Pilihan Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis

oleh | Sep 29, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

Prospek Kerja Administrasi Bisnis – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia. Setiap jurusan tentunya memiliki fokus ilmu yang berbeda-beda. Melalui hal ini, mahasiswanya akan mendapatkan ilmu dan kemampuan yang sesuai dengan jurusannya sehingga bisa membantu dirinya di masa depan seperti ketika mencari kerja.

Tidak bisa dipungkiri bahwa jurusan kuliah bisa sangat menentukan jalan karier seseorang. Beberapa jurusan tertentu bahkan memiliki lulusan dengan kemampuan yang lebih spesifik. Prospek kerja ini kemudian banyak dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika seseorang memilih jurusan kuliah.

Salah satu jurusan yang cukup banyak diminati di Indonesia yaitu Administrasi Bisnis atau kadang juga disebut dengan Administrasi Niaga. Jurusan ini berada dalam rumpun ilmu Sosial dan Humaniora (Soshum). Tertarik masuk jurusan ini? Yuk, cari tahu berbagai prospek kerja jurusan Administrasi Bisnis terlebih dahulu!

Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis

Sebelum mengetahi prospek kerja Administrasi Bisnis, kamu perlu mengetahui sekilas tentang jurusan ini. Secara umum, di jurusan Administrasi Bisnis, mahasiswa akan belajar berbagai cara untuk mengelola bisnis atau perusahaan. Di sini, kamu akan mendapat ilmu seperti keahlian administrasi, keuangan, pemasaran, pengelolaan SDM, dan lain-lain.

Supaya bisa mendapatkan berbagai kemampuan tersebut, mahasiswa Administrasi Bisnis perlu mengambil berbagai mata kuliah yang relevan. Beberapa mata kuliah di jurusan ini yaitu:

  • Pengantar Bisnis
  • Organisasi Manajemen Bisnis
  • Akuntansi Biaya
  • Manajemen SDM
  • Perilaku Konsumen
  • Statistika Bisnis
  • Analisis Pasar
  • Digital Marketing
  • Periklanan
  • Investasi dan Portofolio
  • dan lain sebagainya

Baca juga Mengetahui Jurusan Kuliah Unair dan Akreditasinya.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis

prospek kerja administrasi bisnis

Lulusan Administrasi Bisnis memiliki prospek kerja yang bermacam-macam. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu akan memiliki banyak keahlian yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Beberapa pilihan karier yang dapat dipertimbangkan yaitu sebagai berikut.

Staf Administrasi

Pilihan karier yang bisa kamu ambil salah satunya yaitu bekerja di bidang administrasi perusahaan. Pilihan bidang yang ada di pekerjaan ini juga beragam mulai dari gudang, pajak, atau umum. Beberapa pekerjaan yang dilakukan sebagai staf administrasi yaitu seperti rekapitulasi data, pengelolaan bukti transaksi, mengatur surat berharga, dan lainnya.

Staf Pemasaran

Berkuliah di Administrasi Bisnis juga memungkinkan kamu untuk bisa menjadi staf pemasaran di sebuah perusahaan. Kamu akan bekerja untuk menganalisis target pasar, merencanakan strategi pemasaran, dan lain-lain. Pekerjaan ini akan berpengaruh terhadap calon konsumen sehingga sangatlah penting untuk sebuah perusahaan.

Staf HRD

Saat masih menjadi mahasiswa, kamu akan belajar tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Ilmu yang didapat kemudian bisa kamu gunakan ketika menjadi staf Human Resource Development (HRD). Bekerja di bidang ini mengharuskanmu untuk mengembangkan dan mengelola karyawan di sebuah perusahaan.

Akuntan

Ilmu pengelolaan keuangan juga akan dipelajari di jurusan Administrasi Bisnis. Jika kamu menyukai hal ini, salah satu pilihan karier yang bisa diambil yaitu dengan menjadi Akuntan. Meskipun begitu, kamu tidak bisa langsung menjadi Akuntan. Kamu perlu mengambil beberapa kursus untuk mematangkan ilmu yang telah dimiliki.

Konsultan Bisnis

Prospek kerja lulusan Administrasi Bisnis yang berikutnya yaitu menjadi Konsultan Bisnis. Bekerja sebagai Konsultan Bisnis merupakan pilihan jika kamu suka menganalisis dan memberikan nasihat kepada orang lain. Kamu akan mendapat kepercayaan klien terkait pengelolaan perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan.

Pengusaha

Berbekal ilmu yang didapatkan saat menjadi mahasiswa Administrasi Bisnis, kamu juga bisa mendirikan usaha secara mandiri. Kamu bisa menerapkan ilmu dan skill yang telah didapatkan di bangku kuliah untuk membangun bisnis di berbagai bidang. Pilihan pekerjaan ini cocok jika kamu memang tertarik untuk menjadi entrepreneur.

Ada banyak pilihan prospek kerja lulusan Administrasi Bisnis. Lulusan jurusan ini memilliki kemampuan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Kamu bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...