Menjanjikan! Ini Dia 5 Prospek Kerja Jurusan Sains Data  

oleh | Jul 24, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja Sains Data – Dunia saat ini digadang-gadang sedang ada di era “big data” di mana segala informasi yang jumlahnya sangat besar dapat dimanfaatkan untuk berbagai pengambilan keputusan. Proses mengolah data yang besar ini tentunya butuh keahlian khususnya di bidang statistika agar data tersebut dapat bermakna. Oleh karena itu, kini profesi yang berhubungan dengan data semakin mudah dijumpai di berbagai lowongan pekerjaan. 

Untuk mendukung kebutuhan tenaga ahli di bidang statistik dan data ini, sekarang mulai banyak lembaga pendidikan mulai dari kursus, bootcamp, hingga perguruan tinggi yang membuka pendidikan sains data. Selain banyak dibutuhkan, pekerja di bidang data science juga dikenal berpenghasilan cukup tinggi. Menarik sekali, bukan?

Bagi kamu masih bingung menentukan jurusan kuliah, jurusan sains data bisa kamu jadikan pilihan, nih! Sebagai pertimbanganmu, mari simak dulu informasi dan prospek kerja jurusan sain data di sini!

Universitas dengan Jurusan Sains Data

Berikut adalah beberapa rekomendasi kampus yang memiliki jurusan sains data dan dapat kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan studi, simak!

  1. IPB University – Statistika dan Sains Data (Unggul)
  2. Universitas Airlangga – Teknologi Sains Data (Baik Sekali)
  3. Universitas Brawijaya – Sains Data
  4. Telkom University – Sains Data (Baik)
  5. Universitas Sebelas Maret – Sains Data
  6. Institut Teknologi Telkom Surabaya – Sains Data (Baik)
  7. UPN Veteran Jawa Timur – Sains Data (Baik)
  8. Universitas Negeri Surabaya – Sains Data (Baik)
  9. Universitas Sumatera Utara – Sains Data dan Kecerdasan Buatan (Baik)
  10. Universitas Teknologi Yogyakarta – Sains Data (Baik)

Baca juga: Kenalan dengan Jurusan Astronomi, Jurusan Langka di Indonesia

Prospek Kerja Lulusan Sains Data

Setelah lulus dari jurusan sains data, kamu dapat berkarir di berbagai industri atau instansi dengan profesi berikut:

1. Data Scientist

Kumpulan data yang berukuran besar dan kompleks tidaklah berarti apa-apa jika tidak bisa diinterpretasikan dengan baik. Nah, seorang data scientist-lah yang akan bertugas dalam interpretasi data-data ini nantinya. Data scientist juga bertugas dalam mengumpulkan dan menyeleksi data-data ini agar nantinya lebih mudah untuk analisis selanjutnya.  

2. Data Analyst

Profesi lainnya di bidang data science yang berperan khusus dalam analisis data yaitu data analyst. Sekilas, mungkin peran seorang data analyst mirip dengan data scientist namun data analyst lebih terbatas pada konsep pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada. Selain itu, data analyst juga biasanya bertugas untuk memvisualisasikan dan mengkomunikasikan hasil analisis data kepada para stakeholder yang bertugas dalam menentukan kebijakan. 

3. Data Engineer

Selain data scientist dan analyst, ada profesi data engineer yang juga ikut melengkapi tim yang akan memanfaatkan data yang ada di suatu perusahaan atau instansi. Berbeda dengan 2 profesi lainnya, seorang data engineer bertugas dalam mengelola dan menyimpan data yang ada. Data engineer juga berperan dalam memelihara infrastruktur dan merancang sistem penyimpanan data (database) perusahaan agar dapat diakses dan dikelola dengan baik. 

Baca juga: Banyak Dibutuhkan! Ini 7 Prospek Kerja Lulusan Teknologi Informasi dan Rentang Gajinya

4. Business Intelligence Analyst

Seorang business intelligence analyst berperan dalam menggali dan mengubah data yang dimiliki perusahaan menjadi informasi yang berarti. Secara singkat, profesi ini berperan mulai dari pengolahan, penafsiran hingga presentasi data yang dihasilkan untuk kepentingan bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, BI analyst diharuskan mempunyai kemampuan analisis, riset, pemrograman, pemahaman bisnis, visualisasi data hingga komunikasi yang baik. 

5. Machine Learning Engineer

Machine learning merupakan salah satu penggunaan ilmu kecerdasan buatan yang membuat sebuah sistem yang dapat belajar dari data yang ada. Dengan adanya aplikasi atau produk machine learning, maka data yang dimiliki perusahaan dapat diolah dan dianalisis secara otomatis yang lebih minim bantuan manusia. Berbeda dengan profesi sebelumnya, seorang ML engineer lebih berfokus menggunakan data yang ada untuk model pembelajaran mesin. 

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, profesi-profesi di atas akan semakin banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan untuk menunjang kebutuhan bisnis. Jadi, apabila ingin berkarir di bidang data science, berkuliah di jurusan sains data adalah pilihan yang tepat untuk kamu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…