Yuk, Cek! 10 Program Studi di UGM dengan Keketatan Tertinggi

oleh | Feb 1, 2021 | Blog, Program Studi, UGM | 0 Komentar

Ketika berbicara tentang Yogyakarta, selain tentang kekayaan budayanya, kit juga teringat mengenai sebutannya sebagai ‘Kota Pelajar’. Banyaknya institusi pendidikan serta pelajar dari luar kota yang datang merantau ke kota ini tiap tahunnya membuat Yogyakarta layak menyandang julukan tersebut.

Salah satu institusi pendidikan yang paling dikenal di Yogyakarta yaitu tentunya Universitas Gadjah Mada atau biasa disebut sebagai UGM. Kampus ini merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia. Hal ini berarti Universitas Gadjah Mada memiliki sepak terjang yang panjang sehingga menjadikannya salah satu institusi pendidikan terbaik di negeri ini.

Tidak hanya di Indonesia, UGM telah diakui secara internasional. Universitas yang terletak di Bulak Sumur ini masuk dalam daftar 500 universitas terbaik dunia versi QS World Class Rankings. Peringkat ini juga menjadikan UGM sebagai salah satu bagian dari 10 universitas top di Asia Tenggara.

Universitas Gadjah Mada memiliki banyak pilihan program studi yang terfokus ke dalam 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 sekolah pascasarjana. Di antara semua itu, program sarjana memiliki jumlah program studi terbanyak. Hal ini berarti bahwa UGM menyediakan kesempatan besar bagi siswa SMA/SMK/sederajat untuk menempuh pendidikan tinggi.

Di antara banyaknya pilihan program studi S1 yang tersedia di UGM, ada beberapa yang seleksi masuknya sangat ketat. Hal ini didasarkan pada rasio jumlah pendaftar dan kursi yang tersedia. Berikut ini daftar 10 program studi sarjana di UGM dengan keketatan tertinggi.

Ilmu Komunikasi (1:147)

Program studi yang berada dalam rumpun SOSHUM ini memang pilihan yang favorit. Tidak hanya di UGM, di universitas-universitas lain pun Ilmu Komunikasi memiliki jumlah peminat yang besar. Meskipun begitu, di UGM sendiri kuota untuk program studi ini hanya tersedia untuk 75 orang.

Hubungan Internasional (1:115)

Pada program studi ini, mahasiswa akan belajar mengenai strategi politik, ekonomi, dan kebudayaan secara internasional. Melihat prospek karir yang beragam bagi lulusan program ini, banyak orang kemudian menaruh minatnya. Di UGM, daya tampung mahasiswa untuk Hubungan Internasional yaitu 80 orang.

Manajemen (1:114)

Daya tampung untuk program studi ini yaitu sebanyak 130 orang. Bagi mereka yang lolos, akan mempelajari beragam jenis manajemen dan diharapkan untuk menguasai salah satunya. Lulusan dari program ini akan memiliki banyak kesempatan kerja seperti di instansi pemerintah, perbankan, dan lain-lain.

Kedokteran (1:114)

Program Studi Kedokteran masih menjadi pilihan favorit di rumpun SAINTEK. Dengan keketatannya yang melebihi 1:100, Universitas Gadjah Mada menyediakan kursi untuk 175 orang. Melihat perbandingan ini, bisa diketahui bahwa pendaftar Kedokteran sangatlah banyak. Jika ingin mendapat kesempatan untuk belajar di sini, kamu bisa mulai mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan mengikuti bimbingan belajar khusus kedokteran.

Manajemen dan Kebijakan Publik (1:100)

Program studi ini juga dikenal dengan Administrasi Negara. Di sini, mahasiswanya akan belajar mengenaik konsep dan model kebijakan publik. Tentunya, di program studi ini mahasiswa akan banyak mempelajari dunia politik. Di Universitas Gadjah Mada, tersedia 75 kursi bagi kamu yang tertarik untuk mendalami bidang ini.

Teknik Biomedis (1:98)

Daya tampung program studi ini di UGM hanya untuk 40 orang. Teknik biomedis sendiri merupakan ilmu irisan antara kesehatan, teknik, dan sains. Ilmu ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah keteknikan dalam bidang biologi, kedokteran, dan kesehatan.

Ilmu Komputer (1:97)

Di Universitas Gadjah Mada, Program Studi Ilmu Komputer merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Di program ini, proses pembelajaran akan didukung oleh laboratorium komputer dasar, laboratorium riset, dan berbagai perangkat yang diperlukan. Kuota untuk program studi ini sendiri yaitu sebanyak 70 orang.

Ilmu Aktuaria (1:92)

Sebagai program studi baru di Universitas Gadjah Mada, Ilmu Aktuaria sudah menggaet banyak peminat. Meski begitu, hanya tersedia 40 kursi di program studi ini. Ilmu aktuaria sendiri mempelajari tentang pengukuran dan perhitungan dampak finansial atas kejadian tidak menentu di masa mendatang.

Statistika (1:86)

Program Studi Statistika di UGM memiliki daya tampung sebanyak 60 orang. Di sini, mahasiswa akan belajar tentang ilmu dan terapan statistika, analisis serta pengolahan data, basis data, komputasi, dan hal lain yang berkaitan.

Teknologi Informasi (1:84)

Saat ini, perkembangan zaman dan kultur modern tidak jauh-jauh dari teknologi. Melihat hal ini, tidak mengherankan apabila Teknologi Informasi memiliki banyak peminat meski kursi yang tersedia hanya untuk 100 orang. Tentunya, lulusan program juga ini memiliki kesempatan kerja yang sangat besar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

Seleksi Mandiri UNY – Tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sudah mulai menerima peserta didik baru. Bagi universitas negeri, secara umum terdapat 3 jalur yang dibuka, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri....

8 Program Studi Terfavorit di UNY

8 Program Studi Terfavorit di UNY

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan...

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang kedua dimulai pada Senin, 26 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan...