Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Program Studi Sarjana Kedokteran di Universitas Tarumanegara

oleh | Mei 19, 2022 | Blog, Kedokteran, PTS | 0 Komentar

Kedokteran Untar – Universitas Tarumanegara merupakan kampus swasta di Jakarta yang membuka Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran Untar berdiri pada tahun 1965 telah berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan kedokteran berkualitas dengan mengedepankan dan meningkatkan kecerdasan serta kesehatan masyarakat Indonesia.

Fakultas Kedokteran Untar dalam bidang akademik telah menerapkan kurikulum berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) sebagai acuan capaian proses pembelajaran untuk menghasilkan dokter-dokter yang kompeten, profesional, dan beretika.

FK Untar menjadi salah satu fakultas kedokteran swasta favorit. Hal ini terbukti FK Untar telah terakreditasi A dan memperoleh pencapaian dalam berbagai bidang. Simak lebih lengkapnya berikut ini.

Sejarah Fakultas Kedokteran Untar

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara (FK Untar) berdiri pada 1 Oktober 1965. Gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran telah tercetus sejak 1954 oleh seorang sosiawan Perhimpunan Sosial Tjandra Naya bernama Bayumi Wahab. Dasar pertimbangan lahirnya gagasan tersebut ialah keberhasilan pendirian Rumah Sakit Sumber Waras di Jalan Kyai Tapa (dahulu Jalan Tangerang) pada tahun 1954.

Telah terpikir oleh “The Founding Fathers” bahwa kelak rumah sakit ini memerlukan tenaga dokter-dokter muda yang cakap dan tangguh untuk mengganti dokter-dokter senior, serta dapat menjadi kader yang tangguh untuk melanjutkan usaha sosial Perhimpunan Sosial “Tjandra Naya” dalam bidang kesehatan.

Langkah awal diwujudkan melalui pembentukan Panitia Persiapan Pembentukan Fakultas Kedokteran Untar yang terdiri dari Prof. Dr. Slamet Muljana (Rektor Untar saat itu), Bajumi Wahab, Dr. Lie Ging Tjwan (Dr. L. Gito Husodo), Drs. Kwee Hwat Djien, Khoe Woen Sioe, Tan Kwie Seng, R. Budi Setiawan dan Sidik Salamun).

Visi dan Misi FAKULTAS Program Studi Sarjana Kedokteran Untar

Visi

Menjadi universitas entrepreneurial unggul yang memiliki integritas dan profesionalisme di Asia Tenggara.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship (IPE).
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan tridharma bagi seluruh sivitas akademika yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship.
  • Menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ilmu, teknologi, dan seni secara berkesinambungan.
  • Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring.

Baca juga Kedokteran UAD: Sejarah, Fasilitas, Biaya, dan Seleksi Masuk

Program Studi Sarjana Kedokteran

Proses pembelajaran pada PSSK berlangsung selama tujuh semester terdiri dari dua tahap yaitu ilmu kedokteran dasar (basic medical science) dan ilmu pengetahuan klinik (clinical science). Penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut.

Ilmu kedokteran dasar bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar (generik) selama 2 semester. Sedangkan, ilmu kedokteran klinik bertujuan memberi pengetahuan tentang fungsi tubuh manusia, proses terjadinya penyakit, berbagai macam penyakit dan bagaimana cara menanggulanginya baik pada individu maupun di masyarakat dengan prinsip kuratif, promotif, dan preventif.

Kompetensi yang harus dicapai dipilah ke dalam 21 blok yang diberi nama menurut ilmu kedokteran dasar dan sistem faali tubuh manusia. Satu semester terdiri dari 3 blok dan tiap blok berlangsung selama 6 atau 7 minggu. Tiap blok terdiri dari satu sampai tiga modul pembelajaran.

21 blok di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, antara lain:

  1. Belajar Sepanjang Hayat dan Biomedik Dasar
  2. Biomedik 1
  3. Biomedik 2
  4. Biomedik 3
  5. Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Komunitas
  6. Humaniora
  7. Siklus Hidup
  8. Hematologi
  9. Imunologi
  10. Sistem Muskuloskeletal
  11. Sistem Kardiovaskuler
  12. Sistem Respirasi
  13. Sistem Gastrointestinal
  14. Sistem Hepatobilier
  15. Sistem Endokrin
  16. Sistem Urogenital
  17. Sistem Reproduksi
  18. Sistem Saraf dan Kejiwaan
  19. Sistem Pengindraan
  20. Kegawatdaruratan Medik
  21. Etika dan Hukum Kedokteran dan Ilmu Kedokteran Forensik

Selain 21 blok tersebut, mahasiswa juga harus menyusun proposal penelitian dan melakukan penelitian yang disusun dalam skripsi. Mahasiswa dinyatakan lulus PSSK bila mahasiswa telah menyelesaikan dan lulus 21 blok serta lulus sidang skripsi dan mendapat sebutan Sarjana Kedokteran. Untuk melanjutkan ke Program Studi Profesi Dokter, mahasiswa harus mengikuti dan lulus ujian OSCE (lokal).

Fasilitas

Untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran, fakultas kedokteran Untar menyediakan beberapa fasilitas, antara lain.

  • Ruang diskusi
  • Laboratorium
  • Laboratorium keterampilan/skills lab
  • Wahana pendidikan
  • Perpustakaan

Itulah Program Studi Sarjana Kedokteran di Universitas Tarumanegara. Semoga artikel di atas membantu bagi kamu yang ingin melanjutkan studi Kedokteran di Untar.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!