Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah? Coba Ikuti Tips Ini!

oleh | Agu 4, 2021 | Blog, Tips | 0 Komentar

Salah Pilih Jurusan Kuliah – Kebimbangan mahasiswa tidak hanya dirasakan ketika memilih jurusan. Tidak sedikit mahasiswa yang ketika sudah menjalankan kuliah, namun merasa ragu karena salah pilih jurusan. Hal ini bukan lagi fenomena yang baru, karena banyak mahasiswa yang merasakannya ketika sudah menjalani perkuliahan.

Mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan kuliah biasanya tidak akan lagi bersemangat untuk melanjutkan pendidikan. Banyak juga di antaranya yang kemudian keluar dari kampus atas keinginan sendiri atau bahkan drop out karena tidak menyelesaikan kuliahnya.

Apakah kamu saat ini merasa bahwa tidak cocok di jurusan pilihanmu? Coba ikuti berbagai tips di bawah ini, yuk!

Tanda-tanda Kamu Salah Pilih Jurusan Kuliah

Salah Pilih Jurusan Kuliah

Mahasiswa yang salah pilih jurusan kuliah biasanya akan merasakan beberapa hal. Berikut ini beberapa ciri-ciri mahasiswa yang salah jurusan.

Tidak Bisa Menjelaskan Alasan Pilih Jurusan

Ciri pertama dari mahasiswa yang salah jurusan yaitu tidak bisa memberikan penjelasan terkait alasannya memilih jurusan tersebut. Ketika ditanya tentang hal ini, kamu akan merasa kebingungan dan tidak ada alasan utama yang membuat kamu tertarik terhadap pilihanmu. Kamu juga tidak merasa excited ketika menjelaskan jurusan kuliah tersebut.

Bukan Pilihan dan Keinginan Sendiri

Salah satu alasan utama yang membuat mahasiswa banyak salah jurusan yaitu bahwa jurusan tersebut bukanlah hasil pilihannya sendiri. Ada banyak kasus di mana seseorang memilih jurusan tersebut karena paksaan orang tua. Akibatnya, ia tidak bisa memilih jurusan sesuai dengan minatnya.

Tidak Tahu dan Tidak Tertarik Terhadap Prospek Karir

Tanda lain yang terjadi jika kamu salah jurusan yaitu tidak tertarik terhadap prospek karir dari jurusan kuliahmu. Kamu tidak berusaha mencari tahu dan tidak memiliki ketertarikan ke bidang tersebut setelah lulus kuliah. Kamu merasa pekerjaan di bidang tersebut tidak sesuai dengan dirimu sehingga tidak ada keinginan untuk membangun karir.

Sulit Mengikuti Perkuliahan

Bagi kamu yang merasa salah pilih jurusan, salah satu kendala yang sering dihadapi yaitu tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Kamu kurang bisa memahami materi yang diberikan oleh dosen. Selain itu, kamu juga tidak merasa bersemangat ketika mengerjakan tugas kuliah. Akibatnya, nilai yang didapat pun tidak maksimal dan kamu tetap merasa biasa saja.

Baca juga Yuk, Cari Tahu Daftar Jurusan Kuliah UNS dan Akreditasinya!

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Sudah Terlanjur Masuk?

Apakah ciri-ciri yang disebutkan di atas terjadi pada dirimu? Jika iya, mungkin memang benar kamu salah pilih jurusan kuliah. Lalu, apa yang perlu dilakukan? Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mahasiswa salah jurusan.

Tanyakan Lagi, Betul Salah Jurusan atau Bosan

Sebelum meyakinkan diri bahwa kamu salah jurusan, kamu perlu melakukan refleksi diri terlebih dahulu. Tanyakan lagi kepada dirimu, apakah kondisi saat ini terjadi karena kamu benar salah jurusan atau sedang jenuh saja? Jika kamu hanya merasa bosan, coba istirahat sejenak untuk bisa mengumpulkan energi guna melanjutkan perkuliahan.

Ikuti Organisasi atau UKM

Apabila kamu merasa salah jurusan namun tidak ingin pindah, kamu bisa coba untuk lebih menyibukkan diri dengan hal lain. Kamu dapat bergabung dengan organisasi kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kamu bisa mengikuti organisasi yang memang sesuai dengan minat.

Jika Sudah Mantap, Bisa Pindah Jurusan

Pilihan yang juga bisa kamu ambil yaitu memutuskan untuk pindah jurusan. Kamu bisa memilih jurusan yang memang lebih sesuai dengan keinginanmu. Namun, kamu perlu perhatikan bahwa biasanya ada persyaratan khusus ketika ingin pindah jurusan kuliah. Pastikan kamu memenuhinya dan mengikuti aturan yang berlaku.

Mengulang Kuliah Sesuai Minat

Belajar itu tidak terbatas dengan usia. Jika kamu memiliki kesempatan dan ingin mengikuti passion, kamu bisa mengulang kuliah yang lebih sesuai dengan minat. Kamu bisa kuliah S1 lagi di kampus lain atau double degree. Selain itu, kamu juga dapat memilih jurusan kuliah S2 yang lebih sesuai minat. Kamu cukup ambil kelas penyetaraan, lalu bisa melanjutkan kuliah di jurusan S2 tersebut.

Apakah kamu merasa salah pilih jurusan kuliah? Coba ikuti tips ini! Berkuliah di jurusan yang lebih sesuai dengan minat akan lebih mudah dan menyenangkan. Jika kamu merasa tidak cocok di jurusan saat ini, bisa mengikuti tips-tips di atas.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!