Kelebihan Kedinasan IPDN Yang Harus Diketahui

oleh | Jun 3, 2020 | Blog | 0 Komentar

KEDINASAN IPDN – Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kini Perguruan Tinggi Kedinasan menjadi primadona baru dikalangan muda-mudi tanah air. Salah satu keunggulan dari sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan ialah mereka dinilai mampu untuk memberikan jaminan prospek kerja yang bagus saat para pelajarnya lulus. Tentu hal ini dapat memikat para generasi muda untuk memilih Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK sebagai pilihan untuk melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi. Maka dari itu melanjutkan studi ke sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan adalah sebuah pilihan terbaik. Seperti halnya kalian melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN.

IPDN atau dengan nama lain bisa disebut dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sebuah lembaga Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada dalam lingkungan Kementrian Dalam Negeri. Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN setiap tahunnya mencetak alumni yang siap untuk menjadi kader pemerintah yang akan di tempatkan di pusat ataupun daerah. Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN ini memiliki beberapa kampus yang tersebar di penjuru negeri, diantaranya adalah :

  1. IPDN Kampus Sumatera Utara
  2. IPDN Kampus Sumatera Selatan
  3. IPDN Kampus Sumatera Barat
  4. IPDN Kampus Papua
  5. IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat
  6. IPDN Kampus Riau
  7. IPDN Kampus Kalimantan  Barat
  8. IPDN Kampus Jakarta

Kini IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri menjadi salah satu Perguruan Tinggi Kedinasn atau PTK favorit karena kualitas dan prospek pekerjaan yang akan didapatkan oleh para alumninya. Terlepas dari itu menjadikan persaingan untuk masuk ke IPDN setiap tahunnya semakin ketat.

Berikut Kelebihan Kedinasan IPDN Yang Harus Kalian Ketahui

Sudah sewajarnya kita untuk melihat kelebihan suatu lembaga sebelum bergabung dengannya. Untuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN sendiri memiliki beberapa kelebihan yang tidak dapat kamu lewatkan begitu saja. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) antara lain :

  • Gratis biaya dan dapat Uang tunjangan setiap bulannya

Seperti halnya Sekolah Kedinasan lainnya, Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN juga membebaskan biaya perkuliahannya (SPP per semester dan UKT) yang nantinya akan ditanggung oleh Pemerintah sepenuhnya. Jadi kalian tidak perlu repot-repot memikirkan biaya kuliah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN ini. Kalian juga nantinya akan menerima uang tunjangan atau uang saku setiap bulannya apabila status kalian sudah menjadi Praja di IPDN. Uang tersebut diberikan oleh pihak kampus sebagai salah satu bonus untuk para Prajanya.

  • Boarding School fasilitas lengkap

Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN merupakan Sekolah Kedinasan yang menerapkan sistem asrama untuk para prajanya. Fasilitas di  Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN juga lumayan lengkap. Ada dua jenis tempat tinggal di Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN, yaitu model barak dan model flat. Model barak itu seperti ruangan besar dan dipisahkan hanya dengan sekat-sekat yang tak terlalu tinggi. Sedangkan model flat adalah tempat tinggal dengan model per kamar dan kamar mandi di setiap kamarnya. Fasilitas ini tentuya sebagai penunjang para prajanya agar nyaman untuk tinggal dan menempuh masa pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN.

  • Bekerja sebagai kader Pemerintah

Menjadi alumni dari Perguruan Tinggi Kedinsan (PTK) IPDN adalah sesuatu yang sangat membanggakan tentunya. Lulusannya akan bekerja sebagai kader-kader Pemerintah yang nantinya akan di tempatkan di pusat maupun daerah. Tentunya hal ini sangat menggiurkan bagi setiap orang. Setelah lulus kalian bisa bekerja di Pemerintahan dan di jamin oleh Negara tentunya.

  • Menjadi Pegawai Negeri

Bekerja di kader Pemerintah tentunya akan menjadikan kalian sebagai seorang Pegawai Negeri secara otomatis. Hal ini yang akan kalian dapatkan apabila bisa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN tentunya. Terlebih gaji yang akan kalian dapatkan tidaklah tergolong kecil. Yang perlu kalian lakukan adalah masuk dan menyelesaikan studi selama kurang lebih 4 tahun di Perguruan Tinggi Kedinasan IPDN ini.

  • Memiliki kebanggan tersendiri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN merupakan salah satu Sekolah Kedinasan favorit di Indonesia. Tentunya untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan ini membutuhkan perjuangan yang extra. Setiap tahunnya IPDN menerapkan proses seleksi yang ketat guna memperoleh calon Praja yang dapat bekerja secara optimal nantinya. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa apabila kalian bisa masuk dan lulus dari IPDN akan menjadi suatu kebanggan tersendiri di diri kalian nantinya.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips Suskes Lolos Seleksi AKPOL | LKBB Indonesia college - […] Kelebihan Kedinasan IPDN Yang Harus Diketahui […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Pilihan untuk melanjutkan studi selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas terkadang bukan milik semua orang. Banyak juga yang tidak segera menyandang gelar ‘mahasiswa’ setelah lulus SMA. Hal ini tentunya merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, terkadang...

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Politeknik Pelayaran atau POLTEKPEL Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan berfokus pada bidang pelayaran. POLTEKPEL Surabaya dibangun guna memenuhi...

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satu pilihan yang diambil oleh banyak orang yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, tersedia dua kelompok pilihan studi bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yaitu...