Semua Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

oleh | Mar 21, 2020 | Blog | 0 Komentar

Sejarah Fakultas Kedokteran Universitas Jambi – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK UNJA) resmi berdiri pada tanggal 10 Oktober 2012 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Jambi Nomor 748/UN21/DT/2012 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pada tanggal 19 November 2012 pendirian FKIK UNJA diumumkan secara resmi oleh  Rektor Universitas Jambi bersama Gubernur Jambi dengan dihadiri oleh civitas akademika FKIK UNJA, para dekanat di lingkungan Universitas Jambi, jajaran pimpinan Rumah Sakit Pendidikan RSUD Raden Mattaher dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi serta para stake holder . Selanjutnya, pada tanggal 26 Januari 2013 dibentuklah susunan organisasi FKIK UNJA yang disahkan oleh Surat Keputusan Rektor Nomor 21/UN21/KP/2013.

Nah itu dia sejarah singkat dari Fakultas Kedokteran Universitas jambi, baca juga mengenai informasi   Jalur Masuk Kedokteran UGM dan Cara Masuk Kedokteran UAD agar teman – teman IC tau semua informasi mengenai Kedokteran Di Indonesia.

Mengenal Visi Misi Dan Tujuan Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

Visi dari UNJA ( Universitas Jambi ) adalah menjadi fakultas kedokteran yang  dan Ilmu Kesehatan yang bermutu , kompetitif dan berwawasan enterreneurship tingkat nasional.

Bermutu merupakan capaian yang dicita-citakan sivitas akademik FKIK UNJA dalam penyelenggaraan pendidikan kedokteran dan ilmu kesehatan melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga pada 2025, FKIK UNJA:

  1. Bermutu dalam pengembangan ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan  melalui pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas
  2. Bermutu dalam penelitian kedokteran dan ilmu kesehatan yang berbasis pada perkembangan ilmu kedokteran dan kesehatan, kearifan lokal dan  tanggap tehadap permasalahan masyarakat.
  3. Bermutu dalam pengabdian kepada masyarakat dengan acuan utama pada kegiatan promotif dan preventif

Visi Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

Visi dari fakultas kedokteran UNJA adalah sebagai A World Class Enterpreneurship University, untuk mewujudkan visi UNJA maka di tetapkan beberapa poin – poin berikut ini.

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada pendidikan kedokteran dan kesehatan nasional dan global berwawasan entrepeneurship sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran (Iptekdok).
  2. Melaksanakan pengembangan penelitian, penyerapan dan penerapan Iptekdok serta pengabdian kepada masyarakat dalam menunjang pembangunan daerah dan nasional.
  3. Menghasilkan Sumber Daya Manusia  ( Pendidik  dan  Kependidikan )  yang  handal  dan mampu  berkompetisi  secara  global,  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dapat mengembangkan dan menerapkan Iptekdok sesuai tuntutan layanan kesehatan dalam masyarakat dan pembangunan daerah dan nasional.
  4. Mengupayakan  memenuhi  kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dan penelitian untuk meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan standard nasional.
  5. Menyelenggarakan sistem tata kelola yang mandiri, profesional dan akuntabel dibidang pengelolaan keuangan, sumber daya manusia dan sarana prasarana

Misi Dari Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

  1. Mengupayakan dan menjamin akses pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat dengan berlandaskan pada asas kesetaraan serta layanan prima pendidikan tinggi.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Melaksanakan pendidikan berkualitas serta mengembangkan kreativitas entrepreneur sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa.
  4. Menghasilkan para lulusan entrepreneur dari berbagai bidang keilmuan yang kompetitif serta mampu mengaplikasikan ilmu sesuai bidangnya secara professional.
  5. Melaksanakan berbagai penelitian kreatif dan inovatif yang mendukung pelaksanaan pendidikan entrepreneur yang berkualitas, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.
  6. Meningkatkan standar mutu akademik yang berstandar Nasional dan Internasional.

Tujuan Dari Fakultas Kedokteran Universitas Jambi

  1. berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa;
  2. dihasilkannya lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa;
  3. dihasilkannya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Penelitian yang memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora agar bermanfaat bagi kemajuan bangsa, serta kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia; dan terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu tujuan dari Fakultas Kedokteran UNJA juga untuk menghasilkan lulusan yang bertakwapada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, profeisonal, terwujudnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pembangung iptekdok dan juga mutu pendidikan. Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang sangat berkualitas dan berdaya saing. Serta meningkatkan kualitas sistem tata kelola yang hemat dan efisien, efektif dan jua akuntabel. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas kerjasama pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mengembangkan dan juga melengkapi sarana dan prasarana infrastruktur untuk dapat menunjang kegiatan tri darma perguruan tinggi.

4 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Di Universitas Jambi

  1. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi lulusan SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun.
  2. Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing)atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
  3. Jalur SMMPTN (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama oleh Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya mengadopsi pola yang dilakukan pada jalur SBMPTN, yaitu seleksi yang berdasarkan pada hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test), atau menggunakan komputer (Computer-based Test), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.
  4. Jalur khusus Hafizd Al-Qur’an merupakan jalur khusus yang diberikan bagi lulusan yang hafiz Al- Qur’an 30 juz untuk masuk Universitas Jambi tanpa seleksi dan tes apapun dimana calon mahasiswa bisa memilih Fakultas dan Prodi manapun sesuai dengan latar belakang program studi di sekolah asal. Hal ini juga berlaku bagi calon mahasiswa yang berasal dari agama lainnya.

Baca juga informasi mengenai Beasiswa Kedokteran dari Universitas di Indonesia :

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…