Pengumuman Sipencetar PKTJ Yang Paling Terbaru

oleh | Feb 26, 2020 | Blog | 0 Komentar

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) pertama kali di dirikan dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya ( Balai Diklat Trans Jaya )di tegal dan didirikan tepatnya pada tanggal 14 Mei 1971 dan tepat pada tanggal 27 September 1971 di buka juga serta di resmikan secara langsung oleh Direktur Jendral Perhubungan Darat “Sumpono Bayuaji”. Lokasi bangunan nya menempati bekas perudangan PJKA (SCS) mempunyai luas sebesar 6,5 hektar serta terletak di Jalan Semeru nomor 3 Kota Tegal, Jawa Tengah. Awal berdirinya PKTJ ini lebih di kenal dengan Pusdik Perhubungan Darat yang berada di bawah (LEMDIK) Lembaga Pendidikan.

Dengan adanya perubahan struktur organisasi Departemen Perhubungan Nomor KM415/U/PHB-1975, nama LEMDIK perhubungan darat (Pusdiklat Perhubungan Darat). PUSDIK berubah menjadi Unit Pelaksana pendidikan dan latihan perhubungan darat dan juga dengan surat keputusan menteri perhubungan Nomor KM.51/OT/PHB-1978 tepatnya pada tanggal 8 Maret 1978 dan berumah menjadi balai pendidikan dan latihan transportasi Darat dan Jalan Raya atau Balai Diklat Trans Jaya yang beroprasi di Tegal. Kemudian dengan adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.73 pada tahun 2002 namanye berubah kembali menjadi Balai Pendidikan dan Penelitian Transportasi Darat atau BPPTD.

Mengenal 3 Program Studi dan Persyaratan PKTJ Tegal

Nah selanjutnya, kita akan memabahas 3 program studi yang ada di Kedinasa PKTJ Tegal nih teman – teman IC, berikut informasinya :

  1. D-IV MKTJ ( manajemen Keselamatan Transportasi Jalan )
  2. Persyaratanya : Lulusan SMA/MA dari jurusan IPA, Paket C dari jurusan IPA. Untuk SMK dari jurusan teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer, Dan Teknik Informatika ( kecuali dari Multimedia ), Teknik Ketenaga Listrikan, Teknik Elektronika dan Tekologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika Dan Geospasial.
  3. Jumlah Yang di butuhkan : jumlah yang di butuhkan pada prodi ini sebesar 60 Taruna Taruni
  4. D-IV TKO ( Teknik Keselamatan Otomotif )
  5. Persyaratanya : lulusan SMA/MA dari jurusan IPA, Paket C dari jurusan IPA. Untuk SMK dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer, dan Informatika (Kecuali dari Multimedia ), Teknik Ketenaga Listrikan, Teknik Elektronika
  6. Jumlah Yang dibutuhkan : jumlah yang dibutuhkan pada prodi ini sebanyak 90 Taruna Taruni
  7. D-III PKB ( Pengujian Kendaraan Bermotor )
  8. Persyaratan : lulusan SMA/MA dari jurusan IPA, Paket C dari Jurusan IPA. Untuk SMK dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer, dan Informatika (Kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika.
  9. Jumlah Yang dibutuhkan : jumlah yang dibutuhkan untuk prodi ini sebanyak 24 Taruna Taruni

Persyaratan Pendaftaran DEPHUB PKTJ Tegal

Nah selanjutnya kita akan membahas apa saja persayaratan yang harus teman – teman IC siapkan dalam melakukan pendaftaran DEPHUB PKTJ Tegal :

  1. Merupakan asli dari Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal 23 tahun pada masa pendaftaran dan minimal 16 tahun pada masa pendaftaran. Dan persyaratan khusus untuk :
  3. D-III LLU Minimal mempunyai umur 18 Tahun
  4. D-IV LLU minimal mempunyai umur 17 Tahun
  5. Persyaratan nilai, bukan merupakan hasil pembulatan calon Taruna atau Taruni Pola Pembibitan :
  6. Untuk lulusan tahun 2019 dan sebelumnya, harus mempunyai nilai rata – rata ujian yang tertulis pada ijazahnya sekurang – kurangnya 7.0 dari skala 1-10 atau 70 dari skala (10-100) atau 2,8 (skala penilaian 1-4)
  7. Bagi calon lulusan tahun 2019 mempunyai nilai rata – rata rapor untuk komponen pengetahuan pada semester 5 ( semester gasal dan genap untuk kelas X dan juga XI ) serta senester gasal XII) 70.00 ( skala penilaian 10-100) degan ketentuan pada saat pendaftaran ulan yang bersangkutan telah di nyatakan sebagai lulusan dan mempunyai nilai rata – rata ujian 70.
  8. Untuk lulusan tahun 2018 dan juga sebelumnya, harus mempunyai nilai rata – rata pada ijazah menggunakan skala penilaian 1-10. Atau juga skala penilaian 1-4 dan di wajibkan untuk mengkonversi nilai tersebut menjadi sekala penilaian 10-100.
  9. Untuk lulusan dari luar negeri yang mempunyai ijazah berbahasa asing , harus memberikan surat pernataan atau persamaan ijazah dari kementrian pendidikan dan juga kebudayaan 4
  10. Tinggi badan minimal yang harus di penuhi oleh Pria 160 CM dan Wanita 155cm, kecuali :
  11. Untuk program studi D-III PKP minimal 165 cm
  12. Untuk program studi D-IV penerbangan minimal 165 cm dan wanita minimal 163cm
  13. Untuk proram Studi D-III OBU pria harus mempunyai tinggi badan minimal 165cm dan wanita minimal 160cm
  14. Mempunyai kondisi badan yang sehat dan tidak mempunyai cacat fisik ataupun mental. Terbebas dari HIV/AIDS serta bebas narkoba.
  15. Para calon taruna tidak diperbolehkan mempunyai bekas tato dan tindik pada bagian telinganya atau bagian badan lainya, kecuali yang di sebabkan oleh suatu ketentuan agama
  16. Para calon Taruni tidak bertato dan mempunyai bekas tato. Tidak boleh bertindik lebih dari 1 pasang bagian telinga kanan dan telinga kiri.
  17. Para pendaftar mempunyai kesehatan mata yang normal dan tidak ada kelainan buta warna baik pada parsial ataupun total
  18. Tidak sedang berada pada hukuman pidana atau terancam pda hukuman pidana karena melakukan kejahatan
  19. Para pendaftar belum pernah di berhentikan secara tidak hormat ataau mengundurkan diri sebagai Taruna/Taruni yang berada di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.
  20. Bersedia mematuhi segala aturan yang ada pada pola pembibitan
  21. Bersedia di berhentikan dengan tidak hormat ketika melakukan tindakan kriminal (contohnya: seperti menjual  narkoba, melakukan tindak kekearasan dll ) dan juga melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual
  22. Para pendaftar akan dinyatakan gugur ketika terbukti melakukan pemalsuan identitas atau dokumen.
  23. Para pendaftar di wajibkan membayar biaya pendaftaran sesuai dengan yang di tentukan oleh perguruan tinggi yang di pilih ( sipencatar.dephub.go.id )
  24. Para pendaftar bersedia menandatangani surat pernyataan sebagai calon Taruna Taruni dan bermaterai 6000
  25. Khusus untuk program studi D-III PKP ( Pertolongan Kecelakaan Pesawat ) harus berjenis kelamin pria
  26. Khusus untuk para calon taruna dan taruni program studi STTD, harus bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang di tentukan oleh STTD sesuai dengan program studi yang para pendaftar pilih.
  27. Mempunyai surat elektronik atau biasa di sebut dengan EMAIL yang aktif

Tata Cara Pendaftaran Kedinasan PKTJ Yang Harus Anda Ketahui

  1. Calon taruna taruni hanya di perbolehkan untuk mendaftar satu sekolah kedinasan pada kementrian ataupun lembaga. Ketika calon taruna taruni kedapatan mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan yang bersangkutan maka akan di nyatakan gugur.
  2. Calon taruna taruni juga wajib melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen yang di jadikan persyaratan di (sscasn.bkn.go.id)
  3. Semua berkas para calon taruna taruni di upload dalam bentuk softfile yang terdiri dari berikut ini :
  4. Pas foto terbaru yang berwarna latar belakang merah dan juga menghadap kedepan dengan ukuran 4×6 cm dan ukuran file maksimal (200kB dengan format Jpg)
  5. KTP untuk para peserta yang berusia di atas 17 tahun atau menunjukan Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum mempunyai KTP dan menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau juga dapat menggunakan resi permintaan pembuatan KTP dengan format .JPG dan ukuran maksimal (200kb)
  6. Ijazah SMA/SMK/MA/Paket C bagi calon peserta yang sudah dinyatakan kelulusanya. Rapor bagi SMA/SMK/MA/Paket C bagi caon peserta yang belum dinyatakan kelulusanya atau masih duduk di kelas 12 dengan ketentuan format (PDF dengan ukuran maksimalnya 700kb)
  7. Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari lembaga atau kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Untuk yang lulusan dari luar negri atau memepunyai format ijazah asing dengan format (pdf ukuran maksimal 700kb)
  8. Mengumpulkan persyaratan lainya yang di unggah dalam bentuk 1 File dengan format PDF dengan ukuran maksimal (1000kB) dan terdiri dari :
  9. surat keterangan sebagai salah satu peserta ujian nasional dari kepala sekolah ataupun pejabat yang berwenang. Untuk siswa SMA/SMK/MA kelas 3 tahun ajaran 2018/2019
  10. surat keterangan belum pernah melaksanakan perinkahan yang sudah di tandatangani oleh lurah/kepala desa sesuai dengan domisil (asli). Perlu di perhatikan bahwa tidak di perbolehkan surat yang di tandatangani hanya oleh pelamar atau ketua RT, ketua RW ataupun orang tua.
  11. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa anda sanggup tidak menikah sealama mengikuti pendidikan kedinasan dan di beri materai 6000
  12. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa sanggup menyetujui hasil SIPENCATAR bermaterai 6000
  13. Surat pernyataan untuk calon taruna taruni di atas materai 6000

Nah itu dia teman – teman mengenai persyaratan pendaftaran kedinasan Dephub, jangan sampai anda melupakan salah satu syaratnya karena dapaet berakibat anda tidak akan masuk ke tahap berikutnya. Untuk dapat menghadapi tes anda juga dapat menggunakan Bimbel. Sekarang sudah ada bimel yang khusus meloloskan pesertanya masuk DEPHUB seperti Indonesia College.

Kenapa harus Indonesia College ?

BIMBEL INDONESIA COLLEGE adalah Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Belajar yang mengkhususkan membimbing siswa kelas XII SMA dan Alumni SMA untuk bisa menembus persaingan masuk KEDOKTERAN, KEDINASAN, IUP UGM & KKI UI. Sebagai Bimbel yang telah berdiri sejak 1993, Pengalaman INDONESIA COLLEGE selama 25 Tahun menjadi jaminan kualitas dan layanan, untuk meluluskan siswa ke perguruan tinggi impian.

Program Bimbingan IC dirancang dengan perpaduan sistematis materi dan modul belajar SPESIFIK sesuai dengan materi tes fakultas kedokteran. Didukung dengan pengajar yang berkualitas, Metode CERDAS (Cepat, Rasional, Mendasar dan Sederhana) yang dipadukan dengan sistem pembelajaran PAKEM (Pendekatan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) Serta target yang Jelas lulus masuk ke Perguruan Tinggi Favorit yang diimpikan.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal Sejarah Dan Prodi Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional | LKBB Indonesia college - […] Nah sampai disii dulu artikel kali ini ya teman – teman IC, semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan…

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…