6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP 2020

oleh | Jun 15, 2020 | Blog, Matra Laut | 0 Komentar

KEDINASAN PIP – bisa juga disebut dengan nama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang merupakan sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan yang berada di kota Semarang. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. PIP semarang mempunyai tujuan untuk mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan sekolah menengah dengan Jurusan Mesin/ Pelayaran untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhaan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut. Alumni dari PIP akan di sebut dengan perwira muda dan nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pelayaran disingkat S.Tr.Pel serta untuk gelar laut ANT III ( Ahli Nautika Tiingkat III ) dan ATT III (Ahli Nautika Tingkat III). Berikut adalah beberapa program studi yang di tawarkan oleh sekolah kedinasan PIP, antara lain :

  1. Nautika;
  2. Teknika;
  3. Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

Bagi kalian yang ingin masuk ke sekolah kedinasan ini sebaiknya untuk mempersiapkan diri sedini mungkin, karena setiap tahunnya sekolah kedinasan ini ramai akan para calon mahasiswa barunya. Tentu saja hal ini berdampak pada standar penerimaan mahasiswa yang akan semakin ketat guna mendapatkan perwira yang kompeten. Maka dari itu jangan biarkan ada waktu kalian yang terbuang secara percuma, gunakan sebijak mungkin.

Baca Juga Mengenai : Syarat Masuk Kedinasan STIP dan PIP

Berikut 6 Tips Sukses Masuk Kedinasan PIP Di Tahun 2020

Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa kalian ikuti untuk bisa masuk kedalam sekolah kedinasan PIP, antara lain :

  • Berdo’a kepada Tuhan YME

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi dan mencoba mendaftar ke sekolah kedinasan PIP sebaiknya untuk memulainya dengan berdo’a kepada Tuhan YME. Hal ini sangat dianjurkan untuk memberikan ketenangan batin kalian saat menghadapi tahapan tes dan seleksi di sekolah kedinasan PIP nantinya. Mintalah ridho dari Tuhan Yang Maha ESA agar kalian dimudahkan dalam segala urusan termasuk untuk masuk ke PIP nantinya. Serta jangan lupa untuk meminta ridho dari kedua orang tua kalian. Karena itu juga akan membantu kalian dalam ketenangan batin.

  • Persiapkan mental kalian

Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP merupakan sekolah kedinasan yang berbasis militer, jadi tidak ada mental anak muda seusia SMA atau setaranya lagi di sekolah kedinasan ini. Kalian sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini dengan cara hidup secara disiplin dan on time. Perubahan yang akan terasa secara perlahan yaitu terhadap mental kalian nantinya. Tentunya Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP menginginkan para calon taruna dan taruninya memiliki mental baja dan tahan banting, karena nantinya mereka akan bekerja untuk melayani masyarakat dan menjadi bagian di lingkungan masyarakat.

  • Latihan Fisik secara rutin

Seperti yang diketahui bahwa sekolah pelayaran merupakan sekolah yang berbasis militer. Setiap harinya kalian akan di latih secara keras dan rutin. Maka dari itu rajinlah untuk berolahraga secara rutin. Hal ini juga bertujuan untuk membantu kalian dalam tes kemampuan fisik di sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP. Kalian bisa mulai berlatih dengan cara melakukan lari, renang, push up, sit up, pull up dan sebagainya. Ini diperlukan, karena selain diharapkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa para calon perwira juga diharapkan memiliki kemampuan fisik yang optimal.

  • Kumpulkan Informasi sebanyak mungkin

Hal lain yang dapat membantumu adalah dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP ini. Informasi sekecil apapun akan membantu kalian pada nantinya. Disarankan untuk kalian mencari informasi di website resmi milik Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP yang mana bisa dilakukan melalui https://pip-semarang.ac.id/.

  • Persiapkan nilai sebaik mungkin sejak di bangku sekolah menengah

Nilai yang baik juga tentunya akan menjadi sebuah pertimbangan bagi Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP dalam menerima para calon mahasiswanya. Jadi apabila kalian bermaksud untuk melanjutkan studi di Politeknik Ilmu Pelayaran, sebaiknya kalian menyiapkan nilai terbaik kalian sejak berada di bangku SMA dan setaranya. Selain menyiapkan nilai Ujian Akhir yang baik kalian juga perlu mempertahankan nilai kalian yang bagus dari masuk hingga lulus dari sekolah menengah tersebut. Hal ini dikarenakan pihak PIP juga akan melihat perjuangan kalian selama di sekolah menengah tersebut. Sebaiknya kalian belajar lebih giat agar mendapatkan nilai yang bagus dan selalu bisa untuk mempertahankannya.

  • Kenali jenis tes dan tahapannya

Dengan mengetahui jenis dan tahapan tesnya tentu hal itu akan sangat membantu kalian dalam hal persiapan. Carilah informasi sebanyak mungkin, kalian juga bisa mengakses website resminya guna mendapatkan informasi secara mendetail.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...