Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

Ketahui Apa Saja Jurusan Favorit yang Ada di ITS

ITS merupakan salah satu PTN favorit yang ada di kota Surabaya. Program sarjana ITS menyediakan 32 pilihan program studi dari 6 bidang fakultas. Yuk, simak apa saja jurusan favorit ITS di sini!

Tips Mencatat Materi Kuliah yang Efektif Bagi Mahasiswa

oleh | Agu 1, 2022 | Blog, Tips | 0 Komentar

Tips Mencatat Materi Kuliah – Sistem pembelajaran di perkuliahan tentunya berbeda dengan sistem pembelajaran di sekolah. Kamu dituntut untuk lebih mandiri dan inisiatif dalam belajar, terlebih dalam mencatat materi perkuliahan. Sebagai mahasiswa, membaca menjadi hal yang biasa, contoh bacaannya yaitu jurnal, buku, penelitian, dan makalah.

Apakah kamu yakin bisa memahami dan menerima pembelajaran perkuliahan dari dosen dengan baik? Sebaiknya kamu perlu membuat catatan agar tidak lupa dengan materi kuliah. Terlebih, dengan kita menulis dengan tangan membuat kita lebih mudah mengingat materi kuliah.

Dibanding mencari materi banyak di buku, catatan ini memudahkan kamu untuk mengulang materi. Sebagai mahasiswa memiliki catatan yang efektif sangat penting sekali. Yuk, ikuti tips-tips mencatat materi kuliah di bawah ini.

Gunakan warna dalam mencatat

Mencatat materi kuliah dengan warna bisa meningkatkan kinerja otak dan hasilnya kamu bisa mengingat hal tertentu dengan lebih baik. Gunakan stabilo untuk mewarnai kata kunci yang penting agar kamu bisa mengingat serta mempermudah mencari informasi saat kamu membaca ulang. Selain itu, kamu juga bisa menambah catatan poin penting di lembar kosong disebelah materi kuliah di bukumu.  

Gunakan teknik mencatat pelajaran yang cocok dengan gaya belajarmu

Untuk memaksimalkan hasil dari kegiatan mencatat materi pelajaran, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan gaya belajarmu. Kamu suka menuliskan materi kuliah yang sudah didengar atau mungkin kamu lebih suka menuliskan kembali inti penting dari materi kuliah yang sudah dibaca. Sebaiknya hal ini dipahami karena masing-masing punya teknik mencatat tersendiri dalam mencatat materi.

Kamu bisa membuat mind map

Mengkoneksikan satu topik besar ke topik yang lebih kecil. Metode ini membuat kita berpikir dari satu hal ke berbagai arah. Dengan cara kamu menuliskan topik utama kemudian membuat sub-topik dari poin penting. Hal ini bisa membuat kamu mengerti bagaimana hubungan konsep materi.

Baca juga Ini Dia Tips dan Manfaat Menjadi Mahasiswa Aktif di Kelas

Catat materi kuliah dengan fokus

Mencatat materi kuliah perlu memerlukan fokus yang baik. Jika tidak, kamu akan lebih sulit menerima dan memahami materi. Kamu perlu mengetahui cara yang tepat dan efektif bagi kamu untuk bisa meningkatkan fokus belajarmu. Diharapkan materi yang sudah kamu catat bisa dipahami dengan baik dan hasil belajarmu maksimal.

Menggunakan Metode Mencatat Cornell

Metode Mencatat Cornell ini mencatat dengan membagi tiga kolom dalam satu lembar. Metode mencatat ini membuat tulisan jadi lebih terstruktur dan rapi. Pada bagian sebelah kanan, untuk mencatat judul, topik, dan hal penting yang lain. Pada bagian sebelah kiri, untuk mencatat istilah penting atau poin utama. Lalu, kolom di bawah, untuk mencatat rangkuman atas pemahaman kamu dari materi di atas tersebut.

Mencoba Teknik Studyblr

Bagi kamu yang suka menggambar dan memiliki teknik menulis dan lettering yang bagus, metode catatan Studyblr cocok untuk kamu coba. Metode ini cukup populer di media sosial, dan banyak orang yang membagikan foto catatan mereka dengan estetik dan berwarna.

Metode mencatat ini, menulis materi dengan cara penjelasan yang singkat. Teknik ini mengedepankan visual dan warna sehingga tidak membosankan untuk dibaca. Dari catatan tersebut kamu bisa mengingat topik-topik penting.

Mendapatkan bahan materi print out

Beberapa dosen tertentu biasanya memberikan bahan materi perkuliahan print out kepada mahasiswanya. Print out ini berupa berupa teks ringkasan materi yang disampaikan dosen. Dengan mempelajari dan menelaah print out tersebut maka akan bermanfaat sebagai modal pengetahuan awal sebelum perkuliahan berlangsung. Akan didapatkan cara mencatat yang baik dan proses perkuliahan bisa lebih efektif.

Dengan memahami Tips Mencatat Materi Kuliah yang Efektif Bagi Mahasiswa di atas, semoga dapat membantu kamu dalam memahami materi perkuliahan. Semoga bermanfaat.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Kampus yang Membuka Jurusan Akuntansi, Yuk Disimak!

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu program studi yang populer di rumpun ilmu ekonomi. Hampir semua perguruan tinggi ternama membuka jurusan ini. Yuk, simak di sini daftar kampus yang membuka jurusan ini!

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jalur Masuk ITS yang Perlu Kamu Ketahui

ITS merupakan salah satu kampus yang favorit dan ternama di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di ITS, ada 4 jalur masuk yang dibuka. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Inilah Beberapa PTN yang Membuka Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan pilihan jurusan Soshum yang banyak diambil mahasiswa. Kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Manajemen? Yuk, simak beberapa PTN yang membuka jurusan Manajemen di sini!