Serba-serbi IUP Unair: Keuntungan, Program dan Cara Pendaftaran

oleh | Agu 25, 2020 | Blog, UNAIR | 0 Komentar

Program Sarjana S1 Internasional alias Internasional Undergraduate Program (IUP) Universitas Airlangga (Unair) merupakan jawaban atas permintaan dari pemangku kepentingan, seperti masyarakat dan para pelaku industri.

Universitas Airlangga sendiri merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Unair didirikan tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan peringatan hari pahlawan yang ke-9.

Keuntungan Masuk IUP Unair

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika diterima dalam program S1 internasional atau IUP Unair.

Salah satunya adalah, mahasiwa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi, karena program ini didukung oleh dosen-dosen yang sangat kompeten.

Selain itu, bahasa pengantar yang digunakan dalam program tersebut menggunakan bahasa Inggris. Ini tentu akan memudahkan mahasiwa jika ingin mengikuti paparan internasional atau global eksposure.

Unair sendiri mengharuskan mahasiwa dalam program ini mendapatkan global eksposure sebanyak mungkin. Adapun ekposurnya bisa berupa:

  • Mengambil program perolehan kredit, perolehan non-kredit, dan pertukaran pelajar ke luar negeri, khususnya ke universitas yang menjalin kemitraan dengan Unair. Ekposur ini khusus bagi mahasiswa yang tidak mengambil program double degree.
  • Sementara, bagi mahasiwa yang mengambil program double degree, satu gelar akan diberikan oleh Universitas Airlangga dan satu lagi dari Universitas mitra di luar negeri.

Melalui global exposure, mahasiswa akan merasakan suasana internasional dan kurikulum yang maju dan relevan.  

Unair meyakini bahwa program tersebut akan membantu mahasiwa dalam membuka wawasan dan mencapai potensi penuh mereka.

Mereka yang lulus dari program S1 internasional akan mendapatkan pengetahuan yang luas, terampil, inovatif dan percaya diri. Terlebih lagi, mereka akan selalu mengejar kesempurnaan dalam segala hal tanpa mengabaikan moralitas.

Selain itu, mahasiswa yang masuk IUP Unair akan dapat bersaing baik di tingkat nasional ataupun global. Mereka juga akan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

Lantas, Apakah Program IUP Unair Ada di Semua Fakultas?

Terkait hal ini, program S1 internasional Unair hanya tersebar di 7 dari 15 fakultas, antara lain:

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Farmasi
  4. Fakultas Psikologi
  5. Fakultas Hukum
  6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  7. Fakultas Kedokteran Hewan

Prosedur pendaftaran IUP Unair

Ada beberapa prosedur yang wajib kamu perhatikan sebelum mendaftar Internasional Program Undergraduate Universitas Airlangga, di antaranya:

  1. Sebelum anda memulai proses pendaftaran, pastikan anda sudah memiliki softcopy dari dokumen yang diperlukan
  2. Buat akun di situs https://pendaftaran.unair.ac.id/auth/registrasi
  3. Setelah mendapatkan username dan password, anda diharuskan mengakses laman https://pendaftaran.unair.ac.id/ dengan memasukkan username dan password yang sudah anda buat sebelumnya.
  4. Pilih program yang anda pilih
  5. Isi formulir pendataran
  6. Unggah dokuman yang dibutuhkan satu per Satu
  7. Cek kembali apakah file yang diunggah sudah sesuai.
  8. Unggah surat motivasi, surat kesediaan membayar, dan surat pernyataan. Terkait hal ini, anda dapat mengunduh contoh dokumen tersebut di laman https://pendaftaran.unair.ac.id/
  9. Setelah merampungkan proses di atas, Unair akan langsung memverifikasi berkas pendaftaran anda. Karenanya, anda diwajibkan menunggu proses verifikasi tersebut.
  10. Akan tetapi, jika anda melewatkan proses ini, maka anda akan dikirimi pesan atau email berisi kode voucher untuk membayar biaya pendaftaran.
  11. Setelah anda membayar biaya pendaftaran, login ke laman pendaftaran, dan masukkan pin voucher untuk mencetak kartu tes.
  12. Peserta wajib membawa kartu tes saat mengikuti ujian masuk IUP Unair. 
  13. Buka situs http://ppmb.unair.ac.id/id/category/pengumuman untuk melihat apakah anda diterima di IUP Unair atau tidak.
  14. Jika mengalami kendala selama pendaftaran, anda bisa menghubungi kantor pendaftaraan melalui sambungan telepon di (031-5956009, 031-5956010, 031-5956013 atau 031-5956027) atau email (Info@ppmb.unair.ac.id).

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...