Kenali 4 Cara Mudah Masuk IUP Kedokteran Unair

oleh | Agu 31, 2020 | Blog, Kedokteran, UNAIR | 0 Komentar

Internasional Undergraduate Program (IUP) atau pogram sarjana S1 internasional telah menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Perlu diketahui, program studi kedokteran di FK Unair adalah salah satu yang tertua di Indonesia. Kualitas dan reputasinya yang tinggi sudah dijaamin dan diakui baik secara nasional mapun internasional.

Bagi yang memiliki cita-cita menjadi dokter handal, IUP Kedokteran Unair dapat menjadi solusi. Sebab ditempat ini, kamu akan memiliki kesempatan mendapatkan exposure internasional melalui program pertukaran pelajar dan meraih double degree dengan universitas mitra di luar negeri. 

Keuntungan Masuk IUP Kedokteran Unair

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika diterima dalam program S1 internasional atau IUP Kedokteran Unaiir

Salah satunya adalah, mahasiwa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi, karena program ini didukung oleh dosen-dosen yang sangat kompeten.

Selain itu, bahasa pengantar yang digunakan dalam program tersebut menggunakan bahasa Inggris. Ini tentu akan memudahkan mahasiwa jika ingin mengikuti paparan internasional atau global eksposure.

Unair sendiri mengharuskan mahasiwa dalam program ini mendapatkan global eksposure sebanyak mungkin. Adapun ekposurnya bisa berupa:

  • Mengambil program perolehan kredit, perolehan non-kredit, dan pertukaran pelajar ke luar negeri, khususnya ke universitas yang menjalin kemitraan dengan Unair. Ekposur ini khusus bagi mahasiswa yang tidak mengambil program double degree.
  • Sementara, bagi mahasiwa yang mengambil program double degree, satu gelar akan diberikan oleh Universitas Airlangga dan satu lagi dari Universitas mitra di luar negeri.

Melalui global exposure, mahasiswa akan merasakan suasana internasional dan kurikulum yang maju dan relevan. 

Unair meyakini bahwa program tersebut akan membantu mahasiwa dalam membuka wawasan dan mencapai potensi penuh mereka.

Mereka yang lulus dari program S1 internasional akan mendapatkan pengetahuan yang luas, terampil, inovatif dan percaya diri. Terlebih lagi, mereka akan selalu mengejar kesempurnaan dalam segala hal tanpa mengabaikan moralitas.

Selain itu, mahasiswa yang masuk IUP kedokteran Unair akan dapat bersaing baik di tingkat nasional ataupun global. Mereka juga akan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

Karenanya, berhasil masuk IUP unair merupakan suatu kebanggan, baik diri sendiri maupun orang tua. Selain itu, jalan untuk menjadi tenaga medis yang kompeten juga semakin terbuka lebar.

4 Cara Mudah Masuk IUP Kedokteran Unair

Agar lolos seleksi dan diterima di program sarjana S1 internasional, simak empat tips mudah masuk IUP kedokteran Unair L

  1. Latihan Soal TOEFL

Persiapan pertama sebelum mengikuti seleksi IUP kedokteran Unair adalah berlatih soal-soal latihan TOEFL, mengingat pengantar dalam program tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, latihan TOEFL akan sangat membantu dalam meningkatkan skill bahasa Inggris.

Asal tau saja, dalam seleksi masuk IUP Unair terdapat tes TOEFL dan juga sebagain besar tahapan tesnya baik itu TOEFL ataupun interview menggunakan bahasa inggris.

Tak hanya itu, nilai skor TOEFL minimal agar kamu dapat di terima di program sarjana S1 internasional FK Unair adalah 550, angka yang cukup besar untuk skor TOEFL.

Jadi akan lebih baik jika kamu menyiapkan bekal di bidang bahasa Inggris terlebih dahulu dengan mencoba mengerjakan soal-soal latihan TOEFL ataupun mencoba practice bahasa Inggris.

2. Pahami Jenis Tesnya

Tips kedua adalah memahani jenis tes yang akan dihadapi saat mengikuti seleksi. Langkah ini akan mempermudah jalan kamu untuk di terima di program sarjana S1 internasional.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin soal jenis tes yang akan kalian hadapi dan juga mulailah mencari contoh-contoh soal dari jens tes tersebut.  

Akan tetapi pada umumnya, materi tes IUP FK Unair adalah sebagai berikut:

  • Tes TOEFL
  • Tes potensi akademik (TPA) dalam bahasa Inggris
  • Interview dalam bahasa Inggris. 2

3. Latihan Wawancara dalam Bahasa Inggris

Tips lainnya yakni mencoba berlatih wawancara atau interview menggunakan bahasa Inggris. Terkait hal ini, kamu bisa berlatih bersama denagn temanmu yang lebih mahir untuk melatih agar kemampuan speaking dan hearing-mu dapat meningkat.

Selain itu, kamu juga bisa berlatih di depan cermin untuk melatih kepercayaan diri. Dengan begitu kamu tidak akan ragu-ragu dan lancar dalam menjawab pertanyaan ketika sedang di-interview.

Pada dasarnya, pertanyaan interview saat seleksi IUP Kedokteran Unair dapat berupa:

  • Why do you choose IUP Medicine Unair?
  • What is your motivation?
  • Why do you choos Unair?
  • What are you going to do when you are not accepted?

4. Berdoa Kepada Tuhan YME

Perlu diketahui, berdoa kepada Tuhan yang baik tidak hanya dilakukan pada saat setelah tes saja, namun juga wajib dipraktikkan sebelum tes.

Dengan banyak berdoa kepada Tuhan, jalan untuk masuk program sarjana S1 internasional Fakultas Kedokteran Unair akan semakin terbuka lebar, sebab Tuhan sangat menyayangi orang-orang yang ingat dan meminta tolong kepada Nya.  

Demikianlah 4 cara mudah masuk IUP kedokteran Unair. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi IUP Kedokteran unair.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Beragam Informasi Terkait Kedokteran UGM

Kedokteran UGM – Universitas Gadjah Mada atau UGM masih menjadi incaran banyak masyarakat Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Sebagai institusi pendidikan berbentuk universitas, terdapat berbagai program studi yang dibuka oleh UGM. Kampus yang terletak di Bulaksumur...