6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru

oleh | Jun 15, 2020 | Blog, Matra Udara | 0 Komentar

KEDINASAN STPI – Saat ini Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK tengah menjadi sebuah primadona baru di kalangan muda-mudi bangsa untuk melanjutkan studi ke tahap Perguruan Tinggi. STPI ataubisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah Kedinasan STPI memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang dapat diakui secara nasional maupun internasional. Bisa melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Kedinasan STPI tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Program studi yang di tawarkan oleh Sekolah Kedinasan STPI ada 4 yaitu :

1.Jurusan Penerbangan;

Di dalam jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) perwira penerbang yang mampu bersaing secara global dan professional.

2. Jurusan Teknik penerbangan;

Jurusan teknik penerbangan menerapkan pola belajar mandiri serta pola kerja secara teliti dan mendetail kepada para tarunanya.

3. Jurusan Keselamatan Penerbangan;

Jurusan Keselamatan Penerbangan STPI menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang keselamatan.

4. Jurusan Manajemen Penerbangan.

Jurusan Manajemen Penerbangan STPI menghasilkan lulusan yang berkompeten, berdedikasi tinggi dan siap menjadi personil penerbangan yang handal dan profesional dalam bidang manajemen.

Baca juga mengenai : Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Masuk STPI

Berikut 6 Tips Sukses Masuk STPI Terbaru Di Tahun 2020

Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa kalian ikuti untuk bisa masuk kedalam sekolah kedinasan STPI, antara lain :

1.Berdo’a kepada Tuhan YME

Hal ini sangat dianjurkan untuk memberikan ketenangan batin kalian saat menghadapi tahapan tes dan seleksi di sekolah kedinasan STPI nantinya. Mintalah ridho dari Tuhan Yang Maha ESA agar kalian dimudahkan dalam segala urusan termasuk untuk masuk ke STPI nantinya. Serta jangan lupa untuk meminta ridho dari kedua orang tua kalian.

2. Persiapkan mental kalian

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI adalah sekolah kedinasan yang berbasis militer, jadi tidak ada mental anak muda seusia SMA lagi di sekolah kedinasan. Kalian sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini dengan cara hidup secara disiplin dan on time. Perubahan yang akan terasa secara perlahan yaitu terhadap mental kalian nantinya. Tentunya STPI menginginkan para calon taruna dan taruninya memiliki mental baja dan tahan banting, karena nantinya mereka akan bekerja untuk melayani masyarakat dan menjadi bagian di lingkungan masyarakat.

3. Persiapkan nilai akademik

Nilai akademik adalah salah satu hal yang harus kalian persiapkan jauh-jauh hari. Sejak mengjinjakan kaki di bangku Sekolah Menengah dan sederajatnya, sebaiknya kalian belajar yang giat agar mendapatkan nilai akademik yang tinggi dan sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak STPI.

4. Fisik

Hal ini juga bertujuan untuk membantu kalian dalam tes kemampuan fisik di sekolah kedinasan STPI. Kalian bisa mulai berlatih dengan cara melakukan lari, renang, push up, sit up, pull up dan sebagainya. Ini diperlukan, karena selain diharapkan mempunyai kecerdasan yang luar biasa para calon perwira juga diharapkan memiliki kemampuan fisik yang optimal.

5. Carilah Informasi sebanyak mungkin

Hal lain yang dapat membantumu adalah dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin mengenai Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI ini. Informasi sekecil apapun akan membantu kalian pada nantinya. Disarankan untuk kalian mencari informasi di website resmi milik Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI melalui http://stpicurug.ac.id/

6. Kenali jenis tes dan tahapannya

Berikut adalah beberapa jenis tes dan tahapannya yang perlu kalian ketahui :

  • Tes TPA (Tes Potensi Akademik), Tes Akademik ini adalah tes yang menguji tentang pengetahuan kalian yang diajarkan pada saat di bangku SMA atau sederajatnya.  Pengetahuan yang di uji di tes akademik ini adalah Fisika, Matematika, Bahasa Inggris dan Psikotes.
  • Tes Psikotes Tes ini adalah tes yang paling lama durasi pengerjaannya, dan paling menguras otak, dan sedikit membosankan. Sebaiknya kalian mulai berlatih cara menangani tes ini dari ahlinya.
  • Tes Kesamaptaan, Tes ini bisa juga disebut dengan Tes Fisik. Karena di tes ini yang diuji adalah fisik kalian. Mulailah untuk rajin berolahraga sejak dini agar melatih tubuh dan stamina kalian. Kalian bisa melakukannya dengan berlari, berenang, sit up, push up dan lainnya.
  • Tes Wawancara, Seperti halnya tes wawancara lainnya, di tes ini kalian tidak perlu terlalu tegang. Karena ketakutan kalian bisa menjadi kelemahan kalian di tes ini.
  • Tes Kesehatan Tes Kesehatan ini dibagi menjadi di dua tempat. Pertama, kalian akan menjalankan tes di Balai Kesehatan Penerbangan Indonesia Kemayoran dan yang ke dua kalian akan menjalankan tesnya di Gedung Granadi letaknya di depan Departemen Kesehatan.
  • Tes Bakat Terbang / Aptitude Test, Tes Bakat Terbang/Aptitude Test ini adalah tes terakhir yang akan kalian hadapi. Di dalam tes ini kalian akan di karantina kurang lebih selama satu minggu dan akan di beri arahan yang mendetail mengenai tes ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Apa Itu Akreditasi Perguruan Tinggi?

Akreditasi Perguruan Tinggi – Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seseorang tentu ingin mendapatkan yang terbaik. Mulai dari pendidikannya, kurikulum, lingkungan kampus, sampai kualitas lulusannya. Semua hal tersebut sebenarnya sudah...

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Kuliah di Telkom University Bisa Pakai Jalur Beasiswa

Beasiswa Telkom University – Melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut terkadang menjadi beban untuk sebagian orang. Biaya besar yang perlu dikeluarkan bukan lagi sebuah hal baru. Calon mahasiswa harus mengeluarkan banyak uang mulai dari mengikuti seleksi sampai lulus...

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

Yuk, Cari Tahu 5 Jalur Reguler SMB Telkom University!

SMB Telkom University – Telkom University merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Kampus yang terletak di Jawa Barat ini dinobatkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai PTS terbaik di Indonesia....

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY: Ada Berbagai Jalur Tes dan Non Tes

PMB UMY – Salah satu universitas swasta di Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY kembali membuka penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Seleksi tersebut terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi mahasiswa UMY asalkan memenuhi persyaratan...