Sejarah Dan Program Studi Kedokteran UIN Malang

oleh | Mar 24, 2020 | Blog | 0 Komentar

Sejarah UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG – mempunyai cita-cita besar menjadi perguruan tinggi yang tidak saja melahirkan sosok-sosok besar seperti Al-Farabi, Al-Ghazali, Ibnu Khaldun, Ibnu Rusyd, tetapi juga sosok seperti seperti Ibnu Sina dan Ibnu Majah. Cita-cita besar pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu kesehatan ini telah tergambar pada Pohon Ilmu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dicetuskan oleh para pendiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.Proses pendirian program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ditempuh dengan jalan yang panjang dan berliku.

Dibutuhkan waktu tidak kurang tujuh tahun lamanya sejak dimulainya perencanaan pada tahun 2009 oleh prof. Dr. H. Imam Suprayogo selaku Rektor UIN Maliki Malang saat itu. Semenjak berubahnya status kelembagaan menjadi universitas pada tahun 2004 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki tugas utama untuk menyelengarakan program pendidikan tinggi bidang ilmu Agama Islam dan juga Ilmu Umum.

Mengenal Visi Misi Dan Tujuan Fakultas Kedokteran UIN Malang

Visi Fakultas Kedokteran UIN Malang – Menjadi Institusi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan terkemuka untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Penjelasan penyataan visi:

  1. Kata Terkemuka bermakna  fakultas  memiliki  reputasi  yang  baik  dalam  penyelenggaraan  tridharma  perguruan tinggi di bidang kedokteran  dan  kesehatan  di  tingkat  regional  ASEAN  pada  tahun 2030.
  2. Karakteristik 4 (empat) pilar lulusan :
    1. Kedalaman Spiritual bermakna lulusan yang berketuhanan Yang Maha Esa dan memiliki pemahaman agama yang baik serta mampu menerapkannya dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun dalam pekerjaan,
    2. Keagungan Akhlak bermakna lulusan yang berperilaku sesuai standar nilai moral yang luhur dalam pekerjaan dan bermasyarakat.
    3. Keluasan Ilmu bermakna lulusan yang memiliki wawasan keilmuan yang luas yaitu ilmu kedokteran, kesehatan maupun ilmu penunjang lainnya,

Kematangan profesional bermakna lulusan yang mampu melaksanakan pekerjaan dengan penuh tanggungjawab untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Misi Dari Fakultas Kedokteran UIN Malang

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang kedokteran dan kesehatan yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
  3. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan masyarakat melalui kegiatan pengabdian di bidang kedokteran dan kesehatan yang didasari nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa.
  4. Menyelenggarakan tatakelola fakultas berbasis good governance.

Tujuan Dari Fakultas Kedokteran UIN Malang

  1. Terciptanya suasana akademik islami yang mendorong seluruh sivitas untuk mengembangkan kemampuan diri secara optimal
  2. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
  3. Terciptanya wahana pengembangan ilmu pengetahuan yang berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat.
  4. Terwujudnya diseminasi keilmuan yang menunjang pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.
  5. Terwujudnya Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebagai institusi pendidikan bereputasi di tingkat regional

Mengenal 3 Program Studi Fakutlas Kedokteran UIN Malang

  • Program Studi Farmasi

Program Studi Farmasi didirikan berdasarkan keputusan Dirjen Pendis Nomor 2753 Tahun 2012 tanggal 17 Desember 2012. Pada mulanya Farmasi berada dibawah Fakultas Sains dan Teknologi, sejak tanggal 28 Maret 2016 Kemenristek Dikti Menerbitkan Keputusan Nomor 126//KPT/I/2016 tentang pembukaan program studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan sejak tanggal 17 Januari 2017 Farmasi secara resmi digabungkan dalam Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan dengan Keputusan Rektor UIN Malang Npmpr Un.3/PP.00.9/314/2017 tanggal 17 Januari 2017.

  • Program Studi Pendidikan Dokter

erdasarkan Keputusan Kemenristek Dikti Menerbitkan Nomor 126//KPT/I/2016 tentang pembukaan program studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Malang resmi memiliki Program Studi Pendidikan Dokter. Program Studi Pendidikan Dokter berada di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan melalui SK Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Nomor : Un.03/PP.00.9/3218/2016 tanggal 21 Juni 2016.

  • Program Studi Profesi Dokter

Meskipun Kemenristek Dikti Menerbitkan Keputusan Nomor 126//KPT/I/2016 tanggal Pada tanggal 28 Maret 2016 tentang pembukaan program studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Program Studi Profesi Dokter pada saat ini masih dalam taraf persiapan.

Informasi Kedokteran Dari Universitas Lain Tahun 2020 :

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…