Cari Perguruan Tinggi yang Lulus Langsung Kerja? Ikuti Pendaftaran STSN

oleh | Okt 25, 2019 | Blog | 0 Komentar

Saat lulus dari SMA ada beberapa orang yang memilih untuk bekerja dan ada pula yang memilih untuk melanjutkan kuliah. Biasanya, para lulusan SMA ini akan memilih kuliah yang sesuai dengan minatnya sendiri.

Nah, untuk Anda yang masih bingung mau kuliah jurusan apa dan dimana, mungkin pendaftaran STSN ini bisa dijadikan salah satu pilihan. STSN sendiri merupakan sebuah sekolah kedinasan yang mana saat Anda lulus dari sekolah ini Anda akan langsung menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil sekaligus langsung mendapatkan pekerjaan.

Wah, bukankah hal ini sangat menarik? Kapan lagi lulus kuliah langsung kerja tanpa harus using memasukkan lamaran kerja kesana-sini. Karena masuk STSN ini sangat menggiurkan, oleh sebab itu masuk ke perguruan tinggi ini tentunya tidak mudah.

Anda akan dihadapkan dengan puluhan ribu pelamar dari seluruh negeri untuk memperebutkan kursi di STSN. Meskipun demikian, yang namanya mau hidup enak tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jadi meskipun ada banyak saingan saat mendaftar di sini, ternyata hal ini tidak menyurutkan semangat para calon pendaftar lho. 

Apa Itu STSN?

STSN adalah sebuah singkatan dari Sekolah Tinggi Sandi Negara yang merupakan salah satu sekolah dinas atau disebut dengan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas. Oleh sebab itu, setiap siswa yang diterima di sekolah ini wajib menandatangani ikatan dinas dimana ia harus mematuhi segala peraturan yang diterapkan di sana.

Untuk memasuki sekolah ini tentunya tidak mudah, karena Anda harus bersaing secara sehat dan memperoleh keberuntungan agar bisa masuk. Adapun untuk Anda yang sudah penasaran dan ingin mencoba pendaftaran, berikut ini adalah syarat masuk STSN yang harus dipenuhi.

Sejarah Berdirinya STSN

Awal mula pendidikan STSN ini dimulai sejak tahun 1946 dimana pada awalnya masih sangat sederhana. Hingga di tahun 1947, Pendidikan Sandi ini menggunakan sistem magang atau para personil dididik untuk melakukan praktik kerja yang mana berkembang dan berubah menjadi sistem klasikal dengan melaksanakan pelatihan selama beberapa bulan.

Namun, setelah organisasi ini ditingkatkan statusnya pada tahun 1950 menjadi Djawatan Organisasi ini semakin disempurnakan dengan lebih terstruktur. Pendidikan yang dilakukan juga sudah menggunakan kurikulum dan juga menggunakan kaidah pendidikan yang umum.

Adapun pada saat itu, jenjang pendidikan yang tersedia hanya ada dua yakni pendidikan sandiman dan juru sandi saja. namun, karena pendidikan sandiman ini jurang analisis kriptografis, maka pendidikan sandi ini diubah menjadi Ahli Sandi brevet A dan Brevert B.

Hingga di tahun 2002, sekolah ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Sandi Negara yang sesuai dengan Surat Mendiknas Nomor 19/MPN/02 Tanggal 12 Januari 2002. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dari berdirinya STSN di Indonesia.

Syarat Masuk STSN

Persyaratan untuk memasuki sekolah ini dibagi menjadi dua persyaratan yaitu syarat umum dan juga syarat administrasi. Adapun persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.

Syarat Umum masuk STSN

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pria/wanita
  3. Siswa SMA jurusan IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA, dan SMK jurusan teknologi Informasi dan Komunikasi seperti rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informatika dan Aplikasi, Teknik komputer dan jaringan. Program keahlian Telekomunikasi, teknik Jaringan akses Komunikasi.
  4. Minimal memiliki nilai matematika dan bahasa Inggris 80 pada semester IV dan V.
  5. Memiliki usia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun yang terhitung sejak tanggal 31 Desember 2018.
  6. Sehat jasmani dan rohani dimana tidak memiliki cacat fisik dan buta warna.
  7. Untuk pria tidak bertato atau bekas tato dan juga tidak bertindik telinganya atau lainnya kecuali karena alasan agama dan adat.
  8. Untuk wanita tidak bertato atau bekas tato dan bertindik hanya di telinga saja.
  9. Belum pernah menikah serta bersedia untuk tidak melangsungkan pernikahan selama mengikuti pendidikan di STSN.
  10. Tidak pernah putus studi atau mengalami drop out dari STSN ataupun universitas lainnya.
  11. Tidak menjalani ikatan dinas dengan instansi maupun perusahaan lain.
  12. Bersedia mengikuti segala peraturan yang diterapkan di STSN dan juga mau untuk menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).

Syarat Administrasi

Selain harus memenuhi persyaratan umum, Anda juga harus memenuhi persyaratan Administrasi dimana persyaratan ini sangatlah penting dalam proses mendaftar. Adapun persyaratan administrasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Membuat surat lamaran kerja asli yang ditulis tangan dengan menggunakan tinta berwarna hitam dengan dibubuhkan materai Rp. 6000.
  2. Foto copy nilai raport semester IV dan V dan juga lembar identitas diri yang sudah dilegalisir dan ditandatangani oleh kepala sekolah dari pihak sekolah asal yang bersangkutan.
  3. Melampirkan surat konversi nilai raport yang berskala 0-100 yang sudah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan.
  4. Melampirkan foto copy ijazah ataupun transkip Nilai Ujian yang sudah ditanda tangani oleh pihak kepala sekolah yang bersangkutan.
  5. Melampirkan surat keterangan telah mengikuti ujian nasional yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah. Melampirkan SKCK asli dari kepolisian setempat.
  6. Melampirkan surat pernyataan yang berisikan sanggup untuk tidak menikah dan sanggup untuk mengganti biaya pendidikan apabila melanggar yang dibubuhkan dengan materai Rp. 6.000.
  7. Melampirkan surat keterangan belum menikah dari Lurah setempat.
  8. Melampirkan fotokopi kartu identitas seperti KTP, SIM maupun kartu pelajar.
  9. Melampirkan fotokopi KK.
  10. Melampirkan pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 2 lembar dengan background berwarna merah.
  11. Membayarkan biaya pelaksanaan SKD BKN yang sesuai dengan PP No 63 tahun 2016 yakni Rp. 50.000 untuk setiap peserta.

Cara Pendaftaran STSN

Untuk Anda yang ingin mendaftarkan diri ke perguruan tinggi ini, tentunya Anda harus tahu bagaimana cara pendaftaran STSN yang benar. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah langkah sehingga pada saat proses pendaftaran dapat terdaftar dengan sempurna. Berikut ini adalah cara pendaftaran yang harus dilakukan:

Jika dahulu untuk melakukan pendaftaran, Anda harus mengambil formulir pendaftaran di Kamus STSN “Bumi Sanapati” yang berada di Jl. H. Usa, Desa Putat Nutung Kecamatan Ciseing, Bogor jawa barat. Namun, saat ini untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mendaftar secara online karena semakin majunya perkembangan teknologi.

Untuk melakukan pendaftaran, Anda hanya perlu masuk ke situs https://sscasn.bkn.go.id/ kemudian ikuti semua alangkah yang ada di sana. Jangan lupa untuk isikan data sesuai dengan data yang Anda miliki. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencetak tanda bukti bahwa Anda sudah mendaftar.

Mengapa? Sebab hal ini sangatlah penting. Saat Anda tidak mengisi data dengan benar, maka Anda bisa gugur seketika. Sedangkan untuk tanda bukti biasanya akan ditanyakan ketika Anda memasuki tahap seleksi.

Tahapan Seleksi di STSN

Perlu Anda tahu bahwa saat Anda mendaftar ke sini dan sudah mengisi semua berkas yang diperlukan, maka nantinya Anda akan masuk pada tahap seleksi. Nah, tipe seleksi yang digunakan adalah seleksi gugur. Jadi, siapa saja yang gagal maka secara otomatis dia akan gugur tanpa harus mencoba tahapan seleksi yang selanjutnya.

Mau tahu apa saja tahapan seleksi di STSN? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Tahap I: SKD (seleksi Kompetensi Dasar) yang dilakukan oleh badan Kepegawaian negara (BKN) dimana seleksi ini meliputi:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TKW)
  • Tes Intelektual Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tahap II: Seleksi akademik

Tahap III-A: Seleksi Psikologi

Tahap III-B: Seleksi tertulis Clearance Test dan Mental Ideologi

Tahap IV: Seleksi Wawancara

Tahap V-A: Seleksi Kebugaran (samapta)

Tahap V-B: seleksi kesehatan (Jiwa dan fisik)

Tahap VI: Pantukhir.

Tentunya seleksi tersebut tidaklah mudah, di seleksi ini Anda akan benar-benar menunjukkan seberapa besar kemampuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, agar bisa lolos tentunya Anda harus mempersiapkannya dengan benar.

Adapun persiapan yang harus dilakukan dimulai dengan latihan fisik, latihan mengerjakan soal, dan juga menambah wawasan tentang kenegaraan. Jangan lupa untuk makan makanan yang sehat agar saat nanti dites fisik Anda bisa lolos dengan mudahnya.

Jadwal Pendaftaran

Untuk Anda yang memang niat dan ingin mendaftar di perguruan tinggi ini, tentunya Anda harus tahu jadwal pendaftaran kapan dibuka. Jangan sampai Anda sudah mempersiapkan semuanya namun ternyata pendaftaran sudah ditutup.

Tentunya hal tersebut akan terasa sangat mengecewakan. Oleh sebab itu, pantengin terus tanggalnya berapa, jika sudah langsung siapkan semuanya dan mendaftar.

Untuk Anda yang ingin tahu dan sudah saat penasaran kapan si pendaftaran STSN dibuka? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Pendaftaran secara online akan dibuka pada tanggal 9-30 April 2019 melalui https://sscndikdin.bkn.go.id/.
  2. Sedangkan waktu pendaftaran online di STSN akan dimulai pada tanggal 10 April hingga 30 April 2019 hingga pukul 16.00 WIB pada website https://STSN-nci.ac.id/spmb
  3. adapun lokasi pendaftaran berada di Jakarta/Bogor dengan membawa semua berkas yang diperlukan demi kepentingan daftar ulang.
  4. Sedangkan untuk lokasi pendaftaran seperti di Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar berkas hanya perlu diupload melalui portal situs STSN jika sudah melakukan pembayaran Tes Keterampilan Dasar (TKD).
  5. Adapun berkas-berkas yang harus dikumpulkan antara lain sebagai berikut:
  6. Foto copy kartu Keluarga (KK)
  7. Formulir Pendaftaran STSN
  8. Foto copy raport semester V dan VI
  9. Foto copy halaman depan raport.
  10. Untuk para peserta yang berhasil lulus hingga tahap 3 yakni tes psikologi, wajib hukumnya untuk membawa berkas yang sudah ditetapkan dalam persyaratan administrasi. Nantinya berkas ini harus dibawa pada tahap IV yakni tes wawancara.

Perlu Anda tahu bahwa bisa jadi akan ada perubahan jadwal. Untuk itu, pantengin terus website dari SPMB STSN dan di sana Anda akan menemukan banyak sekali informasi yang bermanfaat.

Jadwal Tes di STSN

Tes memang menjadi hal penentu apakah anda dapat masuk ke STSN atau tidak. Untuk itu, Anda harus tahu jadwal tesnya kapan dengan tujuan agar Anda dapat mengikuti setiap tes dan dapat lolos dengan sempurna.

Bagi Anda yang sudah mendaftarkan namun belum tahu kapan si tes akan diadakan, yuk  langsung saja simak di bawah ini. karena di sini anda akan menemukan jadwal tes yang dibutuhkan. Untuk Anda yang ingin tahu jadwal seleksinya kapan, Anda bisa langsung melihatnya dengan mengunjungi webisite resmi miliki SPBM STSN di https://www.STSN-nci.ac.id/spmb.

Mengapa demikian? Karena jadwal tes bisa sewaktu-waktu berubah sesuai dengan keputusan dari panitia. Yang perlu Anda lakukan hanyalah persiapkan diri Anda secara maksimal untuk mengikuti semua tahapan seleksi.

Berapa Sih Gaji Lulusan STSN?

Pernahkah Anda penasaran mengapa ada banyak sekali orang yang mendaftarkan dirinya ke Sekolah Tinggi Kedinasan salah satunya di STSN? Alasan pertama mungkin karena masa depan terjamin lulus kuliah langsung bekerja.

Selain itu, banyak orang juga yang tergiur dengan gaji yang diberikan di STSN. Saat Anda lulus seleksi dan lulus dari pendidikan, maka secara langsung Anda akan menjadi PNS yang mendapatkan gaji setiap bulannya.

Lantas, berapakah gaji tersebut? Biasanya gaji yang diberikan akan disesuaikan dengan pangkat dan golongannya. Meskipun demikian, gaji tersebut tetap saja menggiurkan meskipun risikonya Anda harus mau ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun rata-rata gaji yang diterima oleh pegawai STSN adalah setara dengan pegawai golongan 3A yang telah diatur dalam UU. Adapun gaji minimal untuk golongan 3A dengan masa kerja 0 tahun adalah Rp. 2456.700 yang mana di tahun sebelumnya hanyalah Rp. 2.317.600. Jangan khawatir, sebab gaji tersebut hanyalah gaji pokok yang belum ditambah dengan tunjangan dari di si pegawai tersebut.

Pengumuman STSN

Ini adalah salah satu tahapan yang paling mendebarkan dan ditunggu-tunggu oleh para peserta seleksi STSN. Bagaimana tidak, tahapan ini adalah tahapan penentu apakah Anda diterima atau tidak.

Jadi, meskipun menggunakan sistem gugur, namun di tahap terakhir ada banyak peserta yang masih lulus sedangkan kursi yang dibutuhkan sudah ditentukan. Maka secara otomatis masih ada orang yang harus gugur lagi dalam tahapan terakhir.

Nah, nantinya diterima atau tidaknya Anda di Perguruan Tinggi dinas ini akan ditentukan melalui proses pengumuman. Untuk itu, Anda perlu berdoa agar Anda bisa diterima. Jika Anda sudah mencapai tahap pengumuman, tentunya usaha yang sudah dilakukan sangatlah maksimal. Untuk itu, lengkapi dengan doa agar Tuhan selalu berada di pihak Anda.

Adapun untuk informasi pengumuman sendiri akan diumumkan secara langsung oleh panitia seleksi STSN. Adapun hasil pengumuman bisa Anda lihat sendiri di situs resmi STSN. So, jangan lupa semangat apapun hasilnya itu adalah usaha Anda.

Untuk anda yang berhasil diterima, selamat karena usaha Anda terbayarkan dengan kemanisan. Namun, untuk Anda yang belum diterima, tetap semangat. Jadikan hal ini sebagai pengalaman dan pelajaran hidup. Banyak orang yang gugur di tengah jalan dan Anda bisa mencapai tahap pengumuman adalah hal yang sangat luar biasa.

Dari berbagai penjelasan mengenai pendaftaran di STSN, jadwalnya, syaratnya, hingga ke tahapan pengumuman tentunya sangat membantu Anda terutama bagi Anda yang ingin mendaftar. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan pendaftaran STSN.

Pastikan bahwa Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal. Sebab di sinilah usaha Anda akan dinilai seberapa besar meskipun usaha yang dibarengi dengan kebetulan.

Semoga adanya informasi pendaftaran STSN ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada informasi yang salah ataupun kurang lengkap mohon untuk dimaafkan. Semangat untuk semua calon putra putri taruna Sekolah Tinggi Sandi Negara. Semangat terus dan berjuang untuk terus menggapai cita-cita setinggi asa.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

TENTANG AKPOL - AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau...

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Tentang CPNS – CPNSmerupakan sebuah sebutan untuk pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau awal.  Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai yang masih bergelar CPNS statusnya masih dalam...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

IUP BIOLOGY UGM – Fakultas Biology di Universitas Gadjah Mada kini telah membuka kelas IUP atau biasa di sebut dengan International Undergraduate program. Merupakan kelas berstandar International yang bisa diikuti oleh para pelajar luar negeri maupun dalam negeri. Ada...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

IUP SCIENCE UGM – International Unfergraduate Program atau biasa disebut dengan IUP CS (Computer Science) telah menjadi bagian dari Fakultas MIPA di Universitas Gadjah Mada. Ada banyak keuntungan apabila kamu bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Science UGM,...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Masuk IUP PSYCHOLOGY UGM – IUP atau International Undergraduate Program telah menjadi bagian dari Fakultas Psychology di Universitas Gadjah Mada. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk berkuliah dan lulus dari IUP Psychologi UGM,...

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

Masuk IUP FEB UGM - Merupakan sebuah program kelas Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM yang mana mahasiswanya berisikan para pelajar dari luar negeri dan pelajar dalam negeri. International Undergraduate Program FEB UGM mempunyai program sarjana 4...

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Masuk AKPOL – atau biasa disebut dengan nama Akademi Kepolisian merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah kepolisian ini mempunyai tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan masa...

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

STSN – bisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara. Berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan ini adalah untuk menjadikan para mahasiswanya pahlawan dunia...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...