Masih Dibuka! Djarum Beasiswa Plus Khusus untuk Kamu Mahasiswa Semester 4

Masih Dibuka! Djarum Beasiswa Plus Khusus untuk Kamu Mahasiswa Semester 4

Tidak hanya calon mahasiswa baru saja yang memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa, bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, salah satunya yaitu melalui Program Djarum Beasiswa Plus. Yuk, simak informasi selengkapnya di sini.

Simak Informasi Pendaftaran Jalur Prestasi UNNES 2023 di Sini!

oleh | Apr 8, 2023 | Blog, Jalur Masuk PTN | 0 Komentar

Jalur Prestasi Unnes 2023 – Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang Jalur Prestasi merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk meningkatkan mutu mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

Jalur prestasi Unnes 2023 saat ini telah membuka pendaftarannya mulai dari 1 Maret – 9 Juni 2023, kamu bisa memilih maksimal 2 program studi yang kamu minati. Jika kamu memiliki prestasi akademik maupun non-akademik dan tertarik untuk kuliah di Unnes, simak informasi pendaftaran jalur prestasi Unnes 2023 di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 7 PTN Ini Buka Jalur Prestasi selain SNBP, Pilihan untuk Tahun 2023

Persyaratan

Persyaratan Umum

  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  3. Menandatangani di atas materai Rp 10.000 surat kesanggupan berprestasi selama masa studi yang akan dievaluasi tim.

Persyaratan Khusus

  1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:
  • Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara I (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas) minimal tingkat Provinsi dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  • Pernah menjabat sebagai KETUA OSIS/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan untuk beladiri, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, renang, e-sport dan sepak takraw yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui dan dibuktikan dengan surat pengantar oleh induk organisasi olahraga.
  • Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal terdiri 10 orang), tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek atau Kementerian lainnya yang relevan.
  • Juara olimpiade/lomba mata pelajaran yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.
  • Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbud Ristek atau Kementerian lainnya.
  • Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.
  1. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Jadwal Pelaksanaan

  1. Pendaftaran: 1 Maret – 9 Juni 2023
  2. Hasil seleksi administrasi (tahap I): 12 Juni 2023
  3. Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (bagi peserta yang dinyatakan lolos tahap I) : 17 – 18 Juni 2023
  4. Hasil seleksi Tahap II (akhir): 23 Juni 2023

Baca Juga: Ragam Jalur Prestasi UGM 2023: PBUTM, PBUB, PBUK hingga PBUSMK

Pendaftaran

  1. Membuka laman http://penerimaan.unnes.ac.id
  2. Mengisi biodata.
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk menerima kode pembayaran berupa nomor Virtual Account (VA) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2023.
  4. Memilih program studi yang diminati sesuai peminatan keilmuan di sekolah.
  5. Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan kode pembayaran nomor Virtual Account (VA) BTN dan BNI. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller, ATM, internet banking, atau Mobile banking, dengan besaran biaya sesuai dengan pilihan prodi yang diambil, yaitu:
  • Sosial Hukum/Sains Teknologi Rp300.000
  • Sosial Hukum dan Sains Teknologi Rp350.000
  • Ujian Keterampilan (bagi prodi tertentu) Rp150.000
  1. Setelah melakukan pembayaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi.
  2. Calon peserta mengunggah:
  • File hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK
  • File pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg.
  • File hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar).
  • File hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh.
  1. Calon  peserta   mengisi   formulir   pendaftaran  secara   lengkap   pada   laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan bukti prestasi yang dimiliki.
  2. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan.
  3. Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri.
  4. Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi.
  5. Mengikuti tes sesuai jadwal yang ditentukan.

Ketentuan Hasil Seleksi

  1. Lulus Ujian Tulis Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris.
  2. Kesesuaian prestasi dengan pilihan program studi dan daya tampung menjadi pertimbangan dalam proses penerimaan.
  3. UNNES memberikan penghargaan kepada calon mahasiswa yang diterima di Jalur Seleksi Mandiri Prestasi berupa keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/Kategori II dari semester 1 s.d semester 8.
  4. Peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Nasional berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/terendah per semester.
  5. Peserta peraih peringkat I olimpiade/lomba bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) dan Lomba Kompetensi Siswa (mapel produktif di SMK) tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.
  6. Peserta peraih juara I dalam bidang olahraga, seni, teknologi dan lomba bidang keagamaan tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji,  apabila diterima sebagai calon mahasiswa baru, dipertimbangkan untuk mendapat keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori II per semester.
  7. Peserta Seleksi Mandiri UNNES Jalur Prestasi yang telah dinyatakan lulus seleksi terdapat tambahan ketentuan lain, yaitu wajib melakukan registrasi administrasi (Pengumuman menyusul), tidak diperkenankan pindah ke program studi lain, dan calon mahasiswa bisa dinyatakan gugur apabila:
  • Tidak lulus SMA/MA/SMK/MAK
  • Tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan
  • Terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
  1. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman http://penerimaan.unnes.ac.id 

Itulah Informasi Pendaftaran Jalur Prestasi UNNES 2023  yang bisa kamu jadikan panduan sebelum mendaftar. Jangan lupa juga untuk pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan – persyaratan yang ada, ya.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…