Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!

Yuk, Ketahui Apa Saja Persiapan untuk Menjadi Mahasiswa Kedokteran!

oleh | Nov 17, 2021 | Blog, Kedokteran | 0 Komentar

Mahasiswa Kedokteran – Dokter merupakan profesi impian banyak orang. Hal ini terlihat dari animo pendaftaran untuk jurusan Kedokteran di setiap seleksi mahasiswa baru. Jurusan ini selalu masuk ke daftar program favorit di berbagai perguruan tinggi.

Bukan suatu hal yang mengejutkan jika masuk ke jurusan Kedokteran tidaklah mudah. Jurusan ini termasuk yang memiliki persaingan ketat. Tidak hanya karena pendaftarnya yang banyak, namun juga nilai saingan yang sangat tinggi.

Setelah diterima pun, mahasiswa perlu menempuh pendidikan yang tak kalah sulit. Setiap kampus pun juga memiliki standar tertentu untuk mahasiswa jika ingin melanjutkan pendidikan. Jika tidak memenuhi, mahasiswa perlu mengulang atau bahkan drop out.

Bagaimana caranya supaya sukses menjadi mahasiswa Kedokteran? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini!

Mengetahui Potensi Saingan dalam Penerimaan Mahasiswa

mahasiswa kedokteran

Hal pertama yang perlu dilakukan jika ingin mendapat pendidikan di jurusan Kedokteran yaitu mengikuti seleksi. Supaya tidak kaget dan memiliki target yang jelas, kamu perlu mengetahui perkiraan saingan penerimaan mahasiswa baru. Mengetahui hal ini akan membuatmu lebih mudah untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi.

Kamu bisa memperkirakan saingan dengan melihat tren penerimaan di tahun sebelumnya. Ketahui nilai tertinggi dan nilai terendah mahasiswa yang telah diterima di seleksi sebelumnya. Kamu pun bisa menentukan target nilai supaya bisa diterima di jurusan Kedokteran.

Rajin Belajar

Persaingan penerimaan di jurusan Kedokteran sangatlah ketat. Jika kamu ingin sukses mengiktui seleksi, kamu perli mempersiapkan diri sebaik mungkin. Buatlah jadwal belajar untuk latihan soal penerimaan mahasiswa baru.

Membiasakan diri untuk rajin belajar juga akan berguna ketika kamu sudah menjalani pendidikan. Selama di jurusan Kedokteran, kamu akan dituntut untuk mempelajari banyak materi. Jika kamu sudah terbiasa untuk belajar, kamu tidak akan kaget ketika nantinya telah menjalani perkuliahan.

Baca juga Yuk, Mengenal Kampus dengan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia!

Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

mahasiswa kedokteran

Persiapan lainnya yang harus kamu lakukan jika ingin sukses menjadi mahasiswa Kedokteran yaitu mengasah kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa ini sangat penting jika ingin bisa lancar mengikuti perkuliahan. Pasalnya, banyak materi yang menggunakan bahasa Inggris sehingga skill ini akan sangat membantumu.

Bahasa Inggris yang perlu kamu persiapkan pun tidak sekadar bahasa sehari-hari. Materi perkuliahan akan menggunakan bahasa Inggris akademis. Kamu perlu mempelajari berbagai kosa kata baru untuk bisa memahami bacaan terutama yang berkaitan dengan dunia Kedokteran.

Latihan untuk Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Dunia perkuliahan Kedokteran sangatlah sibuk. Mahasiswa tidak hanya mengikuti perkuliahan dengan tipe ceramah di kelas. Ada banyak jenis pembelajaran lain yang perlu diikuti seperti praktikum, laboratorium, dan lain sebagainya.

Supaya kamu tidak keteteran ketika nanti telah menjadi mahasiswa, kamu perlu mempersiapkan diri dengan latihan mengatur waktu. Latihan ini akan membantumu untuk bisa melakukan manajemen waktu sebaik mungkin. Hal ini tentunya akan sangat berguna ketika kamu telah menjadi mahasiswa Kedokteran yang sibuk.

Menjaga Kesehatan

mahasiswa kedokteran

Hal lain yang tidak boleh ketinggalan jika kamu ingin sukses di jurusan Kedokteran yaitu menjaga kesehatan. Kamu perlu menjaga kesehatan supaya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya kesehatan tetap terjaga seperti mengatur makan, tidur cukup, rajin olahraga, dan lain-lain.

Yuk, ketahui apa saja persiapan untuk menjadi mahasiswa Kedokteran! Kamu bisa melakukan berbagai tips di atas sebagai bentuk persiapan. Semoga tips ini membantu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Lebih Mengenal Seperti Apa Itu Jurusan Geodesi

Geodesi merupakan salah satu cabang keilmuan dengan basis ilmu matematika terapan. Kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Geodesi? Yuk, kenalan lebih jauh dengan jurusannya di sini!

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2022

Dilansir dari laman resmi Webometrics, ada beberapa PTKIN yang masuk dalam kriteria pemeringkatan per Juli 2022. Melalui pemeringkatan Webometrics, kamu bisa mengecek daftar PTKIN terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai pilihan kampus. Berikut daftarnya!

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

Beasiswa Umum LPDP: Persyaratan dan Komponen Biayanya

LPDP 2022 menawarkan 3 kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Afirmasi. Di kategori Beasiswa Umum terbagi menjadi 3 beasiswa, apa saja? Yuk, simak di sini info lebih lengkapnya!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!