Yuk, Intip 10 Program Studi Saintek Terketat SNMPTN 2021!

oleh | Mar 25, 2021 | Blog, Program Studi | 0 Komentar

SNMPTN 2021 – Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Indonesia yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Seleksi melalui jalur ini dilakukan secara terintegrasi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dilaksanakan dalam skala nasional.

Jalur SNMPTN selalu menjadi incaran banyak siswa. Hal ini dikarenakan jika mendaftar melalui seleksi ini maka tidak perlu mengikuti tes dan hanya perlu memasukkan nilai rapor/prestasi. Selain itu, pendaftar untuk jalur ini kuotanya dibatasi. Hanya sekian persen dari total siswa yang bisa mendaftar dan dikhususkan untuk lulusan tahun yang sama (lulusan tahun-tahun sebelumnya tidak bisa mendaftar).

Kelolosan jalur SNMPTN 2021 sudah diumumkan pada tanggal 22 Maret 2021 lalu. LTMPT pun sudah melakukan konferensi pers mengenai pelaksanaan SNMPTN tahun ini. Yuk, intip 10 program studi saintek terketat SNMPTN 2021!

Teknik Informatika Unpad

Unpad SNMPTN 2021

Program studi terketat di seleksi SNMPTN tahun 2021 diperoleh oleh Teknik Informatika Universitas Padjajaran. Melihat perbandingan antara jumlah pendaftar dan daya tampung yang tersedia, didapatkan selektivitas untuk program ini yaitu sebesar 1:100. Mahasiswa yang diterima di program studi ini akan belajar tentang dunia TI. Terdapat empat konsentrasi yang dapat dipilih, yaitu:

  1. Sistem Informasi;
  2. Jaringan Komputer dan Komunikasi Data;
  3. Sistem Cerdas dan Grafika Komputer; dan
  4. Komputasi dan Metode Numerik.

Farmasi UNS

Farmasi menjadi program studi dengan peminat yang cukup tinggi di SNMPTN 2021 ini. Seleksi terketatnya sendiri dipegang oleh Universitas Sebelas Maret dengan persaingan sebesar 1:91. Apabila diterima di Farmasi UNS, mahasiswa akan belajar mengenai obat-obatan baik herbal, jamu, ataupun kimia. Kemudian, setelah memperoleh dasar-dasarnya, mahasiswa bisa memilih melanjutkan ke konsentrasi industri atau klinik.

Keperawatan Untirta

Lulusan dari Program Studi Keperawatan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa akan memiliki beberapa kompetensi tertentu. Kompetensi yang dimaksud yaitu memberikan asuhan keperawatan, pemimpin kegiatan profesi keperawatan, pendidik kesehatan, manager praktik keperawatan, serta peneliti. Program studi di kampus yang terletak di Banten ini berhasil menjadi salah satu yang terketat di SNMPTN 2021 dengan perbandingan 1:80.

Farmasi Unsyiah

Seleksi SNMPTN 2021

Program Studi Farmasi dengan peminat terbanyak kedua di SNMPTN 2021 berada di Universitas Syiah Kuala. Program ini berhasil menarik minat banyak pendaftar sehingga keketatannya menjadi 1:79. Farmasi Unsyiah sendiri termasuk program yang terbilang baru karena baru didirikan pada tahun 2011. Saat ini, program studi ini tergabung dalam Fakultas MIPA.

Farmasi Unpad

Program studi dengan selektivitas tertinggi kelima di SNMPTN 2021 yaitu Farmasi Universitas Padjajaran. Perbandingan penerimaan dan pendaftarnya sendiri mencapai 1:77. Program studi ini telah memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Setelah menyelesaikan studi, mahasiswanya akan diberi gelar Sarjana Farmasi (S.Far.).

Baca juga Ketahui 3 Jalur Prestasi untuk Masuk UGM Ini.

Farmasi Undip

Saintek SNMPTN 2021

Farmasi di Universitas Diponegoro merupakan program studi yang masih terbilang ‘muda’. Program ini dibuka pada tahun 2016 dan menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran (FK UNDIP). Pendaftar untuk program ini cukup tinggi melihat dari keketatannya yaitu 1:75.

Mahasiswa yang belajar di sini bisa mengembangkan 4 bidang keahlian yaitu:

  1. Biologi Farmasi;
  2. Kimia Farmasi/Farmakokimia;
  3. Farmakologi dan Terapi; serta
  4. Farmasetika.

Gizi UPI

Program studi terketat di SNMPTN 2021 selanjutnya yaitu Gizi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Program ini berhasil memeperoleh keketatan penerimaan sebesar 1:70. Meskipun Gizi UPI merupakan program baru, namun pendaftarnya cukup tinggi bahkan menjadi 1 dari 2 Program Studi Gizi terketat di SNMPTN tahun ini.

Informatika Untirta

Program Sarjana Informatika di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan program studi yang baru diresmikan pada 7 Januari 2021. Walaupun masih baru, pendaftaran program ini sudah bisa melalui jalur SNMPTN. Bahkan, program ini mendapat animo pendaftar yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan keketatannya yang mencapai 1:68.

Farmasi Unnes

Universitas Negeri Semarang atau Unnes mendirikan program studi Farmasi di tahun 2019. Program ini merupakan bagian dari Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Meskipun akreditasi dari program ini masih dalam proses, namun peminatnya tetap tinggi. Pada SNMPTN 2021 ini, Farmasi UNNES berhasil menjadi salah satu program terketat dengan persaingan 1:68.

Psikologi Unpad

Program Studi Psikologi Universitas Padjajaran sudah berdiri sejak tahun 1984. Di sini, mahasiswa akan belajar tentang perilaku manusia dan proses-proses mental yang melatarbelakangi perilaku. Pemebelajarannya sendiri dilakukan selama 8 semester dengan beban studi 145 SKS.

Psikologi Unpad menjadi program studi dengan selektivitas tertinggi nomor 10 di SNMPTN 2021. Perbandingan antara daya tampung dengan pendaftarnya mencapai 1:67.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna AKPOL

Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna AKPOL

Seleksi AKPOL – Salah satu sekolah kedinasan yang menjadi incaran banyak orang yaitu Akademi Kepolisian atau biasa disingkat dengan AKPOL. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ini berada di bawah naungan Kepolisian Republik Indonesia dan diadakan guna menghasilkan Perwira...