Yuk Intip 8 Universitas Top Indonesia Tahun 2021!

oleh | Jan 28, 2021 | Blog, PTN, PTS | 0 Komentar

Setiap tahunnya, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings merilis daftar universitas-universitas terbaik dunia. Sebelumnya, pada tahun 2004-2009, lembaga publikasi ini bekerja sama dengan Times Higher Education (THE), namun sekarang mereka membuat versi masing-masing.

QS World University Rankings menggunakan beberapa indikator untuk membuat urutannya. Indikator yang dimaksud diantaranya yaitu reputasi akademik, reputasi di mata perekrut pekerjaan, mahasiswa internasional, sitasi, dan lain-lain.

Tahun 2021 ini, QS World University Rankings sudah merilis urutannya. Ada beberapa kampus di Indonesia yang masuk Top 1000, loh! Penasaran? Simak daftarnya di bawah ini!

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus yang terletak di Yogyakarta ini tentunya sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Sebagai universitas pertama yang didirikan oleh Republik Indonesia, UGM menjadi salah satu pusat studi terbaik di negeri ini.

Melalui ranking yang dirilis oleh QS World University Rankings, UGM menempati posisi pertama di region Indonesia dan urutan 254 secara internasional. Universitas Gadjah Mada sendiri meiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi, dan 1 Sekolah Pascasarjana.

Universitas Indonesia (UI)

Kampus ‘kuning’ atau UI menyabet urutan ke dua secara nasional dan menempati posisi 305 secara global. Dengan ranking ini, Universitas Indonesia mempertahankan kedudukannya sebagai satu dari tiga kampus terbaik di Indonesia.

Universitas Indonesia sendiri awalnya dibangun sebagai sebuah sekolah yang berfokus pada dunia kesehatan dan didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda. Namun, setelah Jakarta berhasil diambil alih oleh Indonesia, sekolah tersebut berganti nama menjadi Universitas Indonesia dan mulai beroperasi pada 2 Februari 1950.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Posisi ke tiga untuk universitas di Indonesia diisi oleh Institut Teknologi Bandung atau biasa disingkat ITB. Sedangkan secara global, ITB menempati peringkat 313. Hal ini didukung oleh output penelitiannya yang tergolong ‘sangat tinggi’ menurut QS World University Rankings.

Kampus utama ITB berlokasi di tempat sekolah teknik pertama di Indonesia dahulu. Institut Teknologi Bandung memiliki sejarah yang panjang. Sebelumnya, ITB merupakan bagian dari Universitas Indonesia berupa Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam. Kedua fakultas tersebut kemudian memisahkan diri dan diresmikan langsung oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga atau dikenal sebagai Unair merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya. Dulunya, kampus ini adalah cabang dari Universitas Indonesia dengan dua fakultas yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Airlangga kemudian berdiri sendiri dan diresmikan pada tahun 1954.

Berdasarkan QS World University Rankings, Unair berada di posisi 521-530. Hal ini menjadikannya sebagai universitas nomor empat di Indonesia. Urutan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 651-700 dunia.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Dilansir dari laman topuniversities.com, IPB dikenal melalui program pascasarjananya. Program tersebut memiliki studi agrikultural paling komprehensif se-Asia Tenggara. Selain itu, IPB juga memiliki institusi penelitian terbesar dengan kualitas terbaik. Hal ini juga didukung oleh banyaknya pengajar dan beragam kerja sama dengan universitas serta institusi terbaik dunia.

QS World University Rankings sendiri memasukkan IPB dalam urutan 531-540. Posisi ini menjadikan Institut Pertanian Bogor sebagai institusi pendidikan tinggi ke lima di Indonesia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada di posisi 751-800 dunia versi QS World University Rankings. Hal ini menjadikannya institusi teknik terbaik ke dua di Indonesia dan urutan ke enam secara keseluruhan.

Kampus ini didirikan pada tahun 1957 dan resmi menyandang nama ‘ITS’ pada tahun 1960. Institusi yang berada di Surabaya ini memiliki 7 fakultas dan 38 departemen. Tidak hanya itu, ITS juga memiliki laboratorium yang beragam mengikuti berbagai jurusan yang tersedia.

Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara atau BINUS merupakan satu-satunya universitas swasta di Indonesia yang masuk ke 1000 Top University Rankings versi QS, lebih tepatnya berada pada rentang 801-1000.

Kampus ini sendiri memiliki tiga jenis program kuliah yatu program reguler, daring, dan internasional. Selain itu, universitas ini juga menawarkan kuliah dengan gelar tunggal maupun ganda untuk jenjang sarjana, magister, dan kelas internasional.

Universitas Padjajaran (Unpad)

Universitas Padjajaran berada dalam rentang urutan yang sama dengan BINUS yaitu 801-1000 dunia versi QS World University Rankings. Posisi ini menjadikannya universitas terakhir dari Indonesia yang masuk ke 1000 universitas terbaik dunia.

Kampus ini berlokasi di Bandung dan resmi berdiri pada tahun 1957. Sebelumnya, Universitas Padjajaran berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dan berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum pada tahun 2014. Pada pendirian awalnya, terdapat empat fakultas di Unpad, namun kini telah berkembang menjadi 16 fakultas dan program sarjana.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

UNY Buka Seleksi Mandiri Berbagai Jalur

Seleksi Mandiri UNY – Tahun ajaran 2021/2022 akan segera dimulai. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sudah mulai menerima peserta didik baru. Bagi universitas negeri, secara umum terdapat 3 jalur yang dibuka, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri....

8 Program Studi Terfavorit di UNY

8 Program Studi Terfavorit di UNY

Prodi Terfavorit UNY – Memilih jurusan kuliah merupakan kembimbangan yang umum bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan. Berbagai pertimbangan seperti prospek kerja, tuntutan orang tua, atau kesesuaian minat merupakan aspek-aspek yang mempengaruhi pemilihan...

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

7 Tips Sukses UTBK Saat Berpuasa Ramadhan

Tips UTBK – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK gelombang kedua dimulai pada Senin, 26 April 2021. Ujian ini dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pusat tes yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan...