Mengenal Program Studi Teknik Sipil Pertahanan AKMIL

oleh | Feb 29, 2020 | Blog | 0 Komentar

Pada kesempatan kali ini admin akan menuliskan sebuah artikel mengenai Program Studi AKMIL. Mungkin ada di antara teman – teman IC yang ingin mendaftar atau bergabung AKMIL akan tetapi bingung mau memilih program studi apa karena bingung belum mengetahui semua informasi nya. Di sini kami akan memberikan penjelasan mengenai  visi dan misi dari Program Studi Teknik Sipil Pertahanan yang di miliki AKMIL. AKMIL ( Akademi militer ) merupakan sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat di kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. AKMIL mencetak perwira TNI Angkatan Darat.

Secara organisasi, AKMIL berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Darat yang di pimpin oleh seorang Gubernur Akademi Militer yang pada saat itu di jabat oleh “Mayor Jendral TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. Pada saat itu wakil Gubernur di jabat oleh “ Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi, S.E. Nah sudah mengetahui sekilas mengenai AKMIL saat nya kita membahas mengenai macam – macam program studinya secara menyeluruh.

Program Studi Teknik Sipil Pertahanan AKMIL

Program Studi Teknik Sipil Pertahanan saat ini berakreditasi A, struktur organisasi prodi saat ini di pimpin oleh seorang kepala departemen teknik dan administrasi yang merangkap juga sebagai kepala Program Studi Teknik Sipil Pertahanan.

Visi Program Studi Teknik Sipil Pertahanan AKMIL

Program Studi Teknik Sipil AKMIL mempunyai visi, untuk menyelenggarakan  pertahanan sebagai centr of Excellence yang bisa mewujudkan hasil didik perwira lulusan Akademi Militer yang sudah Profesional pada bidang Teknik Sipil Perahanan dan juga mempunyai komptensi yang mampu mengembangkan diri di dalam perkembangan ilmu dan juga teknologi pada bidang Teknik Sipil ataupun Teknik Kemiliteran dan juga tidak lupa dicintai dan mencintai Raykat.

Misi Program Studi Teknik Sipil Pertahanan AKMIL

  1. Mampu melaksanakan pendidikan tnggi dan pengajaran pada bidang teknik sipil pertahanan unuk menghasilkan perwira atau lulsan Akademik Militer yang mempunyai skill profesional serta dapat berorientasi pada perkembangan Ilmu Teknk Sipil Pertahanan
  2. Dapat meningkatkan pencapaian standarisasi komponen pendidikan pada bidang studi tenik sipil pertahanan
  3. Bisa meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen teknik sipil pertahanan sehingga mempunyai pengetahuan dan skill, psikomotorik serta mempunyai nilai intgritas moral dan etika untuk dapat mewujudkan program pendidikan yang baik
  4. Dapat meningkatkan penelitian yang bisa menopang kemajuan pendidikan pada bidang ilmu Teknik Sipil Pertahanan
  5. Dapat meningkatkan pengabdian kepada masyaraka melalui pembinaan teritorial agar selalu d cintai dan mencintai para masyarakat/rakyat
  6. Dapat menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan para lembaga pendidikan, lembaga, penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk dapat enunjang proses belajar, mengajar program pendidikan Teknik Sipil Pertahanan AKMIL.
  7. Bisa menyiapkan kurikulum taruna Akadem Militer, fasilitas, sarana dan prasarana pada ruang lingkup pendidikan yang baik.

Tujuan Program Studi Teknik Sipil Pertahanan AKMIL Yang Harus Kalian Ketahui

Untuk mendukung tercapainya visi dan misi Prodi Teknik Sipil Pertahana yang sesuai dengan arah kebijakan umum pimpinan Akademi Militer, maka di tentukan tujuan dari prodi Teknik Sipil Pertahanan berikut ini :

  1. Untuk memberikan pengeahuan dan juga ketrampilan kepada taruna/taruni akademi militer yang dapat menguasai dan mengaplikasikan pada bidang kemiliteran serta Teknik Sipil Pertahanan AKMIL.
  2. Agar tercapainya standarisasi komponen pendidikan pada bidang studi Teknik Sipil Pertahanan.
  3. Untuk meningkatkan kompetensi dosen dan ketenaga kerjaan dalam bidang pendidikan taruna dan juga di dalam bidang kemiliteran dan Teknik Sipil Pertahanan AKMIL.
  4. Melakukan penelitian terhadap berbagai macam masalah pada bidang Teknik Sipil Pertahanan AKMIL yang bisa di manfaatkan bagi masyarakat ataupun instituso yang ada di sekitar lingkungan TNI AD.
  5. Dapat melakukan pengabdiaan kepada masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga institusi di dalam bidang Ilmu Teknik Sipil Pertahahanan dan juga meningkatkan kemanunggalan TNI AD ( Akmil ) dan rakyat.
  6. Untuk membangung kerjasama secara berkelanjutan dengan berbagai lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan juga untuk menunjag proses pembelajaran di dalam program studi Teknik Sipil Pertahanan AKMIL
  7. Agar dapat membangun sebuah fasilitas, sarana dan Prasaranan serta mempunyai lingkungan pendidikan yang baik.

Persyaratan Umum Pendaftaran AKMIL

Selanjutnya kami juga akan memberikan informasi mengenai persyaratan yang harus teman – teman IC siapkan dalam rangka pendaftaran AKMIL. Berikut Persyaratanya :

  1. Para pendaftar merupakan WNI ( Warga Negara Indonesia )
  2. Para pendaftar harus beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Para pendaftar harus setia kepada NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ) yang berdasarkan pancasilan dan juga UUD 1945
  4. Para pendaftar mempunyai umur sekurang – kuranganya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun di saat pembukuan pendidikan
  5. Para pendaftar harus dengan kondisi sehat jasmani dan Rohani

Persyaratan Tambahan Untuk Pendaftaran AKMIL

  1. Calon Pendaftar Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.
  2. Mempunyai ijazah SMA/MA atau yang setara, program IPA dengan ketentuan nilai UAN akan ditentukan kemudian.
  3. Calon pendaftar Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan.
  4. Calon pendaftar Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Calon Pendaftar Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  6. Calon Pendaftar Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Para pendaftar harus mempunyai surat persetujuan dari orang tua/wli. Untuk calon yang menggunakan wali agar di isi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali seperti: Bapak tiri/kakak/paman/bibi/ dengan meneliti KTP orang tua/wali dan juga ditetapkan oleh Kecamatan Setempat.
  8. Para pendaftar harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang sudah di selenggakan oleh panitia penerimaan. Pengujiana berupa:
    • Tahap administrasi
    • Tahap Kesehatan
    • Tahap Jasmani
    • Tahap Wawancara
    • Tahap Psikologi
    • Tahap Akademik
  9. Para pendaftar tidak boleh bertato ataupun mempunyai bekas tato kecuali yang diakibatkan karena ketentuan adat/agama
  10. Para pendaftar tidak boleh memunyai bekas tindik, kecuali yang di akibatkan oleh ketentuan adat/agama
  11. Para pendafar bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung ataupun tidak langsung. Ketika erbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang sudah di maksut maka bersedia untuk dinyatakan tidak lulus hingga di keluarkan dari Dikma.

Jika kita lihat di poin 8 dimna ada cukup banyak tahapan tes yang harus di lalui oleh para pendaftar. Hal ini dapat di mudahkan dengan mengikuti bimbel. Banyak para pendaftar AKMIL yang mengikuti bimbel khusus untuk masuk AKMIL. Tidak semua lembaga bimbel mempunyai program tersebut, akan tetapi Indonesia College mempunyainya.

Bimbel Masuk Teknik Sipil Pertahanan AKMIL Di Indonesia College

Indonesa College mempunyai program Prinsipal (Program inensif Spesialis Alumni) yang di rancang unuk para alumni SMA luluran 2019, 2018 dan sebelumnya. Program ini nantinya akan di laksanakan selama 2 bulan untuk membekali para calon tarun taruni agar lebih siap unuk menghaapi seleksi AKMIL tahun 2020. Indonesia College mempunyai metoe pembelajaran yang efektif dan akan memudahkan para calon taruna untuk masuk AKMIL. Untuk melihat informasi biaya dan pendaftaran anda dapat mengunjungi ( Link Ini ).

Sampai disini dulu ya teman – teman IC artikel pada kesempatan kali ini, jika anda mempunyai mimpi maka kejarlah mimpi tersebut dan jangan sampai menyerah. Keluarkan semua usaha anda hingga sampai melebihi usaha orang lain. Dengan menggunakan bimbel tentunya anda juga mengeluarkan usaha lebih dari orang lain yang mendaftar Teknik Sipil Pertahanan AKMIL.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…