Prospek Kerja Jika Kamu Lulus dari Jurusan Teknik Lingkungan

oleh | Des 2, 2021 | Blog, Mata Kuliah | 2 Komentar

Prospek Kerja Teknik Lingkungan – Jurusan yang berada di lingkup teknik memang cukup populer dan banyak diminati oleh calon mahasiswa. Pasalnya, lulusan dari jurusan ini memiliki kesempatan kerja yang luas dan juga gaji tinggi.

Salah satu jurusan yang bisa kamu temukan di rumpun teknik yaitu Teknik Lingkungan. Sesuai namanya, jurusan ini fokus pada studi di bidang lingkungan. Studi di bidang ini sangatlah penting karena berhubungan langsung dengan pengelolaan lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Ada banyak hal yang akan dipelajari jika kamu berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan. Setelah lulus, ilmu yang didapat bisa diterapkan di berbagai profesi. Lalu, apa saja prospek kerja yang menanti lulusan Teknik Lingkungan? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Teknik Lingkungan?

Teknik Lingkungan adalah jurusan yang memiliki fokus studi pada alam dan lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia tanpa mengeksploitasinya. Banyak hal yang akan dipelajari di jurusan ini mulai dari pengelolaan limbah, pengelolaan sampah, kualitas air, tanah, pencemaran udara, dan lain-lain.

Di jurusan ini, mahasiswa akan menggunakan ilmu teknik untuk pengelolaan sumber daya alam sekaligus menjaganya. Supaya memiliki kemampuan ini, mahasiswa akan mendapatkan berbagai jenis mata kuliah seperti Kesehatan Lingkungan, Pengelolaan Kualitas Air, Kebijakan dan Hukum Lingkungan, Pengelolaan Sampah, dan lain sebagainya.

Baca juga 7 Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan Teknik Kimia.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan

prospek kerja teknik lingkungan

Pengelolaan lingkungan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya ahli lingkungan, ekosistem akan rusak dan bisa membahayakan semua makhluk hidup termasuk manusia. Hal ini membuat lulusan Teknik Lingkungan sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Beberapa pekerjaan yang bisa dipilih lulusan jurusan ini yaiut sebagai berikut.

Konsultan Lingkungan

Pilihan pekerjaan bagi lulusan Teknik Lingkungan yang pertama yaitu sebagai konsultan lingkungan. Sebagai konsultan, kamu akan melakukan berbagai pekerjaan seperti analisis tanah, pengelolaan limbah, pencemaran air, dan lain-lain. Jasa konsultan ini sangat dibutuhkan terutama oleh pabrik atau perusahaan yang berpotensi merusak lingkungan.

Pemelihara Kualitas Air

Sesuai namanya, pemelihara kualitas air bertanggung jawab untuk menjaga agar air memenuhi standar yang telah ditentukan. Pekerjaan ini sangat penting karena air merupakan kebutuhan primer untuk manusia. Di profesi ini, kamu bisa memilih untuk fokus pada air minum, air tanah, atau air permukaan.

Pengelolaan Limbah

Limbah produksi merupakan salah satu hal yang memiliki potensi besar untuk merusak lingkungan. Sebagai lulusan Teknik Lingkungan, kamu bisa memilih prospek kerja sebagai pengelola limbah. Pekerjaan yang dilakukan yaitu mengelola limbah seperti pembuangannya supaya tidak merusak lingkungan.

Petugas Daur Ulang

Salah satu cara yang dilakukan untuk bisa menjaga lingkungan yaitu dengan melakukan daur ulang. Seorang petugas daur ulang memiliku tugas untuk mengelola limbah atau barang habis pakai untuk didaur ulang supaya bisa difungsikan kembali. Pekerjaan ini penting untuk mengurangi limbah rumah tangga dan industri.

Petugas Konservasi Alam

Prospek kerja berikutnya bagi lulusan Teknik Lingkungan yaitu bekerja di konservasi alam. Kamu akan bekerja untuk melindungi, mengelola, dan meningkatkan kualitas lingkungan di lokasi konservasi. Selain itu, kamu juga bisa memberi rekomendasi tentang pengembangan kebijakan lingkungan terkait konservasi lingkungan tersebut.

Bekerja di Pemerintahan

Pemeliharaan lingkungan tentunya merupakan tanggung jawab banyak pihak termasuk pemerintah. Sebagai lulusan Teknik Lingkungan, kamu bisa bekerja untuk pemerintah di berbagai institusi seperti Kementertian LHK, Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, dan lain sebagainya.

Pengajar atau Dosen

Jika tertarik pada bidang akademis, prospek kerja Teknik Lingkungan yang dapat kamu pilih yaitu menjadi dosen atau pengajar. Kamu perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu S2 atau magister. Setelah itu, barulah bisa mendaftar sebagai tenaga pengajar atau dosen perguruan tinggi.

Ada banyak prospek kerja jika kamu lulus dari jurusan Teknik Lingkungan. Bidang pekerjaan yang ada sangat luas dan kamu bisa memilih profesi yang paling sesuai dengan minat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 Komentar

    • Safina Rahma

      Lulusan jurusan teknik lingkungan akan memiliki berbagai skill di bidang teknik lingkungan seperti pengelollan limbah, pengelolaan air, pengelolaan sumber daya alam, drainase, dan lain-lain sesuai dengan pembelajaran serta peminatan yang dipilih 😊

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…