Kelebihan Masuk IUP UGM Yang Harus Di Ketahui

oleh | Jun 8, 2020 | Blog | 6 Komentar

IUP UGM – International Undergraduate Program atau biasa disebut juga dengan nama IUP merupakan sebuah program Internasional di Universitas Gadjah Mada. Dalam beberapa tahun ini Universitas Gadjah Mada atau UGM telah berhasil mendapatkan izin untuk membuka beberapa Kelas Internasional di Universitasnya. Ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara kelas Internasional dan kelas reguler, diantaranya adalah pertama kelas Intenasional IUP UGM menggunakan standar Internasional dalam pembelajarannya.

Kedua Kelas Internasional IUP UGM menggunakan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris dalam proses pembelajarannya, hal ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dari luar negeri dalam memahami pelajaran. Ketiga adalah biaya yang di kenakan untuk kelas Internasional tentu akan sedikit lebih mahal dari pada kelas reguler. Keempat adalah lingkungan pembelajaran yang akan kalian dapatkan nantinya tentu berbeda dengan kelas reguler, kalian akan benar-benar mendapatkan lingkungan seperti perkuliahan di luar negeri.

Berikut adalah beberapa daftar fakultas ataupun program studi di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memiliki kelas Internasional, diantaranya adalah :

  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas ini memiliki 3 program studi IUP, yaitu IUP Manajemen, IUP Akuntansi, dan IUP Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Hukum, Fakultas ini memiliki 1 program studi IUP, yaitu IUP Hukum.
  • Fakultas Kedokteran, Fakultas ini memiliki 1 program studi IUP, yaitu IUP Pendidikan Kedokteran.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas ini memiliki 2 program studi IUP, yaitu IUP Ilmu Komputer dan IUP Ilmu Kimia.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas ini memiliki 2 program studi IUP, yaitu IUP Manajemen Kebijakan Publik dan IUP Hubungan International.

3 Kelbihan IUP UGM Yang Harus Anda Ketahui Sekarang Juga

Ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan apabila bisa masuk dan lulus dari International Undergraduate Program atau IUP UGM. Berikut adalah beberapa kelebihan dari IUP UGM yang bisa kalian jadikan motivasi, diantaranya adalah :

1.Double Degree

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang mengikuti Kelas Khusus Internasional akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan dua buah gelar sekaligus atau bisa deisebut dengan double degreee. Gelar pertama yang akan didapatkan pastinya adalah gelar dari Universitas Gadjah Mada dan gelar kedua dari Universitas mitra luar negeri yang telah bekerjasama dengan IUP UGM. Tentunya dua buah gelar ini didapatkan dengan masa tempuh studi kurang lebih selama 4 tahun saja. Kalian tentunya akan diuntungkan apabila memmiliki gelar double degree, kalian akan mudah dalam mencari suatu pekerjaan yang terkait karena kemampuan kalian tidak perlu di pertanyakan lagi dan juga kalian akan mudah dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan gelar double degree dalam kurun waktu 4 tahun adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan, karena normalnya membutuhkan waktu lebih dari 4 tahun.

2. Jaringan yang luas

International Undergraduate Program atau IUP UGM merupakan suatu kesempatan emas bagi kalian yang ingin mempunyai koneksi yang luas hingga ke berbagai penjuru dunia. Dengan mengambil International Undergraduate Program kalian tentu bisa memperluas jaringan kalian, kalian bisa memanfaatkannya sebagai media mencari pekerjaan, pertemanan, sosial atau pembelajaran. IUP UGM sendiri mempunyai jaringan yang amat luas hingga ke berbagai negara dan Universitas favorit di seluruh negara. Para mahasiswa di International Undergraduate Program atau IUP UGM akan mendapatkan kesempatan untuk mengenal bahkan berpartisipasi dalam berbagai event di kampus mitra luar negeri. Tentu hal ini menjadi moment yang langka untuk di lewatkan begitu saja.

3. Prospek pekerjaan

Menjadi alumni dari salah satu International Undergraduate Program atau IUP UGM merupakan suatu kebanggaan tersendiri. kalian tidak perlu repot-repot untuk memikirkan prospek pekerjaan yang terkait dengan jurusan yang kalian ambil. Akan ada banyak perusahan baik pemerintah maupun swasta yang akan menawarkan kalian sebuah pekerjaan dengan gaji yang lumayan banyak. Tidak mentup kemungkinan juga akan ada perusahaan asing yang menawarkan kalian sebuah pekerjaan. Kalian bisa memanfaatkan gelar yang kalian miliki, khususnya gelar double degree, kalian juga bisa menggunakan nama Universitas Gadjah Mada sebagai bentuk penunjang dalam melamar suatu pekerjaan. Kualitas skill atau kemampuan yang dimiliki oleh para alumni IUP UGM juga tidak bisa diragukan, karena mereka telah menyelesaikan masa pendidikannya yang mana berstandar Internasional. Mereka juga telah menyelesaikan pendidikan di dua negara yang berbeda, tentu skill yang mereka miliki berbeda dari mahasiswa yang berada di kelas reguler.

6 Komentar

  1. Made Gunarta Suweta

    Untuk Fakultas kedokteran, UGM bermitra dengan universitas apa saja dan dari negara mana? De web tidak menyebutkan dengan jelas universitas mitranya. Thanks.

    Balas
    • Santi

      Utk Fakultas Psikologi apakah ada program double degreenya?

      Balas
      • Safina Rahma

        Untuk saat ini, IUP Psikologi UGM menyediakan program student exchange. Jika ingin mengetahui program studi yang menyelenggarakan double degree bisa baca brosur IUP UGM ini, ya.

        Balas
  2. Verma

    Apakah ketika mengambil kuliah di luar negerinya akan dikenakan biaya tambahan lagi?

    Balas
    • Safina Rahma

      Iya, biayanya disesuaikan dengan universitas yang dituju ☺

      Balas

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alasan Penting Memilih IUP Hukum UGM | LKBB Indonesia college - […] Kelebihan Masuk IUP UGM Yang Harus Di Ketahui […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar di S1 Paralel UI

Pilihan untuk melanjutkan studi selepas lulus dari Sekolah Menengah Atas terkadang bukan milik semua orang. Banyak juga yang tidak segera menyandang gelar ‘mahasiswa’ setelah lulus SMA. Hal ini tentunya merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, terkadang...

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Mengenal Berbagai Program Studi di POLTEKPEL Surabaya

Politeknik Pelayaran atau POLTEKPEL Surabaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan dan berfokus pada bidang pelayaran. POLTEKPEL Surabaya dibangun guna memenuhi...

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Perbedaan Mendasar Kuliah Jenjang D1, D2, D3, D4, dan S1

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satu pilihan yang diambil oleh banyak orang yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, tersedia dua kelompok pilihan studi bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yaitu...