Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Program IISMA dan Pendaftarannya

Kampus Merdeka mempunyai beberapa program, salah satunya yaitu program IISMA. Program ini merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya. Yuk, simak lebih lengkap mengenai program IISMA di sini!

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Yuk! Mengenal Gerakan Indonesia Mengajar dan Programnya

Gerakan Indonesia Mengajar (IM) merupakan inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak info selengkapnya mengenai Indonesia Mengajar di sini!

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Merdeka Pendidikan

Beasiswa Merdeka Pendidikan merupakan program persembahan dari Kitabisa dengan membantu pelajar (SMA/SMK dan mahasiswa) aktif yang membutuhkan biaya pendidikan tambahan. Kamu tertarik untuk ikut? Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Yuk, Intip Berbagai Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan DKV!

oleh | Nov 15, 2021 | Blog, Prospek Kerja | 0 Komentar

Prospek Kerja DKV – Seni merupakan salah satu bidang yang bisa didapatkan di dunia perkuliahan. Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di bidang ini, di antaranya yaitu Desain Komunikasi Visual atau disingkat DKV. Jurusan ini termasuk salah satu program favorit di rumpun seni karena memiliki banyak peminat.

Kepopuleran jurusan DKV didasari oleh berbagai hal seperti perkembangan teknologi. Perkembangan ini membuat permintaan akan seorang ahli DKV meningkat karena setiap perusahaan membutuhkannya. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi lulusan DKV karena memiliki prospek kerja yang luas.

Keahlian dari lulusan DKV sangat dibutuhkan saat ini terutama di bidang kreatif. Apa saja pilihan pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan DKV? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Tentang Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah jurusan yang berinduk pada seni rupa. Jurusan ini lebih fokus pada pendidikan di bidang desain sebagai media penyampaian pesan kepada khalayak. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar untuk bisa membuat karya yang kreatif dan komunikatif.

Mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual tidak hanya dituntut untuk bisa menggambar. Mahasiswa juga perlu mempelajari bidang lainnya supaya bisa menghasilkan karya yang sesuai dengan tujuannya. Karya ini sendiri jenisnya bisa bermacam-macam seperti logo, poster, video, ilustrasi, dan lain-lain.

Baca juga Yuk, Cari Tahu Informasi Tentang Jurusan Arsitektur!

Prospek Kerja Lulusan DKV

prospek kerja dkv

Jurusan DKV memiliki prospek kerja yang sangat luas. Hal ini dikarenakan setiap organisasi baik pemerintah, perusahaan swasta, atau organisasi non profit, semuanya membutuhkan tenaga kerja di bidang desain. Terlebih, dengan adanya perkembangan teknologi seperti website dan media sosial.

Tingginya kebutuhan ahli di bidang desain membuat lulusan DKV memiliki kesempatan kerja yang luas, beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut.

Graphic Designer

Graphic designer atau desainer grafis merupakan pilihan pekerjaan yang populer untuk lulusan DKV. Graphic designer bertanggung jawab atas berbagai jenis desain untuk perusahaan. Seorang desainer grafis dapat bekerja secara fleksibel yaitu masuk ke perusahaan atau bekerja lepas.  

Illustrator

Menjadi illustrator juga termasuk pilihan favorit bagi lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual. Bekerja di bidang ini mengharuskan kamu untuk banyak mendesain dan menggambar. Kesempatan kerja ilustrator juga cukup tinggi. Kamu bisa bekerja untuk membuat cover buku, story board, iklan, poster, dan lain sebagainya.

Layouter

Prospek kerja DKV yang berikutnya yaitu layouter. Seorang layouter bertanggung jawab untuk mengatur tata letak dari sebuah halaman. Adanya layouter diperlukan supaya halaman bisa memiliki tampilan yang sesuai dan mudah dibaca. Layouter dapat bekerja di banyak perusahaan seperti majalah, koran, percetakan, penerbitan, dan lain-lain.

Animator

Animator merupakan pekerjaan lainnya yang bisa dipilih oleh lulusan DKV. Sesuai namanya, seorang animator bertanggung jawab untuk membuat berbagai animasi. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan terutama di industri kreatif. Kamu dapat bekerja di berbagai industri seperti film, iklan, dan televisi.

Video Editor

Bekerja sebagai video editor juga bisa menjadi pilihan untuk lulusan DKV. Di masa serba visual seperti sekarang ini, kebutuhan akan video editor sangat tinggi. Kamu bisa bekerja sesuai proyek yang diberikan. Editing yang dilakukan pun beragam seperti untuk film, video di media sosial, company profile, dan lain-lain.

Web Designer

Web designer akan membuat berbagai desain khusus untuk digunakan pada website atau situs. Seorang web designer bertugas membuat sebuah tampilan situs yang baik, informatif, dan sesuai permintaan klien. Kamu bisa bekerja sesuai proyek sebagai freelance atau bergabung dalam perusahaan untuk mengelola website milik perusahaan.

Art Director

Art director bertanggung jawab atas segala aspek seni dalam berbagai media seperti film, televisi, koran, dan majalah. Kamu akan bertugas membuat desain visual secara keseluruhan dalam sebuah proyek. Garis besar proyek yang dibuat kemudian akan dikembangkan oleh orang lain sesuai kemampuan masing-masing.

Itulah artikel Yuk, Intip Berbagai Prospek Kerja Bagi Lulusan Jurusan DKV! Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Setelah lulusn dari DKV, kamu bisa memilih pekerjaan dan perusahaan yang paling sesuai dengan minat serta kemampuan.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Yuk, Kenalan dengan Program Praktisi Mengajar!

Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemdikbudristek. Yuk, simak selengkapnya mengenai program Praktisi Mengajar di sini!

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Daftar 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

QS Asia University Rankings (QS AUR) merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Asia setiap tahunnya. Nah, artikel kali ini akan membahas daftar 15 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia menurut QS AUR 2023. Apa saja daftarnya? Simak di sini!

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

9 Jurusan Kuliah Langka yang Ada di Indonesia

Kamu sebentar lagi akan lulus sekolah menengah dan bingung akan ambil jurusan apa? Ternyata ada beberapa jurusan yang langka di Indonesia dan bisa kamu jadikan pertimbangan untuk melanjutkan studi. Apa saja daftarnya? Yuk, simak di sini!