Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Program Studi Kedokteran di Universitas Trisakti

oleh | Mei 20, 2022 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 Komentar

Kedokteran Trisakti – Universitas Trisakti merupakan salah satu kampus swasta yang membuka fakultas kedokteran. Fakultas Kedokteran Trisakti ini telah berdiri sejak tahun 1965. Fakultas ini telah meluluskan lebih dari 6 ribu dokter yang tersebar di Indonesia dan mancanegara.

FK Trisakti berkeinginan mewujudkan visi misinya menjadi Fakultas Kedokteran yang andal, berstandar internasional, berbasis teknologi informasi, terbaik di Indonesia dan menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter Trikrama Trisakti. Fakultas Kedokteran Usakti membuka dua program studi yaitu Kedokteran dan Profesi Dokter.  

Simak lebih lengkapnya di Program Studi Kedokteran di Universitas Trisakti berikut ini.

Program Studi Kedokteran Universitas Trisakti

Program Studi Kedoketran merupakan tahap pendidikan akademik S1 yang setara dengan KKNI jenjang 6. Lulusan Program Studi Kedokteran berhak mendapat gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked.).

Kurikulum Pendidikan Tinggi dilaksanakan dengan mengutamakan Student Centered Learning (SCL) melalui metode pembelajaran “cooperative”, “collaborative learning system” and “problem based learning”. SCL bertujuan menyiapkan lulusan yang mampu menerapkan prinsip belajar sepanjang hayat (life long learning).

Kurikulum Pendidikan Tinggi FK Trisakti dijalankan dengan menggunakan strategi pembelajaran SPICES (Student centered, Problem Based Learning, Integrated, Community Based Learning, Elective or Early Clinically, Exposure, dan Sistematic Learning). Kurikulum dirancang sedemikian rupa sehingga diharapkan pembelajaran yang dilakukan berpusat pada mahasiswa (student centered).

Materi kurikulum Program Studi Kedokteran diberikan dalam satuan-satuan yang disebut modul yang merupakan integrasi ilmu biomedik, ilmu klinik dasar, ilmu klinik, ilmu kedokteran komunitas, dan ilmu-ilmu penunjang yang diberikan secara bertahap selama tujuh semester. Setiap modul memiliki bobot SKS yang telah ditentukan sehingga secara keseluruhan, mahasiswa dikatakan lulus S.Ked setelah menyelesaikan 150 SKS.

Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran pada setiap modul dilaksanakan bervariasi untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa, meliputi kegiatan tatap muka (kuliah interaktif), diskusi kelompok tutorial, pleno, praktikum, dan pelatihan keterampilan klinik dasar. Penjelasan lebih lengkap, sebagai berikut.

  • Tatap muka

Kegiatan tatap muka yang dilakukan bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami konsep belajar yang mengaitkan isi mata kuliah dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari dan memotivasi mahasiswa untuk membuat keterhubungan antara pengetahuan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Diskusi kelompok tutorial dan pleno

Dikusi kelompok tutorial adalah kegiatan yang menekankan pada student centered dan dosen berperan sebagai fasilitator (tutor). Mahasiswa dibagi dalam kelompok diskusi kecil untuk mendiskusikan pembelajaran yang dipicu oleh sebuah masalah (problem based learning/PBL).

  • Pleno atau seminar

Mahasiswa akan mempresentasikan hasil diskusi sesi 1 dan sesi 2 dihadapan teman dan 6 orang narasumber. Kegiatan ini untuk melatih berkomunikasi dan mendiseminasikan hasil pemikiran kepada orang lain.

  • Praktikum

Praktikum merupakan salah satu metode pembelajaran yang termasuk dalam simulasi. Mahasiswa dapat mengintegrasikan kemampuan kognitif, psikomotor, dan afektif serta mempermudah pemahaman materi pembelajaran.

  • Pelatihan keterampilan klinik dasar

Keterampilan klinik yang dilatih adalah kemampuan komunikasi dan anamnesis, perilaku profesional, pemeriksaan fisik, keterampilan prosedural diagnostik dan terapeutik, serta keterampilan laboratorik dasar sesuai dengan kompetensi dokter layanan kesehatan primer.

  • Tugas akhir

Tugas akhir adalah modul pada semester terakhir, sebagai persyaratan kelulusan mahasiswa pada suatu program studi. Skripsi adalah tugas akhir program studi Sarjana dengan bobot 4 SKS.

Baca juga Kedokteran UII: Jalur Masuk, Fasilitas, dan Peluang Karir

Struktur Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Kedokteran

Rumah Sakit Pendidikan

Proses pembelajaran untuk Program Studi Profesi Dokter dilakukan di RS pendidikan dan jejaring serta berbagai wahana pendidikan. FK Usakti bekerja sama dengan 12 rumah sakit pendidikan serta beberapa puskesmas untuk menjamin kepaniteraan klinis berlangsung sesuai standar nasional pendidikan kedokteran dan tidak terjadi stagnasi stase dalam prosesnya. Daftarnya sebagai berikut.

Daftar rumah sakit pendidikan

  • Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Mintohardjo
  • Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih
  • Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Dr. Esnawan Antariksa
  • Rumah Sakit Umum Daerah Karawang
  • Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon
  • Rumah Sakit Umum Kardinah Tegal
  • Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soeselo Slawi
  • Rumah Sakit Umum Daerah KRMT Wongsonegoro Kota Semarang
  • Rumah Sakit Kusta Sitanala
  • Rumah Sakit Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor
  • Rumah Sakit Jiwa DR Soeharto Heerdjan
  • Rumah Sakit Jiwa Magelang

Puskesmas wilayah DKI Jakarta

  • Puskesmas Tebet
  • Puskesmas Cilandak
  • Puskesmas Mampang Prapatan
  • Puskesmas Pasar Minggu
  • Puskesmas Jagakarsa
  • Puskesmas Pesanggrahan

Fakultas Kedokteran Negeri untuk kepaniteraan Ilmu Kedokteran Forensik

  • Fakultas Kedokteran UGM – Yogyakarta
  • Fakultas Kedokteran Undip – Semarang

Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengenal Kedokteran Unsoed dan Biaya Kuliahnya | LKBB Indonesia college - […] Program Studi Kedokteran di Universitas Trisakti […]
  2. Mengenal Program Studi Kedokteran UPH: Akreditasi, Kurikulum, Fasilitas, Biaya Kuliah dan Informasi Pendaftaran | LKBB Indonesia college - […] Baca juga: Program Studi Kedokteran di Universitas Trisakti […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!