Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Serba-serbi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

oleh | Mei 30, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran Unsyiah – Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unsyiah didirikan sebagai upaya memenuhi keinginan masyarakat Aceh untuk memiliki institusi pendidikan yang dapat menghasilkan dokter. PSPD ini sangat diminati di Unsyiah, hal ini dapat dinilai dari peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar dan diterima setiap tahun akademik.

Program studi ini masuk ke dalam Fakultas Kedokteran (FK). FK Unsyiah didirikan 1 April 1982 untuk memenuhi kebutuhan dokter, khususnya di Provinsi Aceh. Saat ini, FK USK memiliki 15 program studi, salah satunya yaitu Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD). Yuk, simak informasi lebih lengkapnya berikut ini.

Visi dan Misi Pendidikan Dokter Unsyiah

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter yang unggul, kompetitif, dan inovatif di tingkat nasional serta berwawasan global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran terpadu dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
  2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian yang inovatif dan bermutu di bidang kedokteran dan kesehatan untuk menunjang pengembangan pendidikan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora.
  4. Menyelenggarakan tata kelola fakultas yang baik (Good Faculty Governance) yang berorientasi pada mutu.
  5. Memperkuat dan memperluas jaringan kerja sama institusional baik nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan pendidikan kedokteran dan kesehatan.

Baca juga Kedokteran UIN Jakarta: Sejarah, Visi Misi, Fasilitas, dan Biaya

Program Studi Pendidikan Dokter Unsyiah

Sejak tahun 2006 sampai 2020, PSPD FK USK telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode Problem Based Learning (PBL). Pada tahun 2019 kurikulum pendidikan PSPD FK USK telah mendapatkan pengakuan kesetaraan dari Kementerian Kesehatan Thailand.

Program pendidikan Sarjana Kedokteran ini ditempuh selama 7 semester dengan beban studi 150 SKS yang dibagi dalam modul preklinik, modul blok klinik serta keterampilan medik (skill lab). Modul preklinik terdiri dari kegiatan pembelajaran kuliah pakar dan praktikum. Modul blok klinik terdiri dari kegiatan tutorial, kuliah pakar, praktikum, dan kunjungan lapangan.

Keterampilan medik (skill lab dilaksanakan di laboratorium keterampilan medik. Evaluasi/ujian modul preklinik berupa ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian progress test. Evaluasi blok klinik diadakan di setipa akhir blok, evaluasi/ujian keterampilan medik dilakukan pada akhir semester.

Aktivitas pembelajaran pada sistem perkuliahan antara lain:

  • Kuliah pakar/ceramah/tatap muka
  • Kegiatan tutorial
  • Belajar mandiri
  • Praktikum di laboratorium
  • Keterampilan medik
  • Kegiatan lapangan
  • Karya ilmiah/skripsi

Sarana dan Prasarana FK USK

FK USK memiliki beberapa fasilitas berkualitas baik untuk menunjang kegiatan perkuliahan, antara lain:

  • Ruang kuliah dan tutorial yang memadai.
  • Ruang laboratorium biomedik dan laboratorium keterampilan klinik yang memadai.
  • Perpustakaan yang secara terpusat di USK serta keberadaan unit ruang baca di FK USK dengan koleksi bahan pustaka yang sangat lengkap.
  • Prasarana untuk kegiatan kemahasiswaan dan kesejahteraan mahasiswa, meliputi lapangan olahraga, gedung student center, pusta komputer dan sistem informasi, kantin, musholla, Rumah Sakit Pendidikan (RSP) USK, bank, ATM, asrama mahasiswa, training center, dan lapangan parkir.

Profil Lulusan

  • Dokter muda
  • Peneliti
  • Penggiat komunitas
  • Pendidik akademik
  • Wirausahawan
  • Manajer bencana

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Kedokteran Unsyiah, simak Serba-serbi Pendidikan Dokter Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di atas. Semoga membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!