Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Persiapan Pendaftaran PKN STAN 2022, Perhatikan Informasi Ini!

oleh | Des 27, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Pendaftaran PKN STAN 2022 – Bagi kamu yang tertarik masuk ke perguruan tinggi kedinasan (PTK), tentunya sudah tidak asing lagi dengan PKN STAN. Sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan ini merupakan PTK yang selalu diburu masyarakat Indonesia setiap penerimaan mahasiswa baru.

Populernya PKN STAN tentu terjadi bukan tanpa alasan. Berkuliah di PKN STAN memungkinkan kamu untuk bisa langsung bekerja di bawah Kemenkeu setelah lulus kuliah. Selain itu, peserta didik juga tidak perlu membayar biaya pendidikan ketika berkuliah di PKN STAN.

Banyaknya orang yang berminat masuk ke PKN STAN membuat seleksi di perguruan tinggi ini sangatlah ketat. Peserta perlu mengikuti berbagai tahapan seleksi sebelum bisa dinyatakan diterima. Yuk, simak informasi di bawah ini untuk persiapan pendaftaran PKN STAN 2022!

Tentang PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang ada di bawah Kementerian Keuangan. Sesuai dengan instansi yang menaunginya, pendidikan di PKN STAN fokus pada pembelajaran di bidang keuangan. Lulusannya akan menjadi ASN yang bekerja di bidang keuangan di berbagai instansi pemerintahan.

Pendidikan di PKN STAN dilakukan di beberapa jurusan. Mahasiswa bisa memilih fokus studi yang sesuai dengan minat. Ada 4 jurusan yang bisa kamu temui di PKN STAN yaitu:

  • Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Pajak
  • Jurusan Kepabeanan dan Cukai
  • Jurusan Manajemen Keuangan

Jalur Penerimaan

Pada seleksi PKN STAN tahun 2021, jalur pendaftaran mahasiswa dibagi menjadi 2 dengan kuota penerimaan yang berbeda-beda. Tersedia program Reguler dan Afirmasi untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan diri ke PKN STAN.

  • Program Reguler ditujukan untuk masyarakat Indonesia secara umum yang memenuhi persyaratan. Pengadaannya dilakukan untuk memenuhi keperluan pegawai di Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah.
  • Program Afirmasi diperuntukkan untuk putra/putri dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Jalur ini diadakan untuk mengisi kebutuhan pegawai di Kementerian Keuangan.

Syarat Seleksi PKN STAN

Hal lain yang perlu kamu ketahui sebelum mengikuti pendaftaran PKN STAN 2022 adalah syarat. Ada berbagai persyaratan yang perlu diperhatikan. Syarat-syarat ini perlu dipenuhi oleh calon peserta supaya bisa melanjutkan seleksi ke tahapan berikutnya. Persyaratan pendaftar di tahun 2021 yaitu:

  • Bagi pendaftar program Reguler, merupakan lulusan SMA/sederajat tahun 2020 dan sebelumnya atau akan lulus di tahun 2021 serta memiliki nilai rata-rata ujian di ijazah tidak kurang dari 70.
  • Bagi pendaftar program Afirmasi, merupakan siswa SMA/sederajat yang akan lulus di tahun 2021 dan memiliki nilai rata-rata komponen pengetahuan minimal 70 di semester 1-5. Ketika dinyatakan lulus seleksi, perlu nilai rata-rata ujian di ijazah tidak kurang dari 70.
  • Usia minimal 15 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 September 2021.
  • Terdaftar sebagai peserta UTBK 2021 yang diselenggarakan oleh LTMPT.
  • Memiliki nilai TPS UTBK minila 600 untuk Program Reguler atau 400 untuk Program Afirmasi.
  • Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan NAPZA.
  • Bagi laki-laki, tidak bertato atau bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik di bagian manapun kecuali karena ketentuan agama/adat.
  • Bagi wanita, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik di anggota badan selain telinga (tidak lebih dari 1 pasang).
  • Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di PKN STAN.
  • Tidak pernah dinyatakan lulus seleksi SPMB PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.
  • Bagi pendaftar afirmasi, memenuhi persyaratan tambahan yaitu:
    • Menyelesaikan pendidikan SD, SMP, SMA atau sederajat di Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
    • Memiliki garis keturunan orang tua baik ayah atau ibu asli Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
    • Mendapatkan rekomendari dari SMA/sederajat bahwa peserta merupakan 2 usulan terbaik.

Baca juga Yuk, Cari Tahu! Tahapan Seleksi Mahasiswa Baru PKN STAN.

Tahapan Seleksi Mahasiswa Baru PKN STAN

Seleksi untuk menjadi mahasiswa di PKN STAN dilakukan melalui beberapa tahapan. Peserta harus mengikuti tahapan ini jika ingin dinyatakan diterima. Sebagai informasi pendaftaran PKN STAN 2022, berikut ini tahapan seleksi di tahun 2021.

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar berupa TKP, TIU, dan TWK
  • Seleksi Lanjutan 1 berupa Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi
  • Seleksi Lanjutan 2 berupa Tes Wawancara (daring dan luring)

Itulah artikel tentang Persiapan Pendaftaran PKN STAN 2022, Perhatikan Informasi Ini! Pengumuman resmi untuk pelaksanaan di tahun 2022 masih belum diumumkan. Tunggu update-nya, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!