Siap-Siap! Pembukaan Beasiswa Kemenkes Tahun 2023

oleh | Apr 13, 2023 | Beasiswa, Blog | 2 Komentar

Beasiswa Kemenkes 2023 – Apakah kamu ingin melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan atau kamu adalah tenaga kesehatan yang sedang mencari beasiswa? Pemerintah saat ini menyediakan 2.500 beasiswa untuk lulusan SMA, mahasiswa, dokter dan tenaga kesehatan dalam dan luar negeri, lho. Program ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dokter, dokter spesialis, dan fellowship di Indonesia.

Saat ini jadwal pendaftaran memang belum tersedia informasinya, tetapi kamu bisa coba pahami terlebih dahulu persyaratan dan jenis beasiswanya, karena terdapat 5 jenis beasiswa yang tersedia.

Kira-kira beasiswa mana saja ya yang bisa kamu ikuti? Yuk, simak informasi lengkap mengenai Beasiswa Kemenkes 2023 di sini.

Baca Juga: Informasi Pendaftaran Beasiswa Irawati Puteri 2023

Beasiswa Pendidikan Bagi SDM Kesehatan

Program beasiswa ini merupakan bantuan pendidikan kepada SDM Kesehatan khususnya untuk pegawai yang berstatus PNS minimal 1 tahun agar bisa meningkatkan kualifikasi. Bantuan pendidikan yang dimaksud adalah untuk jenjang pendidikan D4, S1, S2, S3, dan Profesi.

Persyaratan

  • Usia untuk jenjang D4, S1, dan S2 adalah 45 tahun
  • Usia untuk jenjang S3 maksimal 50 tahun

Penerima bantuan beasiswa ini diberikan kepada SDMK Kementerian Kesehatan pusat maupun UPT, penerima beasiswa tugas belajar (Tubel) Kemenkes saat ini sebanyak 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia, untuk daerah prioritas sebanyak 215 kabupaten/kota dengan persebaran pendidikan peserta di 57 Institusi Pendidikan.

Pendaftaran untuk tahun 2023 telah dibuka pada tanggal 12 Januari – 17 Februari 2023.

Beasiswa Fellowship Dokter Spesialis

Peserta program beasiswa fellowship berasal dari dokter spesialis PNS dan Non PNS yang akan didayagunakan pada RS Pemerintah yang membutuhkan pelayanan Kanker, Jantung, Stroke, Uro-Nefrologi (KJSU). Terdapat 29 jenis fellowship yang akan dibuka pada tahun ini, dengan target sejumlah 170 orang yang bisa menerima beasiswa fellowship dokter spesialis. Rekrutmen untuk program beasiswa ini dibuka setiap tiga kali dalam setahun.

Beasiswa Program Afirmasi PADINAKES

Beasiswa Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan (PADINAKES) merupakan beasiswa dalam bentuk bantuan pendidikan tinggi di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) dan  untuk putra-putri Indonesia yang diutamakan dari Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan(DTPK) dan DBK, bila tidak terpenuhi asal dari DTPK dan DBK calon peserta bisa berasal dari daerah lain.

Persyaratan

  • lulusan SMA (mahasiswa 0 tahun) diutamakan dari daerah DTPK
  • mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tahun terakhir di Poltekkes Kemenkes diutamakan dari daerah DTPK

Beasiswa Program Afirmasi Dokter & Dokter Gigi

Program beasiswa ini di prioritaskan untuk daerah terpencil, perbatasan, kepulauan, daerah tertinggal, daerah bermasalah kesehatan, dan daerah prioritas yang masih kekurangan atau bahkan tidak ada dokter dan dokter gigi.

Target penerimaan peserta untuk tahun 2023 ini adalah sebanyak 800 orang peserta baru. Program beasiswa ini akan diberikan dalam bentuk biaya pendidikan, biaya hidup, biaya operasional, biaya buku atau referensi (sesuai SBM tahun berjalan), dan biaya penelitian (sesuai anggaran kemenkes). Rekrutmen program beasiswa ini dilaksanakan satu kali dalam setahun pada minggu pertama bulan Mei 2023.

Persyaratan

  • Lulusan SMA/Sederajat
  • Mahasiswa sarjana kedokteran/ kedokteran gigi
  • Mahasiswa profesi kedokteran/ kedokteran gigi

Beasiswa Dokter Spesialis-Sub Spesialis/Dokter Gigi Spesialis

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi PNS maupun Non PNS yang telah memiliki rekomendasi dari Rumah Sakit Pemerintah dan telah mendaftar di salah satu dari 16 Fakultas Kedokteran Dalam Negeri (Akreditasi A dan B) yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI.

Program beasiswa ini telah dilaksanakan dari tahun 2008 dengan total jumlah peserta hingga saat ini sebanyak 9.527 peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, terutama putra putri di daerah Papua dan Papua barat termasuk dari TNI dan POLRI. Rekrutmen untuk program beasiswa ini dibuka setiap satu kali dalam setahun.

Itulah informasi Beasiswa Kemenkes 2023, kira-kira program beasiswa mana yang bisa kamu ikuti? Jangan lupa pantau terus blog Indonesia College untuk mendapatkan update terbaru jadwal pelaksanaan Beasiswa Kemenkes 2023.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

2 Komentar

  1. NURELAH

    Assalamualaikum,,,selamat siang bapak/ibu,,perkenalkan saya NURELAH, AMKG peserta Beasiswa Pendidikan Tenaga Kesehatan, terkait pengumuman hasil atau proses tahapan upload berkas kelulusan dari kampus sudah dibuka atau sudah ada pengumuman belum? saya belum bisa mengakses kembali link pendaftaran tubel kemenkes 2023 dikarnakan masih mentenaince, sedangkan saya sudah kuliah di semester 2, tubel parsial, dalam waktu dekat saya harus mengikuti kegiatan praktek lapangan yang menharuskan cuti dari tempat saya bekerja, Mohon informasi dan arahannya untuk saya. email : nurelahrijal121@gmail.com. Terimakasih.

    Balas
    • Elly

      Untuk pertanyaan dan kendala seputar Beasiswa Pendidikan Tenaga Kesehatan dapat disampaikan secara langsung kepada pihak penyelenggara terkait (Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan) melalui email berikut: sibk@kemkes.go.id

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

4 Skill Dokter Umum yang Wajib Dikuasai

Dokter umum akan menjalani proses pendidikan panjang untuk memantapkan keterampilan dalam menangani pasien. Berikut beberapa skill dokter umum yang wajib dikuasai.