Peluang Kerja Dari Lulusan Kedinasan STSN

oleh | Jun 13, 2020 | Blog | 0 Komentar

KEDINASAN STSN – STSN ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara. Berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan ini adalah untuk menjadikan para mahasiswanya pahlawan dunia siber yang menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan segala macam bentuk ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara Indonesia. Bisa melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Kedinasan STSN tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Program studi yang di tawarkan oleh Sekolah Kedinasan STSN ada 5 yaitu :

1.D-IV Rekayasa Kriptografi Kedinasan STSN

Program studi ini memiliki tujuan untuk mencetak para mahasiswa yang memiliki kompetensi di dibidang teknologi rekayasa kriptografi yang handal.

2. D-IV Perangkat Keras Kriptografi Kedinasan STSN

Para mahasiswa dan alumni dari jurusan ini diharapkan untuk bisa menjadi aparatur keamanan siber dan sandi yang berintregitas tinggi.

3. D-IV Rekayasa Keamanan Siber Kedinasan STSN

Para mahasiswanya akan dituntut untuk menjadi alumni yang dapat menjadi seorang keamanan di bidang siber yang tangguh.

4. Manajemen Persandian Kedinasan STSN

Di jurusan ini para mahasiswanya akan dituntut untuk mampu melakukan penelitian di bidang persandian untuk mengamankan keamanan negara di budang siver tentunya.

5. Teknik Persandian Kedinasan STSN

Menjadi program studi yang mendidik para mahasiswanya untuk terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang siber.

Baca juga : Persyaratan Mahasiswa Baru STSN

Mengenal Sejarah Singkat Dari Kedinasan STSN

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) – Di Indonesia sekolah persandian di mulai pada tahun 1946 bersamaan dengan berdirinya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan atau pada saat itu dikenal dengan nama Bagian Code Kementerian Pertahanan Bagian B (Intelijen). Di tahun 1947 baru dibentuk sekolah pendidikan sandi dengan sistem magang. Dan setelah organisasi persandian ditingkatkan statusnya di tahun 1950 menjadi suatu Badan atau Lembaga yang dikenal dengan Djawatan Sandi, maka sistem pendidikan persandian disempurnakan menjadi lebih terstruktur dan sistematis.

Dalam perjalanan terbentuknya Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah pada akhir tahun 1969 dengan dibukanya pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru yang menggabungkan kurikulum Pendidikan Ahli Sandi Brevet A dan Pendidikan Sandiman. Pendidikan ini dinyatakan secara de facto sebagai Akademi sandi negara dan para lulusannya dinyatakan sebagai lulusan Akademi Sandi Negara Angkatan I. Hal ini dapat dibuktikan dengan berdasarkan surat keputusan Ketua Lembaga Sandi Negara nomor 078.II.4.74 tanggal 16 Febuari 1974 tentang Akademi Sandi Negara. Dan pada tahun 1975 dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pengesahan Akademi Sandi Negara dikuatkan berdaarkan surat no. 0135/U/1975.

lalu berdasarkan Surat Mendiknas No 19/MPN/02 tanggal 17 Januari 2002, MPN atau Menteri Pendidikan Nasional menilai bahwa D-III Akademi Sandi Negara untuk ditingkatkan menjadi D-IV Sekolah Tinggi Sandi Negara. Setelah melalui proses yang cukup lama dan pada akhirnya di 17 April 2003 di tetapkan pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara melalui keputusan presiden RI no. 22 tahun 2003.

Peluang Kerja Lulusan Dari Kedinasan STSN

Setelah lulus dari Sekolah Kedinasan STSN kalian tidak perlu repot-repot memikirkan peluang kerja yang sesuai dengan jurusan kalian. Sekolah Kedinasan STSN tentunya telah bekerjasama dengan banyak perusahaan mitra atau lembaga yang siap mempekerjakan para alumni STSN. Dengan keahlian di bidang persandian yang dimiliki oleh para alumninya, hal ini dapat memikat mitra terkait dengan mudah. Para mitra tentunya tidak akan meragukan kualitas para alumni dari Sekolah Kedinasan STSN.

Perlu diketahui bahwa Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) terdiri dari dua golongan, yaitu mahasiswa ikatan dinas dan mahasiswa tugas belajar. Untuk mahasiswa ikatan dinas direkrut dari lulusan SMA atau Aliyah dengan persyaratan tertentu. ketika memasuki tahap tingkat II, para mahasiswa ikatan dinas akan diangkat menjadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pada dasarnya sekolah kedinasan STSN sebagai perguruan tinggi kedinasan akan selalu menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja untuk mengisi jabatan-jabatan negeri dalam bidang persandian. Lulusan STSN juga dapat bekerja di Lembaga Sandi negara RI atau Unit Teknis Persandian yang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan TNI ataupun POLRI. Ilmu persandian merupakan sebuah multi disiplin ilmu.  Oleh karena itu pengembangan kemampuan lulusan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) dilakukan melalui pendidikan jenjang lebih tinggi pada disiplin ilmu pendukungnya, sebagai contoh adalah : matematika, komputer, elektronika, dan telekomunikasi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Berbagai Jalur Seleksi S1 UNDIP

Mengenal Berbagai Jalur Seleksi S1 UNDIP

Universitas Diponegoro merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Kampus yang sering disebut dengan UNDIP ini merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Melihat hal ini, setiap tahunnya, UNDIP selalu diserbu banyak...

Tips Lolos Berbagai Tahapan Seleksi IUP UGM

Tips Lolos Berbagai Tahapan Seleksi IUP UGM

Sebelum mengikuti seleksi IUP UGM, ada baiknya untuk mengetahui beragam tes yang akan dihadapi. Berikut tahapan-tahapan seleksi mahasiswa baru international program UGM beserta tips-tips menghadapinya. GMST Tahapan seleksi pertama yang perlu dihadapi ketika mendaftar...

Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

Universitas Indonesia atau UI menawarkan berbagai program studi di Kelas Khusus Internasional (KKI). Terdapat 15 program yang dapat dipilih dan 7 diantaranya merupakan bagian dari Fakultas Teknik UI. Program kelas internasional di FT UI dibuat guna memberi kesempatan...

8 Tips Hadapi UTBK 2021

8 Tips Hadapi UTBK 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan tes yang penting dilakukan bagi siapa pun yang ingin masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari ujian yang diprakarsai oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini digunakan sebagai bentuk seleksi ketika...

Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTN

Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTN

Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), besaran biaya kuliah bagi setiap mahasiswa ditentukan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Melalui sistem ini, biaya yang perlu dibayar tiap semester terbagi dalam beberapa kelompok. Penentuan kelompok ini sendiri...