Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Tahap Pendidikan, Peluang Karir, Fasilitas, dan Biaya Kedokteran Unri

oleh | Mei 28, 2022 | Blog, Kedokteran, PTN | 0 Komentar

Kedokteran Unri – Universitas Riau (UNRI) merupakan perguruan tinggi negeri di Pekanbaru. Universitas Riau saat ini memiliki 10 Fakultas salah satunya yaitu Fakultas Kedokteran. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang menawarkan prodi Kedokteran, Unri dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di Kedokteran. 

Prodi Kedokteran di Universitas Riau ini telah terakreditasi A oleh LAM-PTKes. Tahapan pendidikan dokter di FK UNRI dilaksanakan melalui kurikulum berbasis  kompetensi dengan pendekatan/strategi SPICES (Student-centred, Problem-based, Integrated, Community-based, Elective/Early, Clinical Exposure, Systematic).

Berikut informasi selengkapnya mengenai Program Studi Kedokteran Universitas Riau.

Sejarah FK Unri

Pada awalnya Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI) bernama Program Pendidikan Dokter Universitas Riau (PPD UNRI) yang memulai kegiatan proses belajar-mengajar sejak diterbitkannya Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Unri tanggal 25 September 2001.

Upaya pendirian FK Unri diawali dengan ditandatanganinya kerja sama antara UNRI dengan Kantor Wilayah Departemen Kesehatan (Kanwil Depkes) Provinsi Riau pada tanggal 26 Januari 1999. Kemudian, pada tanggal 26 Juni 1999 ditandatangani MoU kerjasama tripartid antara Pemprov Riau, UNRI, dan UNAND, khususnya FK. Lalu, tanggal 27 Januari 2000 juga dilakukan penandatanganan MoU antara UNRI dengan RSUD Provinsi Riau.

Pada tanggal 20 April 2004, Dirjen Dikti, Prof. dr. Satryo Soemantri Brojonegoro, berkesempatan langsung meninjau kampus baru dan proses penyelenggaraan pendidikan PPD UNRI menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI). Selanjutnya, dikeluarkanlah Surat Keputusan Rektor Unri tanggal 15 Desember 2004 tentang Pendidikan Fakultas Kedokteran Unri dan Surat Keputusan Rektor Unri tanggal 26 Januari 2005 tentang Pengangkatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Visi dan Misi FK Unri

Visi

Menjadi Fakultas Kedokteran berbasis riset dengan unggulan kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan di kawasan ASEAN.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan dokter yang kompeten dan bermartabat.
  2. Menyelenggarakan penelitian bermutu untuk menyelesaikan masalah kesehatan wilayah pesisir dan perbatasan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kepemimpinan dan tata kelola fakultas yang baik dan akuntabel.

Tahap Pendidikan Dokter FK Unri

Pendidikan Dokter di FK UNRI terdiri dari 3 tahap, yaitu:

  1. Tahap I Ketrampilan Generik
  2. Tahap II Ilmu – ilmu Kedokteran Dasar dan Ilmu – ilmu Kedokteran Klinik
  3. Tahap III Praktik Klinik

Pemetaan Tahapan Pendidikan di FK Unri

SemesterTemaTahap
IKeterampilan Mengajar dan HumanioraDasar-dasar Ilmu Kedokteran
IISistem Tubuh dan Keterampilan Klinik Dasar
III – VIMasalah pada Multi Sistem, ElektifTransisi Teori dan Praktik Ilmu Kedokteran Klinik
VIIEmergensi, Manajemen Kesehatan, PIP
VIIISkripsi
IX – XIIKepaniteraan KlinikPraktik Klinik

Baca juga Kedokteran Universitas Jember (UNEJ): Kurikulum, Fasilitas, Biaya Kuliah dan Beasiswa

Peluang Karir

Peluang karier untuk dokter sangat luas. Alumni PSPD FK UNRI banyak yang telah bekerja di berbagai bidang dan institusi, antara lain:

  • Dokter umum
  • Dokter spesialis
  • Dosen
  • Peneliti
  • PNS
  • Perwira karir TNI
  • Dokter perusahaan

Fasilitas

Fakultas Kedokteran Universitas Riau memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung lancarnya proses perkuliahan, antara lain:

  1. Gedung perkuliahan yang dilengkapi Ruang kelas (studio) Full AC, Ruang Tutorial, dan Ruang Skill Lab.
  2. Laboratorium
  • Lab anatomi
  • Lab patologi anatomi
  • Lab biokimia
  • Lab parasitologi
  • Lab fisiologi
  • Lab histologi
  • Lab farmakologi
  • Lab mikrobiologi
  • Lab patologi klinik
  • Lab penelitian

3. Ruang Computer Based Test (CBT)

Ruang CBT adalah ruang yang dipakai untuk test/ujian berbasis komputer. Ruang ini difasilitasi dengan 145 komputer dan Full AC.

4. Perpustakaan

Perpustakaan FKUNRI menyediakan buku kedokteran, jurnal terbitan dalam dan luar negeri, serta berbagai penelitian yang dihasilkan sejak dulu. Fasilitas ini bertambah lengkap dengan adanya koneksi internet/Wi-fi.

5. Free Wi-fi akses internet

6. Rumah Sakit Pendidikan

RSUD Arfin Achmad merupakan rumah sakit pendidikan utama FK Unri yang berstatus rumah sakit tipe B pendidikan yang telah terakdetasi, sedangkan rumah sakit jejaring FK Unri terdiri dari Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru, RSUD Bangkinang, RS Bhayangkara dan RS Dumai.

7. Fasilitas kegiatan lapangan

8. Musholla

9. Vaksinasi dan Asuransi kecelakaan

Biaya UKT Kedokteran S1 Unri

Itulah Tahap Pendidikan, Peluang Karir, Fasilitas, dan Biaya Kedokteran Unri. Semoga artikel di atas membantu kamu untuk mengetahui informasi terkait Kedokteran Unri.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!