Kenapa Sih Banyak Orang Memilih Sekolah Kedinasan?

oleh | Jan 28, 2021 | Blog | 0 Komentar

Setelah selesai mengenyam pendidikan selama 12 tahun, salah satu hal yang menjadi kegalauan para lulusan SMA adalah kelanjutan studi. Para siswa dihadapkan oleh banyaknya pilihan. Tentunya, hal ini tidak bisa diputuskan secara impulsif karena menyangkut masa depan.

Di Indonesia, terdapat banyak pilihan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Selain masuk ke universitas, salah satu pilihan yang selalu ramai peminat yaitu sekolah kedinasan. Perguruan Tinggi Kedinasan atau disingkat PTK sendiri merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah lembaga pemerintahan tertentu.

Terdapat beragam sekolah kedinasan di Indonesia yang memiliki konsentrasi berbeda. Beberapa namanya tentu sudah tidak asing lagi seperti STAN, STIS, IPDN, STSN, STIN, dan masih banyak lagi.

Apakah kalian masih ragu untuk memilih antara melanjutkan studi ke PTN atau PTK? Ini beberapa alasan memilih sekolah kedinasan adalah pilihan yang tepat.

Prospek Kerja Jelas

Langsung mendapat kerja setelah lulus tentunya menjadi impian banyak orang. Salah satu alasan utama orang-orang banyak mengincar sekolah kedinasan yaitu kepastian mendapatkan kerja. Para lulusan PTK tidak akan merasa khawatir menjadi pengangguran karena selepas dinyatakan lulus, para siswa akan ditempatkan di berbagai lokasi sesuai dengan kebutuhan lembaga yang bersangkutan.

Mengikuti hal tersebut, lulusan sekolah kedinasan dengan pekerjaan tetap akan mendapatkan gaji yang tidak sedikit. Kemudian, mereka juga memiliki perkembangan karir yang jelas.

Kesempatan Mendapatkan Pendidikan Gratis

Masalah biaya merupakan hal krusial ketika memilih studi lanjutan. Tidak hanya memikirkan biaya awal, pendidikan tinggi juga mengharuskan kita untuk mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit selama masa pendidikan, terlebih ketika memilih jurusan dengan banyak praktikum.

Siswa yang bersekolah di PTK tidak perlu khawatir perihal biaya. Hal ini dikarenakan banyak sekolah kedinasan yang menawarkan sekolah gratis yang artinya selama menempuh masa pendidikan, siswa tidak perlu membayar uang satu peser pun!

Ringannya biaya pendidikan di sekolah kedinasan ini menjadi poin kelebihan yang penting. Bagi siswa yang ingin meringankan beban orang tua, memilih PTK merupakan sebuah pilihan tepat.

Banyak Praktik dan Terjun ke Lapangan

Belajar sebuah ilmu dengan cara mempraktikkannya membuat kita lebih mudah untuk memahaminya. Jika berkesempatan untuk menjadi siswa di sekolah kedinasan, hal ini akan sering kamu lakukan.

Berbagai permasalahan terkait dengan keilmuan yang dipelajari akan dipecahkan bersama-sama dengan para pengajar melalui kegiatan praktik. Tidak hanya itu, kegiatan ini pun juga dibimbing oleh para tenaga pengajar profesional yang telah dipilih oleh lembaga tempatmu belajar. Tentunya ilmu yang akan didapatkan akan lebih mendalam.

Belajar Disiplin

Sudah menjadi rahasia umum apabila di PTK, sikap disiplin adalah satu hal yang sangat dijunjung tinggi. Tidak hanya sekolah kemiliteran seperti AKMIL yang menekankan hal ini, PTK lain seperti STAN pun melakukan hal yang sama. Sikap disiplin sangat perlu untuk ditanamkan kepada para siswa, karena lulusan-lulusan dari PTK akan memiliki tanggung jawab yang besar.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan pendidikan di sekolah kedinasan, jangan pernah sepelekan aturan kedisiplinan ini, ya! Hukuman yang diberikan bukan hanya potong poin atau dijemur di lapangan, melainkan langsung drop out alias dikeluarkan.

Kesempatan Mengabdi Kepada Negara dan Bangsa Indonesia

Para lulusan dari sekolah kedinasan akan mendapat pekerjaan di lembaga terkait. Hal ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia. Mengabdi kepada negara merupakan suatu hal yang mulia karena dapat memberikan pelayanan kepada ‘seluruh’ rakyat. Terlebih karena mereka telah mendapat berbagai keuntungan seperti sekolah gratis serta pekerjaan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

Universitas Indonesia atau UI menawarkan berbagai program studi di Kelas Khusus Internasional (KKI). Terdapat 15 program yang dapat dipilih dan 7 diantaranya merupakan bagian dari Fakultas Teknik UI. Program kelas internasional di FT UI dibuat guna memberi kesempatan...

8 Tips Hadapi UTBK 2021

8 Tips Hadapi UTBK 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan tes yang penting dilakukan bagi siapa pun yang ingin masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari ujian yang diprakarsai oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini digunakan sebagai bentuk seleksi ketika...

Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTN

Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTN

Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), besaran biaya kuliah bagi setiap mahasiswa ditentukan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Melalui sistem ini, biaya yang perlu dibayar tiap semester terbagi dalam beberapa kelompok. Penentuan kelompok ini sendiri...

Ikuti Tips-tips Ini Supaya Lancar Mengerjakan Psikotes

Ikuti Tips-tips Ini Supaya Lancar Mengerjakan Psikotes

Salah satu tahapan yang perlu dilalui ketika melamar pekerjaan adalah uji psikotes. Tidak jarang pula uji psikotes dilakukan lebih dari sekali sehingga didapat hasil yang lebih maksimal. Proses ini dilakukan oleh banyak perusahaan guna menyaring pelamar-pelamar yang...

Besaran Biaya Kuliah IUP UGM

Besaran Biaya Kuliah IUP UGM

Universitas Gadjah Mada atau lebih akrab disapa UGM, membuka banyak kesempatan bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Selain melalui Program S1 Reguler dan Sekolah Vokasi, UGM juga membuka International Undergraduate Program (IUP) atau...