Yuk, Ikuti 8 Tips Ini Supaya Lolos Seleksi CPNS!

oleh | Agu 21, 2021 | Blog, CPNS, Tips | 0 Komentar

Tips Lolos CPNS – Bisa lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tentu impian banyak masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena banyaknya keuntungan yang didapat jika berhasil menjadi pegawai negeri seperti pekerjaan yang terjamin, gaji, tunjangan, dan lain-lain.

Sebelum bisa menjadi pegawai negeri, tentunya masyarakat harus mengikuti seleksi CPNS terlebih dahulu. Seleksi ini diselenggarakan langsung oleh pemerintah dan dapat diikuti seluruh masyarakat yang memenuhi persyaratan.

Seleksi penerimaan CPNS dilakukan melalui berbagai tahapan. Secara umum, ada 3 tahapan yang harus diikuti yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Jika ingin bisa diangkat menjadi CPNS, tentu harus lolos semua tahapan seleksi tersebut.

Apakah kamu ingin lolos seleksi CPNS? Yuk, ikuti berbagai tips lolos CPNS di bawah ini!

Memilih Formasi yang Paling Sesuai

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin lolos seleksi CPNS tentunya yaitu memilih formasi dengan benar. Setiap kali penerimaan CPNS dibuka, terdapat banyak pilihan jabatan yang bisa dipilih. Kamu bisa mengecek daftar formasi tersebut dan memilih yang paling sesuai.

Beberapa cara untuk memilih formasi yang tepat yaitu:

  • Menyesuaikan dengan latar belakang pendidikan.
  • Cari nilai minimal untuk formasi yang akan dilamar.
  • Memilih yang paling sesuai dengan kemampuan.

Memperhatikan Persyaratan Instansi dengan Teliti

Tips lainnya supaya lolos CPNS yaitu dengan memperhatikan persyaratan seteliti mungkin. Setiap jabatan akan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Jika persyaratan ini tidak dipenuhi, maka peserta tidak bisa lolos seleksi CPNS.

Mengetahui persyaratan yang diajukan oleh instansi juga akan membantu kamu ketika melakukan pendaftaran. Kamu bisa menyiapkan data sesuai yang diminta. Hal ini bisa mengurangi risiko kamu untuk tidak lolos seleksi administrasi.

Mengetahui Kisi-kisi dan Passing Grade Terbaru

Bagi peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi, akan melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu SKD. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tes awal yang akan menentukan kelolosan peserta penerimaan CPNS.

Setiap penerimaan CPNS, pemerintah akan memperbaharui ketentuan terkait pelaksanaan SKD. Kamu perlu untuk update terkait informasi ini. Beberapa informasi yang tidak boleh terlewat yaitu seperti kisi-kisi ujian dan passing grade. Mengetahui kedua hal tersebut akan membantumu dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti SKD.

Banyak Latihan Soal

Tips berikutnya supaya bisa lolos seleksi CPNS yaitu dengan banyak latihan soal. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa lebih terbiasa dengan soal yang akan dikerjakan nantinya. Jika kamu sudah terbiasa, maka saat ujian tiba pun kamu bisa mengerjakan tes dengan lancar.

Selain itu, memperbanyak latihan soal juga bisa membantumu untuk mengetahui kemampuan. Jika ada materi yang kurang kamu kuasai, kamu bisa fokus latihan di bagian tersebut.

Baca juga SKD Adalah Tes Awal Seleksi CPNS, Apa Penjelasannya?

Rajin Cek Laman SSCASN

Laman SSCASN merupakan laman utama yang digunakan untuk seleksi CPNS. Segala bentuk informasi, update, atau pengumuman akan dipublikasikan melalui laman tersebut. Supaya kamu tidak ketinggalan jika ada informasi terbaru terkait seleksi, kamu harus sering membuka laman tersebut.

Melalui laman SSCASN, kamu juga akan mendapat informasi terkait jadwal dan lokasi seleksi. Informasi tersebut sangatlah krusial dan harus diketahui oleh peserta jika ingin mengikuti ujian. Jangan sampai kamu terlewat hari ujian karena tidak mengecek pengumuman di laman SSCASN.

Fokus Saat Mengerjakan Tes

Peserta seleksi CPNS akan menghadapi beberapa tes sesuai dengan ketentuan jabatan dan instansi masing-masing. Saat hari ujian tiba, kamu perlu untuk selalu fokus saat mengerjakan soal. Jangan sampai konsentrasimu terganggu sehingga kamu tidak maksimal ketika menjawab soal.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat mengerjakan tes yaitu:

  • Mengerjakan soal yang paling bisa terlebih dahulu.
  • Jangan terpaku pada satu soal saja.
  • Jangan terpengaruh oleh peserta lainnya.

Mengetahui Tes SKB Sesuai Jabatan yang Dilamar

Jika kamu dinyatakan lolos SKD, kamu akan mengikuti ujian tahap berikutnya yaitu SKB. Tes SKB untuk setiap jabatan akan berbeda-beda. Tentunya, kamu harus mengetahui tes yang akan dihadapi sebelum mengikuti ujian. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga tes bisa dilalui dengan lancar.

Berdoa dan Berserah Diri

Tips lolos CPNS yang tidak boleh kamu lewatkan tentunya adalah banyak berdoa dan berserah diri. Baik sebelum ujian ataupun setelah ujian, jangan lupa untuk terus berdoa sehingga seleksi ini bisa kamu lalui dengan lancar.

Mau lolos seleksi dan diangkat jadi CPNS? Yuk, ikuti 8 tips ini supaya lolos seleksi CPNS! Kamu bisa menerapkan tips-tips di atas supaya kesempatan lolosmu semakin tinggi. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum mengikuti ujian, ya!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!