Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Tips Manajemen Waktu Kuliah yang Bisa Kamu Ikuti

oleh | Okt 24, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Manajemen Waktu Kuliah – Apakah kamu pernah merasa tidak ada cukup waktu dalam sehari? Kita semua hanya memiliki waktu 24 jam yang sama dalam sehari, jadi mengapa beberapa orang terlihat memiliki lebih banyak waktu daripada yang lain? Jawabannya karena mereka memiliki manajemen waktu yang baik.

Manajemen waktu adalah proses pengorganisasian dan perencanaan bagaimana membagi waktu kamu antara kegiatan yang berbeda. Kemampuan untuk mengatur waktumu secara efektif adalah penting. Manajemen waktu yang baik mengarah pada peningkatan efisiensi dan produktivitas serta lebih sedikit stres.

Yuk, simak dan catat beberapa tips manajemen waktu yang baik di bawah ini.

Jangan Menunda-nunda

Ada banyak mahasiswa yang menunda-nunda dalam memulai tugas kuliah atau memahami materi kuliah. Hal ini mengakibatkan kamu malas untuk memulai. Beberapa tips untuk menghindari menunda-nunda kegiatan yang bisa kamu coba antara lain cobalah untuk terorganisasi, memperioritaskan kegiatan, menentukan tujuan, dan atur tanggal deadline.

Rencanakan ke Depan dengan Membuat Daftar Tugas

Identifikasi apa yang perlu kamu lakukan, lalu prioritaskan tugas berdasarkan waktu deadline dan berapa banyak waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikannya. Baik itu hanya daftar prioritas atau jadwal lengkap agar kamu memiliki rencana dan memastikan bahwa tahu apa yang harus dilakukan.

Baca juga Tips Mencatat Materi Kuliah yang Efektif Bagi Mahasiswa

Buat Rutinitas

Buatlah rutinitas di awal semester sehingga dapat menyesuaikannya lebih awal dan kemudian lihat apakah kamu memiliki sisa waktu untuk kegiatan yang lain. Rutinitas yang ditetapkan juga dapat membantumu mencapai hal-hal yang perlu dilakukan.

Jadwalkan Istirahat Belajar        

Bahkan mahasiswa yang paling rajin pun membutuhkan waktu istirahat untuk menyegarkan diri selama berjam-jam mengerjakan tugas kuliah. Tetapi mahasiswa harus mengambil waktu istirahat secukupnya agar dapat menyelesaikan tugas. Misalnya, kamu dapat mengatur timer dan memberimu waktu 15 menit untuk beristirahat.

Catat Tanggal Deadline

Saat kamu kuliah, kamu akan mengambil beberapa kelas sekaligus. Dalam setiap kelas, kamu memiliki tugas dan ujian dengan waktu yang berdekatan. Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah menuliskan semua tanggal deadline dalam jadwal yang jelas, misalnya di kalendar atau aplikasi di handphone. Dengan begitu, kamu bisa menjadwalkan waktu belajar dan waktu mengerjakan tugas sesuai atau sebelum tanggal deadline.

Gunakan Daftar Checklist

Kamu bisa membuat daftar checklist untuk membantu mengatur waktu dengan lebih baik saat kuliah. Di awal setiap minggu, tuliskan tugas dan projek yang akan datang untuk minggu itu. Kamu dapat memasukkan daftar checklist ini ke dalam jadwal dan memastikan bahwa tidak ada daftar yang terlupakan atau terlewatkan. Kamu bisa menchecklist satu per satu tugas atau projek yang sudah dilakukan.

Manajemen waktu mengacu pada kemampuan untuk menggunakan waktu secara efektif. Meskipun ada batasan waktu, manajemen waktu dapat membuat kamu terasa seperti ada lebih banyak waktu dalam sehari, tergantung pada bagaimana kamu menyusun jadwal. Jadi, jangan lupa simak dan catat Tips Manajemen Waktu Kuliah yang Bisa Kamu Ikuti di atas ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!