Ayo Lanjut Kuliah ke 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia!

oleh | Feb 11, 2021 | Blog, PTS | 0 Komentar

Salah satu lembaga yang membuat peringkat universitas-universitas dunia yaitu Cybermetrics Lab. Lembaga ini membuat Webometrics Rankings of World Universities yang selalu memperbaharui peringkatnya.

Cybermetrics Lab dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif pada konten internet dan web yang terkait dengan proses generasi dan komunikasi dari pengetahuan ilmiah. Hal ini adalah sebuah disiplin ilmu baru yang selama ini disebut sebagai Cybermetrics atau Webometrics.

Lembaga penelitian tersebut merupakan sebuah institusi penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIS), sebuah badan penelitian terbesar di Spanyol. CSIC memiliki tujuan utama yaitu mempromosikan penelitian ilmiah untuk memajukan keilmiahan dan teknologi negara sebagai bentuk kontribusi peningkatan kesejahteraan warganya.

Melalui daftar peringkat Webometrics, dapat dilihat peringkat universitas-universitas di Indonesia secara internasional. Berikut daftar 10 universitas swasta terbaik di Indonesia sesuai dengan Webometrics Rankings of World Universities.

Bina Nusantara University (BINUS)

Berdasarkan ranking Webometrics, Bina Nusantara University atau BINUS merupakan universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas ini bernaung di bawah lembaga pendidikan dengan nama yang sama. Sebelumnya, kampus ini merupakan sebuah institusi pelatihan komputer yang kemudian berkembang menjadi universitas pada tahun 1996.

Universitas ini menyelenggarakan 3 tingkatan pendidikan yaitu sarjana, magister, dan doktor. Selain itu, terdapat pula perkuliahan yang dilaksanakan secara daring, kelas internasional, dan program Master Track. Hal ini menjadikan BINUS sebuah universitas yang menyediakan banyak pilihan pendidikan.

Telkom University (Tel-U)

Telkom University merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Universitas ini dibentuk dari gabungan 4 institusi di bawah Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom.

Kampus ini menyelenggarakan 27 program studi yang dikelompokkan ke dalam 7 fakultas. Kemudian, terdapat pula berbagai fasilitas pendukung seperti laboratorium, studi, bengkel, pusat bahasa, dan lain-lain untuk menunjang aktivitas perkuliahan.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Terbentuknya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dimulai dari sebuah gagasan yang akhirnya berhasil direalisasikan pada tahun 1981. Kampus yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini menjunjung nilai-nilai Islami dan Muhammadiyah dalam lembaganya. Selain menyelenggarakan kuliah S1 Reguler, di sini juga terdapat program vokasi, pascasarjana, dan kelas internasional.

Universitas Gunadarma (Gundar)

Sebelum menyandang nama universitas, dulu, Universitas Gunadarma merupakan Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang didirikan pada tahun 1981. Kemudian, kampus ini berubah menjadi STMIK Gunadarma pada tahun 1985. Setelah itu, kembali mengalami pergantian nama yaitu menjadi STIE Gunadarma di tahun 1990.

Setelah melewati sejarah yang panjang, Universitas Gunadarma kemudian diresmikan pada tahun 1996. Kini, kampus yang berpusat di Depok, Jawa Barat ini sudah semakin berkembang dan memiliki 15 kampus yang tersebar di berbagai kawasan.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan dulunya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1994 barulah disahkan menjadi UAD. Seiring perkembangannya, UAD tidak hanya berfokus di ilmu pendidikan. Kini, terdapat 11 universitas, 1 program vokasi, 1 program pascasarjana, dan 1 program profesi di UAD.

Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)

Universitas Dian Nuswantoro merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Dian Nuswantoro. Sekolah yang dimaksud yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Bahasa Asing, dan Sekolah Tinggi Kesehatan.

Ke empat sekolah tinggi tersebut kemudian berubah menjadi fakultas-fakultas yang tergabung dalam UDINUS. Selain itu, dibentuk pula satu fakultas baru yaitu Fakultas Teknik dan 1 Program Pascasarjana.

Universitas Narotama (UNNAR)

Pendirian Universitas Narotama diprakarsai oleh sekelompok dosen dan tokoh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menampung para lulusan SLTA yang tidak masuk ke PTN maupun PTS lainnya terutama di wilayah Surabaya. Kini, UNNAR telah memiliki 4 fakultas dengan 8 program studi.

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Universitas Kristen Satya Wacana sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tahun 1956 dan menjadikan UKSW sebagai salah satu universitas swasta tertua di Indonesia.

Di UKSW, terdapat 14 fakultas yang menyediakan program pendidikan baik tingkat sarjana maupun magister/doktor. Selain itu, terdapat pula sekolah-sekolah laboratorium dari setingkat PAUD hingga SMP.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Cikal bakal pendirian Universitas Islam Indonesia yaitu sidang umum Masjoemi pada tahun 1945. Lewat pertemuan itu, didirikanlah Sekolah Tinggi Islam dan kemudian berkembang menjadi UII pada tahun 1947.

Pada awal berdirinya, UII hanya memiliki 4 fakultas yaitu, Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi. Kemudian, saat ini sudah berkembang menjadi 8 fakultas dan 1 program internasional.

Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana didirikan pada tahun 1981 dengan nama Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD). Kemudian, berubah menjadi Universitas Mercu Buana pada tahun 1985. Awalnya, hanya terdapat 3 fakultas di sini yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi.

Kini, jumlah fakultas dan program studi di Universitas Mercu Buana semakin bertambah. Tidak hanya itu, telah diselenggarakan pula program magister dan doktor.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Jurusan PGSD!

Jurusan PGSD – Ada banyak jurusan kuliah yang tersedia di Indonesia dengan fokus pendidikan yang berbeda-beda. Fokus yang bermacam-macam ini disesuaikan dengan kebutuhan lulusannya sebagai tenaga ahli. Salah satu fokus ilmu yang ada di dunia perkuliahan yaitu...

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Mengenal Kelas Internasional di UII Yogyakarta

Kelas Internasional UII – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat dilakukan dengan mengikuti program perkuliahan di universitas. Program pendidikan yang bisa diikuti tidaknya kelas reguler, namun ada juga program lainnya seperti kelas ekstensi dan...

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Kampus Swasta Terbaik – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan pilihan banyak orang selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas. Pendidikan ini bisa didapat dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Di Indonesia sendiri, banyak yang...