Pendaftaran Universitas Al-Azhar Indonesia 2023: Jalur Masuk, Persyaratan, Jadwal, dan Biaya Kuliah

oleh | Mei 19, 2023 | Blog, PTS | 2 Komentar

Pendaftaran Universitas Al-Azhar Indonesia – Perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 2000 ini merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar. Universitas Al-Azhar Indonesia saat ini memiliki 6 Fakultas di jenjang Sarjana (S1) dan 19 program studi di dalamnya.

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) selain telah mengantongi akreditasi “Baik Sekali” juga telah memiliki berbagai prestasi, salah satunya pada tahun 2020 menjadi 10 Perguruan Tinggi terbaik di Jakarta berdasarkan penilaian Kemendikbud dan mendapatkan penghargaan atas kontribusi dan inovasi yaitu pembuatan alat Powered Air Purifying Respirator (PAPR) karya Dosen Teknik Industri.

Menarik bukan? bagi kamu yang tertarik untuk menjadi mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia tahun 2023, saat ini pendaftaran sudah memasuki gelombang 3, lho. Yuk, simak informasi lengkap mengenai pendaftarannya di bawah ini. 

Baca Juga: Informasi Pendaftaran UAD Tahun 2023: Jalur Masuk, Persyaratan, dan Jadwal Pelaksanaannya

Jalur Masuk

Reguler

Jalur reguler merupakan jalur yang bisa diikuti peserta menggunakan hasil tes seleksi. Melalui jalur ini, calon mahasiswa baru diharuskan mengikuti tes seleksi yang diselenggarakan secara reguler oleh Universitas Al-Azhar. Hasil tes yang diperoleh akan menentukan kelulusan calon mahasiswa.

Unggulan

Jika kamu memiliki prestasi akademik, kamu bisa coba mengikuti jalur ini. Jalur unggulan merupakan jalur tanpa tes yang diberikan kepada siswa-siswi lulusan SMA/sederajat tahun 2023, melalui nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi saat melakukan pendaftaran:

  • Melampirkan fotokopi rapor SMA/sederajat yang memperoleh rata-rata nilai rapor >7,0 pada kelas 10 hingga 12 (semester 1-5).
  • Sekolah asal memiliki Akreditasi “A”.

PMDK

Jalur PMDK merupakan jalur masuk bebas tes seleksi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2023 yang memiliki prestasi akademik dengan nilai rapor ≥7,5 pada semester 1-5. Bagi peserta yang ingin mengikuti jalur seleksi ini bisa memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Melampirkan fotokopi rapor SMA/sederajat kelas 10 sampai 12 (semester 1-5).
  • Melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan benar memperoleh rerata nilai rapor  ≥7,5 pada kelas 10 hingga 12 (semester 1-5).

UTBK

Bagi kamu yang telah mengikuti UTBK-SNBT tahun 2023 tetapi belum lolos jangan putus asa, karena nilai hasil UTBK-SNBT tersebut masih bisa kamu gunakan untuk mendaftar ke Universitas Al-Azhar Indonesia melalui jalur masuk UTBK.

Jalur ini merupakan jalur tanpa tes yang diberikan kepada siswa/i lulusan SMA/sederajat yang sudah melakukan tes UTBK dan tidak lolos seleksi Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini bisa kamu ikuti dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Memiliki sertifikat hasil UTBK tahun 2023
  • Memiliki nilai UTBK ≥ 350

Beasiswa Prestasi

Selain menawarkan jalur masuk melalui tes dan prestasi akademik, Universitas Al-Azhar Indonesia juga menawarkan jalur masuk prestasi yang sekaligus bisa mendapatkan beasiswa berupa potongan biaya pendidikan sebesar 40% biaya BPP dan potongan sebesar 20% biaya BOP.

Melalui jalur ini para peserta tidak perlu lagi untuk mengikuti tes seleksi, hanya melampirkan prestasi-prestasi yang pernah diikuti sesuai dengan kategori yang ada. Berikut ragam kategori beasiswa prestasi di Universitas Al-Azhar Indonesia:

  1. Bidang Seni dan Olahraga

Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat lulusan tahun 2023 yang memiliki bidang seni dan olahraga pada tingkat Internasional, Nasional, dan Wilayah. Persyaratan untuk mengikuti jalur ini adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan fotokopi rapor SMA/sederajat yang memperoleh nilai >7,0 pada kelas 10 hingga 12 (semester 1-5).
  • Surat Pengantar dari Pembina Klub Seni/Olahraga yang berkaitan atau melampirkan Piagam/Sertifikat Prestasi yang pernah dicapai di Tingkat Internasional, Nasional dan Wilayah.
  1. Beasiswa OSIS

Beasiswa OSIS diperuntukkan bagi kamu lulusan SMA/sederajat tahun 2023 yang pernah menjadi pengurus OSIS selama di sekolah. Jalur ini bisa diikuti dengan melampirkan persyaratan-persyaratan sebagai berikut:

  • Fotokopi rapor SMA/sederajat yang memperoleh nilai >7,0 pada kelas 10 hingga 12 (semester 1-5)
  • Sertifikat OSIS atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa pernah menjadi Pengurus OSIS sekolah.
  1. Beasiswa Olimpiade

Beasiswa olimpiade diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2023 yang pernah mendapatkan Juara 1 sampai 3 lomba-lomba Sains, Hukum, Humaniora dan Sosial,  termasuk juga lomba yang diadakan oleh Universitas Al-Azhar Indonesia. Persyaratan untuk mengikuti jalur beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan fotokopi rapor SMA/sederajat yang memperoleh nilai >7,0 pada kelas 10 hingga 12 (semester 1-5).
  • Piagam/Sertifikat Resmi Juara 1-3 Perlombaan Keilmuan.
  1. Beasiswa Ranking Kelas

Selain melalui prestasi di bidang perlombaan, beasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia juga menyediakan beasiswa bagi peserta yang memiliki prestasi akademik dan masuk pada peringkat kelas.

Beasiswa peringkat kelas diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2023 yang pada saat kelas 12 mendapatkan peringkat antara 1-5. Beasiswa ini bisa diikuti dengan melampirkan persyaratan-persyaratan sebagai berikut:

  • Melampirkan fotokopi rapor SMA/sederajat yang memperoleh nilai > 7,0 pada kelas 10 hingga 12 (semester 1-5).
  • Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan benar mendapatkan peringkat kelas antara 1-5 di kelas 12.

Baca Juga: Universitas Islam Bandung: Jurusan, Jalur Masuk, Beasiswa, dan Biaya Kuliah

Beasiswa Khusus

beasiswa khusus diberikan dalam bentuk potongan biaya pendidikan yang akan diberikan bagi:

  • Siswa Lulusan SMA Islam Al Azhar (YPI Al Azhar)

Beasiswa potongan sebesar 25% biaya BPP.

  • Guru YPI Al Azhar, yang akan melanjutkan studi ke S1

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 100% dan 50% biaya BOP.

  • Putra dan Putri atau Keluarga Dosen/Pegawai Universitas Al Azhar Indonesia

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 50% dan 50% biaya BOP.

  • Putra dan Putri Guru & Karyawan YPI Al Azhar

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 50% dan 25% biaya BOP.

  • Putra dan Putri Guru non Sekolah YPI Al Azhar

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 40% dan 20% biaya BOP.

  • Putra dan Putri TNI-Polri

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 40% dan 20% biaya BOP.

  • Calon Mahasiswa Baru yang memiliki Saudara kandung di Universitas Al Azhar Indonesia

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 40% dan 20% biaya BOP.

  • Calon Mahasiswa Baru yang tidak memiliki Ayah (Yatim)

Beasiswa potongan biaya BPP sebesar 40% dan 20% biaya BOP.

Beasiswa Full

Beasiswa full akan diberikan dalam bentuk Beasiswa penuh meliputi biaya BPP, BOP dan SKS (kecuali biaya administrasi di awal daftar ulang dan herregistrasi sebesar Rp400.000 di semester 2 dst). Beasiswa ini diberikan selama memperoleh indeks prestasi minimal 3,25. Jika IP < 3,25 maka mahasiswa yang bersangkutan diharuskan membayar sebagian BOP dan SKS seluruhnya (sesuai dengan biaya kuliah yang berlaku). Tetapi bila Indeks Prestasi yang bersangkutan kembali 3,25, maka biaya kuliah (BOP dan SKS) yang bersangkutan kembali dibebaskan.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2022 dan 2023 yang masuk pada kategori beasiswa berikut:

  1. Beasiswa Korporat

Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa/siswi yang memiliki keterbatasan ekonomi, namun memiliki nilai akademik dan nilai ujian baik selama di sekolah. Selain nilai akademik, peserta jalur beasiswa korporat ini juga harus memiliki prestasi non-akademik seperti cabang Olahraga, Seni Budaya, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Bahasa dan Sastra, Olimpiade Sains dan Matematika.

  1. Beasiswa Hafiz Qur’an

Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa/siswi penghafal Juz dalam Al-Qur’an minimal 7 Juz yang dapat dibuktikan dengan sertifikat atau ijazah hafalan Qur’an.

  1. Beasiswa UAI

Beasiswa UAI secara umum sama dengan beasiswa korporat, diperuntukkan bagi siswa/siswi yang memiliki keterbatasan ekonomi, namun memiliki nilai akademik, nilai ujian baik, dan prestasi non akademik selama di sekolah. Namun, pada beasiswa UAI, beasiswa akan diberikan secara penuh meliputi bebas biaya BPP, BOP, SKS, Administrasi dan juga biaya Registrasi.

  1. Beasiswa KIP

Beasiswa penuh yang diberikan kepada siswa-siswi lulusan SMA/sederajat, yang memenuhi syarat dari Kemenristekdikti dan Universitas Al Azhar Indonesia.

Jadwal PMB

Gelombang 1 dan Gelombang 2 untuk pendaftaran mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Indonesia telah dimulai dari bulan November 2022 hingga April 2023 dan saat ini telah memasuki Gelombang 3, dengan jadwal sebagai berikut:

  • Gelombang 3 Pendaftaran: 9 April-29 Juli 2023
  • Tes seleksi dilaksanakan secara online di hari sabtu (jadwal dapat dipilih pada akun masing-masing pendaftar)

Biaya Kuliah

Biaya Kuliah UAI Gelombang 3
  • Biaya Formulir Pendaftaran sebesar Rp350.000 (Uang pendaftaran yang sudah masuk, tidak bisa dikembalikan).
  • Biaya Lunas sudah termasuk diskon BPP pada setiap Gelombang yang sedang berlaku.
  • Khusus Kelas Reguler S1 Jalur Masuk Tes Seleksi dan Unggulan :
    • Pembayaran Lunas Semester 1 pada Gelombang 3 akan mendapatkan potongan BPP 20%.
    • Pembayaran Lunas Semester 1 pada Gelombang 4 akan mendapatkan potongan BPP 10%.
  • Pengajuan Pengembalian Dana Biaya Daftar Ulang hanya berlaku dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK, maka akan dikembalikan 10% dari total yang sudah dibayarkan
    • Jika diterima PTN melalui jalur Mandiri atau Kedinasan, maka akan dikembalikan 5% dari total yang sudah dibayarkan
    • Jika diterima PTS atau alasan lainnya, maka tidak ada pengembalian dana
  • Pengembalian dana hanya bisa dilakukan dalam batas waktu maksimal yang telah ditentukan oleh universitas yaitu 31 agustus 2023

Itulah informasi pendaftaran mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Indonesia tahun 2023. Pendaftaran saat ini telah memasuki Gelombang 3, bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Universitas Al-Azhar Indonesia pastikan mengikuti jalur masuk sesuai persyaratan yang ada, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 Komentar

  1. Ainunhakim

    Ingin daftar beasiswa Al Azhar Indonesia

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.