Termasuk Sebagai Jurusan Langka, Apa Sebenarnya Kriminologi Itu?

oleh | Nov 25, 2021 | Blog, Jurusan Kuliah | 0 Komentar

Jurusan Kriminologi – Apakah kamu sering menemui film dengan tema investigasi pada kasus-kasus kejahatan? Di film-film tersebut, kamu pasti mengetahui bahwa ada pihak-pihak yang bertugas untuk melakukan investigasi seperti detektif.

Di dunia nyata, kamu tentunya juga bisa menemui investigasi kasus kejahatan. Investigasi ini tidak dilakukan oleh sembarang orang, melainkan dijalankan oleh para ahli. Jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu anggota investigasi ini, kamu bisa memilih untuk berkuliah di jurusan Kriminologi.

Kriminologi merupakan salah satu bidang studi yang berada di rumpun sosial dan humaniora atau soshum. Apa sebenarnya jurusan ini? Apa yang akan dipelajari oleh mahasiswa? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Tentang Jurusan Kriminologi

Kriminologi berasal dari dua kata dalam bahasa Latin yaitu crimen yang berarti kejahatan dan logos yang berarti ilmu. Artinya, Kriminologi adalah ilmu yang mempelahari tentang kejahatan. Pembelajaran tidak hanya dilakukan pada kejahatan yang telah terjadi, melainkan pada penyebabnya, dampak ke masyarakat, dan lain-lain.

Mahasiswa yang belajar di jurusan ini akan belajar banyak ilmu dari berbagai disiplin. Mahasiswa perlu memahami ilmu sosiologi, ekonomi, sejarah, psikologi, psikiatri, dan lain-lain untuk bisa memiliki pemahaman lebih baik tentang Kriminologi. Hal ini diperlukan karena kriminalitas tidak hanya kejahatan namun juga memiliki banyak aspek lainnya.

Pembelajaran di jurusan Kriminologi dilakukan dengan berbagai metode. Mahasiswa tidak hanya mendengarkan kuliah di kelas namun juga melaksanakan praktik bahkan kunjungan. Kamu akan berkesempatan untuk berkunjung ke penjara, olah TKP, reka ulang perkara, rekam sidik jari, dan lain sebagainya.

Baca juga Kuliah Jurusan Hukum, Apa yang Dipelajari dan Prospek Kerjanya?

Yang Dipelajari di Jurusan Kriminologi

Ilmu yang didapatkan di jurusan ini cukup beragam. Materi yang didapat tidak hanya tentang kejahatan berupa pencurian, pembunuhan, atau penculikan. Mahasiswa juga akan belajar tentang jenis kejahatan lainnya seperti terorisme, cyber crime, pelanggaran HAM, kejahatan white-collar, dan lain sebagainya.

Supaya bisa mendapatkan ilmu yang dibutuhkan, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan sesuai kurikulum. Terdapat berbagai mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa di jurusan ini. Sebagai contoh, berikut ini daftar mata kuliah Kriminologi di UIR.

jurusan kriminologi

Kampus yang Membuka Program Ini

Jurusan Kriminologi termasuk sebagai bidang studi yang langka di Indonesia. Berdasarkan catatan BAN-PT, hanya ada 3 perguruan tinggi yang membuka jurusan ini untuk jenjang S1. Kampus yang membuka program ini yaitu sebagai berikut.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan pelopor kajian kriminologi di Indonesia. Kampus ini merupakan perguruan tinggi pertama yang membuka pembelajaran kriminologi. Pendidikan pun tersedia untuk jenjang S1, S2, dan S3. Di jenjang S1 sendiri, ada 3 konsentrasi yang bisa dipilih mahasiswa yaitu:

  • Jurnalistik
  • Penegakan Hukum
  • Kejahatan Transnasional

Universitas Budi Luhur

Kriminologi Universitas Budi Luhur berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sama seperti di UI, kampus ini juga menyediakan peminatan bagi mahasiswa yaitu:

  • Kejahatan Siber
  • Jurnalistik Kriminal

Universitas Islam Riau

Perguruan tinggi lainnya di Indonesia yang membuka jurusan Kriminologi yaitu Universitas Islam Riau atau UIR. Kampus yang berada di Pekanbaru ini membuka jurusan ini dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Itulah informasi tentang Termasuk Sebagai Jurusan Langka, Apa Sebenarnya Kriminologi Itu? Meskipun langka, peminat jurusan ini cukup tinggi. Kamu bisa memilih salah satu kampus yang membuka jurusan ini jika berminat terhadap kriminologi.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…