Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Pilihan Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

oleh | Nov 20, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar – Pemilihan jurusan saat mendaftar kuliah adalah hal yang penting. Jurusan yang dipilih bisa mempengaruhi kesempatan kerja saat seseorang telah lulus kuliah.

Ada beberapa jurusan yang menjadi favorit karena dianggap memiliki peluang kerja besar. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan yang banyak dibutuhkan sehingga prospek kerjanya luas.

Memilih jurusan sepi peminat ini juga memiliki keuntungan lain. Jumlah saingan yang tidak terlalu besar membuat kesempatanmu diterima semakin tinggi. Apa saja jurusan yang masuk ke daftar ini? Berikut ini penjelasannya.

Jurusan Kehutanan

Pilihan jurusan sedikit peminat dengan peluang kerja besar yang pertama yaitu kehutanan. Jurusan ini bisa kamu pilih jika tertarik dengan pembelajaran mengenai hutan seperti pengelolaan ekosistem, perlindungan hasil hutan, produktivitas hutan, dan lain sebagainya.

Peluang kerja untuk lulusan kehutanan terbilang cukup luas. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan, peneliti, staf perusahaan swasta, pegawai lembaga kehutanan, dan lain-lain. Tidak hanya itu, kebutuhan ahli kehutanan di Indonesia juga tinggi mengingat negara ini memiliki hutan yang luas karena beriklim tropis.

Jurusan Ilmu Perpustakaan

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Banyak yang menyangka bahwa mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan hanya akan belajar tentang buku. Padahal, di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak hal lain yang tentunya akan berguna untuk masuk ke dunia kerja. Beberapa pembelajaran yang didapat yaitu seperti pengarsipan, pengorganisasi, sistem perpustakaan, dan lain-lain.

Berbekal ilmu dan kemampuan yang didapat di jurusan ilmu perpustakaan, lulusannya akan memiliki kesempatan kerja yang luas. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang membutuhkan ahli di bidang kearsipan dan kepustakaan. Lulusannya bisa bekerja sebagai pustakawan, sekretaris, bidang pengarsipan, dan lain sebagainya.

Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun banyak diketahui oleh masyarakat, nyatanya filsafat termasuk sebagai jurusan yang sepi peminat. Calon mahasiswa enggan mendaftar ke jurusan ini karena dianggap susah dan sulit mendapatkan pekerjaan.

Nyatanya, di jurusan filsafat, mahasiswa akan diajarkan untuk memiliki kemampuan yang berguna di dunia kerja. Mahasiswa jurusan filsafat akan belajar untuk mengasah kemampuan berpikir dan logika. Kemampuan ini tentunya bisa digunakan di berbagai bidang pekerjaan.

Baca juga 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Era Digital.

Jurusan Antropologi Sosial

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Antropologi sosial merupakan jurusan yang mempelajari manusia, terlebih budayanya. Mahasiswa akan belajar tentang hubungan antar manusia di sebuah kelompok baik itu perilaku, budaya, dan lain-lain. Setelah lulus, pengetahuan dan kemampuan tersebut bisa digunakan untuk bekerja menjadi antropolog, wartawan, budayawan, peneliti, dan lain-lain.

Jurusan Oseanografi

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang selanjutnya yaitu oseanografi. Sesuai namanya, jurusan ini berhubungan dengan kelautan. Mahasiswa akan belajar berbagai hal tentang laut seperti makhluk hidup di laut, ekosistem, arus, gelombang, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang cukup besar. Hal ini mungkin karena Indonesia merupakan negara dengan wilayah perairan yang luas sehingga kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang ini sangat tinggi.

Jurusan Astronomi

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Jika kamu tertarik dengan bidang antariksa, jurusan astronomi merupakan pilihan yang tepat. Kamu akan belajar berbagai pengetahuan tentang astronomi seperti benda-benda langit, fenomena alam di luar bumi, dan lain-lain.

Berbagai kemampuan dan ilmu yang didapat di jurusan ini akan berguna di dunia kerja. Banyak lembaga yang membutuhkan ahli di bidang antariksa seperti NASA, obervatorium, LAPAN, BMKG, dan lain-lain. Tentunya, sebagai lulusan jurusan astronomi, kamu akan memiliki kesempatan kerja di berbagai lembaga bergengsi tersebut.

Ada berbagai pilihan jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Kamu bisa memilih jurusan-jurusan di atas jika ingin memiliki kesempatan kerja besar. Jurusan-jurusan tersebut telah dibuka di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kamu bisa memiliki jurusan dan kampus yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!