilmu pertanian dan teknologi. Di jurusan ini, mahasiswa belajar tentang seluk beluk dunia pertanian baik itu pengelolaan tanah, produksi tanaman, pengelolaan hama, ekosistem, pembenihan, perkebunan, dan lain sebagainya.

Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang penggunaan teknologi untuk menunjang kegiatan pertanian. Penerapan teknologi untuk membudidayakan tanaman ini diperlukan supaya bisa menghasilakn produk yang berkualitas. Penggunaan teknologi akan membuat sistem pengolahan pertanian menjadi lebih efektif dan produktif.

Baca juga Apa Sebenarnya Prospek Kerja Bagi Lulusan Ilmu Gizi?

Prospek Kerja Agroteknologi

prospek kerja agroteknologi

Jurusan Agroteknologi termasuk sebagai bidang yang memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan kemampuan dan ilmunya di dunia kerja. Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan Agroteknologi.

Pengelola Perkebunan

Pekerjaan pertama yang bisa dipilih oleh lulusan Agroteknologi adalah menjadi pengelola perkebunan. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan terutama oleh perusahaan yang memiliki kebun luas seperti perusahaan buah, perusahaan kelapa sawit, dan lain sebagainya. Lulusan Agroteknologi dibutuhkan supaya aktivitas bisnis perusahaan berjalan dengan lancar.

Sektor Industri

Sektor industri juga bisa dipilih oleh lulusan Agroteknologi. Berbekal ilmu yang diperoleh selama berkuliah, lulusan Agroteknologi bisa masuk ke berbagai sektor industri seperti pangan dan pertanian. Peluang pekerjaan yang ada pun sangat luas karena ada banyak perusahaan di Indonesia yang bergerak di sektor ini

Bekerja di Pemerintahan

Pemerintah tentunya juga membutuhkan seorang ahli di bidang pertaninan dan teknologi. Kamu bisa memilih untuk bekerja di berbagai lembaga pemerintah baik itu sebagai ASN atau di BUMN. Kamu pun bisa memilih berbagai pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan seperti di bidang penelitian dan pengembangan.

Berwirausaha

Lulusan jurusan Agroteknologi juga memiliki prospek kerja besar untuk menjadi wirausaha. Ilmu yang didapatkan selama ada di dunia kuliah bisa diterapkan untuk membuat usaha terutama di bidang pertanian. Pekerjaan ini cocok dipilih jika kamu memang ingin menjalankan bisnis secara mandiri.

Surveyor

Menjadi surveyor juga bisa dijadikan sebagai pilihan kerja oleh lulusan jurusan Agroteknologi. Surveyor memiliki tugas untuk melakukan survei pada suatu lokasi, menganalisis, serta membuat laporan. Hasil survei kemudian akan digunakan untuk pengambilan keputusan. Surveyor sendiri dapat bekerja di banyak tempat seperti Badan Pertanahan Nasional.

Konsultan Pertanian

Sebagai lulusan Agroteknologi, tentunya alumni jurusan ini memiliki ilmu yang mumpuni di bidang pertanian. Ilmu tersebut bisa digunakan jika bekerja sebagai konsultan pertanian. Seorang konsultan akan memberikan wawasan dan konsultasi terkait agroteknologi baik itu kepada publik, organisasi, perusahaan, dan pihak lainnya.

Peneliti

Peneliti atau researcher juga bisa menjadi pilihan lulusan jurusan Agroteknologi. Lulusan jurusan ini bisa menjalani penelitian di bidang pertanian dan juga penggunaan teknologinya. Hasil penelitian bisa digunakan untuk banyak hal seperti pengambilan keputusan, pengembangan produk, dan lain sebagainya.

Dosen

Lulusan jurusan ini tentunya juga bisa berkarier sebagai akademisi atau dosen. Namun, sebelum bisa menjadi dosen, kamu perlu untuk melanjutkan perkuliahan di jenjang lebih tinggi yaitu S2 dan S3. Setelah lulus, barulah kamu bisa mendaftar menjadi dosen di perguruan tinggi.

Itulah artikel Menjanjikan, Ini Dia 8 Prospek Kerja untuk Lulusan Agroteknologi. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas karena ilmu dan kemampuannya sangat dibutuhkan. Semakin yakin untuk masuk jurusan Agroteknologi?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…