Rekomendasi 5 Jurusan Teknik yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

oleh | Agu 10, 2023 | Blog, Jurusan Kuliah, Prospek Kerja | 0 Komentar

Rekomendasi jurusan teknik – Apa hal yang kamu jadikan pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah? Selain minat terhadap jurusan, kamu mungkin juga ikut mempertimbangkan peluang kerja jurusan tersebut. Tidak bisa dipungkiri, pertimbangan mengenai karir ke depannya perlu dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Sebagai salah satu rumpun ilmu yang tidak pernah sepi peminat, jurusan teknik juga menawarkan peluang karir yang tidak kalah bagusnya. Dari sekian banyak cabang jurusan yang ada di fakultas teknik, berikut beberapa rekomendasi jurusan teknik yang paling dibutuhkan di dunia kerja. 

Buat kamu berminat kuliah di jurusan teknik, simak daftarnya sampai akhirnya, ya!

Daftar jurusan teknik yang paling banyak dibutuhkan

1. Teknik Informatika

Di era serba digital saat ini, jurusan teknik informatika menjadi primadona di berbagai kampus baik negeri maupun swasta. Jurusan teknik informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan perangkat lunak, sistem komputer dan teknologi informasi. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang pemrograman komputer, desain perangkat lunak, keamanan siber, kecerdasan buatan dan banyak lagi. 

Setelah lulus, alumni teknik informatika dapat berkarir menjadi pengembang perangkat lunak (software developer), software engineer, analis data, cyber security specialist bahkan entrepreneur di bidang teknologi. Jika tertarik, kamu mengambil jurusan teknik informatika di berbagai kampus seperti ITB, UI, Unpad, UGM, Binus University, ITS dan berbagai kampus lainnya. 

2. Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil adalah bidang studi yang berfokus pada perencanaan desain, konstruksi, dan pemeliharaan berbagai infrastruktur fisik seperti gedung, jembatan, jalan hingga saluran air. Di jurusan teknik sipil, kamu akan belajar mengenai mekanika dan teknologi bahan, mekanika tanah, hidrologi, struktur beton bertulang, geometri jalan raya, sampai manajemen alat berat.

Hampir seluruh perguruan tinggi membuka jurusan teknik sipil, beberapa yang terbaik di antaranya yaitu UGM, ITB, Undip, ITS, hingga UI. Lulusan teknik sipil juga memiliki peluang kerja yang luas mulai dari insinyur konstruksi, konsultan teknik, arsitek, manajer proyek, pengembang properti, hingga bekerja di berbagai sektor pemerintahan. Menarik sekali, bukan?

3. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro merupakan salah satu disiplin ilmu yang fokus pada pengembangan, desain, analisis, hingga penerapan teknologi yang berkaitan dengan listrik, elektronika, dan komunikasi. Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini juga akan banyak berinteraksi dengan perangkat lunak simulasi dan desain, Internet of Things (IoT), hingga kecerdasan buatan. 

Berbagai kampus seperti UGM, ITB, ITS, UB, hingga Telkom University dapat kamu jadikan pilihan untuk menempuh jurusan teknik elektro. Prospek kerja yang menjanjikan juga membuat jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Setelah lulus, alumni teknik elektro dapat berkarir sebagai insinyur listrik, desainer perangkat keras, ahli elektronika, hingga spesialis jaringan di industri telekomunikasi, energi, manufaktur, dan teknologi informasi. 

Baca juga: Informasi 5 Macam Jurusan Desain dan Prospek Kerjanya

4. Teknik Mesin

Buat kamu yang tertarik dengan hal-hal mekanis dan permesinan, jurusan satu ini sangatlah tepat untuk kamu ambil. Di jurusan teknik mesin, kamu akan belajar mengenai perancangan, produksi, analisis hingga pemeliharaan peralatan mekanis. Beberapa mata kuliah yang akan kamu jumpai mulai dari mekanika, termodinamika, dinamika fluida, desain mesin, material hingga manufaktur. 

Lulusan teknik mesin dapat bekerja di berbagai industri, seperti manufaktur, otomotif, energi, dan teknologi sebagai insinyur desain, insinyur manufaktur, pengembang produk, hingga ahli perawatan peralatan industri. Beberapa pilihan kampus yang membuka jurusan teknik mesin, seperti ITS, ITB, UB, UNS, UGM, hingga UI.  

5. Teknik Kimia

Satu lagi jurusan teknik yang tak kalah populer adalah teknik kimia. Mahasiswa jurusan teknik kimia akan banyak belajar mengenai proses untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang bermanfaat melalui proses kimia dan fisika. Berbagai materi kuliah, seperti termodinamika, kinetika reaksi kimia, desain reaktor kimia, teknologi bahan, hingga analisis proses akan kamu jumpai di jurusan ini. 

Peluang karir bagi lulusan teknik kimia juga terbuka lebar, mulai dari menjadi ahli kimia, pengembang produk, insinyur proses, hingga konsultan teknik di industri kimia, farmasi, makanan, serta minyak dan gas. Kamu bisa menempuh kuliah teknik kimia di beberapa kampus terbaik seperti UI, ITB, ITS, UGM, Unand, Undip, hingga UNS. Tertarik kuliah di jurusan teknik kimia? 

Baca juga: 30 Jurusan dengan Syarat Boleh dan Tidak Boleh Buta Warna, Simak!

Selain 5 jurusan teknik di atas, jurusan lainnya tentu juga memiliki pasar dan peluangnya masing-masing. Jadi, jangan lupa juga untuk pertimbangkan aspek lainnya dalam memilih jurusan kuliah. Kalau kamu, tertarik kuliah di jurusan apa?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.