Seluk-Beluk Pendaftaran AKPOL: Syarat dan Tahapannya

oleh | Nov 5, 2019 | Blog | 0 Komentar

Dalam perekrutan anggota kepolisian yang baru, ada beberapa jalur perekrutan yang dibuka. Beberapa jalur tersebut adalah SIPSS, Bintara Polri, Bintara Khusus Penyidik, TI dan Musik, Tamtama, dan AKPOL. Setiap jalur perekrutan memiliki detail yang berbeda dan akan menghasilkan lulusan yang berbeda pula.

Salah satu jalur yang sering dipilih untuk perekrutan anggota kepolisian yang baru adalah AKPOL. Setiap tahun, pendaftaran AKPOL senantiasa ditunggu oleh putra dan putri terbaik bangsa untuk mengabdi pada negara. Hal ini dikarenakan prospek dari lulusan AKPOL yang bisa dikatakan cukup cemerlang, terutama dalam karier di masa yang akan datang.

Apa itu AKPOL?

Beberapa awam mungkin menganggap bahwa jalur penerimaan anggota kepolisian yang baru tersebut sama saja. Padahal, sudah disinggung sebelumnya bahwa jalur tersebut berbeda sesuai detail, lulusan dan prospek ke depan. Perlu diketahui, Akademi Kepolisian atau AKPOL adalah lembaga pendidikan ikatan dinas yang berada di bawah KALEMDIKPOL.

Lembaga pendidikan ini berdiri secara khusus dengan tugas utama untuk mencetak para Perwira Polri di masa yang akan datang. Kampus pendidikan AKPOL ini berada di Jalan Sultan Agung No. 131, Semarang, Jawa Tengah. Dalam hal ini, setiap taruna –sebutan untuk siswa yang belajar di AKPOL, akan mendapatkan pendidikan selama kurang lebih 4 tahun.

Setelah masa pendidikan tersebut, maka semua taruna akan lulus dengan mendapatkan pangkat sebagai Inspektur Dua Polisi. Dari sinilah bisa dilihat bahwa pangkat AKPOL setelah lulus akan lebih tinggi daripada beberapa jalur penerimaan anggota kepolisian baru sebagaimana disinggung di awal. Inilah yang membuat pendaftaran AKPOL senantiasa ramai setiap tahun.

Persyaratan Masuk AKPOL

Sebagaimana pendaftaran anggota kepolisian baru di beberapa jalur penerimaan, pendaftaran AKPOL pun juga memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut akan menjadi modal seleksi awal yang harus dipersiapkan oleh calon taruna. Secara umum, persyaratan tersebut dibagi menjadi dua, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus.

1. Persyaratan Umum

Ada beberapa persyaratan umum dalam pendaftaran AKPOL yang harus dipenuhi oleh calon taruna jika mereka hendak masuk dan mengikuti pendidikan di AKPOL. Adapun beberapa persyaratan umum yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Calon taruna adalah WNI atau Warga Negara Indonesia baik pria ataupun wanita
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945
  4. Sehat secara jasmani dan rohani dengan dibuktikan menggunakan surat keterangan sehat dari institusi terkait
  5. Berumur paling rendah 18 tahun pada saat mengikuti pendaftaran AKPOL dan dilantik menjadi anggota baru
  6. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dan dibuktikan dengan SKCK
  7. Berwibawa, jujur, adil serta berkelakuan baik
  8. Lulus pendidikan dan pembentukan anggota kepolisian sesuai prosedur yang diberikan.

Syarat umum tersebut harus dipenuhi oleh semua calon taruna. Jika ada syarat yang tidak dipenuhi, maka calon taruna tidak bisa mengikuti proses pendaftaran AKPOL.

2. Persyaratan Khusus

Selain persyaratan secara umum, dalam pendaftaran AKPOL juga ada beberapa persyaratan khusus yang juga harus dipenuhi oleh para calon taruna. Adapun beberapa persyaratan khusus untuk para calon taruna yang ingin masuk AKPOL tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pria dan wanita, buka anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. Memiliki ijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS dan bukan lulusan paket A, B dan C serta memenuhi nilai minimal yang ditetapkan.
  3. Berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun selama proses pendaftaran AKPOL
  4. Memiliki tinggi badan dan berat badan yang seimbang dengan ketentuan tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 163 cm untuk wanita
  5. Belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat, belum pernah hamil dan melahirkan, belum pernah memiliki anak biologis dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam masa pendidikan pembentukan yang diselenggarakan
  6. Tidak memiliki tato atau bekas tato dan tidak memiliki tindik atau bekas tindik telinga atau anggota badan, kecuali ditentukan oleh bagian agama/adat, khususnya untuk pria
  7. Bagi peserta calon taruna yang gagal/TMS karena memiliki kasus pidana yang telah berkekuatan tetap maka tidak dapat mendaftar kembali
  8. Mantan siswa yang diberhentikan dengan tidak hormat dari proses pendidikan oleh lembaga pendidikan yang dibiayai oleh anggaran negara maka tidak boleh mendaftar
  9. Dinyatakan bebas dari narkoba dengan menyerahkan surat bebas narkoba saat pendaftaran AKPOL yang didapatkan dari instansi kesehatan pemerintah
  10. Membuat surat pernyataan dengan materi berisi tentang kesediaan untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian. Surat ditandatangani oleh peserta dan diketahui oleh orang tua/wali
  11. Bagi yang bersekolah di luar negeri harus mendapatkan pengesahan dari lembaga terkait
  12. Tinggal minimal selama 1 tahun di wilayah kepolisian daerah tempat mendaftar dengan melampirkan KTP atau KK. Apabila terbukti melakukan duplikasi atau pemalsuan, maka akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku
  13. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun terhitung mulai pada saat diangkat menjadi perwira Polri
  14. Mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali
  15. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain
  16. Calon taruna melampirkan BPJS Kesehatan saat dinyatakan lulus
  17. Bagi yang sudah bekerja tetap sebagai seorang pegawai/karyawan, maka harus mendapatkan persetujuan dan rekomendasi dari kepala instansi terkait dan bersedia untuk diberhentikan dari status pegawai atau karyawan bila diterima dalam pendaftaran AKPOL untuk mengikuti pendidikan taruna.

Beberapa poin di atas merupakan syarat masuk AKPOL secara khusus yang harus dipenuhi oleh calon taruna yang hendak mengikuti proses pendaftaran AKPOL. Tentu, setiap syarat harus dipenuhi agar pendaftar bisa diterima dan mengikuti seleksi lanjutan dari AKPOL.

Tata Cara Pendaftaran AKPOL

Untuk memudahkan proses pendaftaran AKPOL, maka mengetahui bagaimana tata cara pendaftaran menjadi hal yang sangat krusial. Dalam hal ini, ada beberapa cara pendaftaran AKPOL yang harus dijalankan. Hanya saja, perlu diketahui bahwa cara pendaftaran akademi ini kini menggunakan cara online.

Nah, beberapa cara pendaftaran AKPOL tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Membuka alamat pendaftaran AKPOL sebagaimana disediakan di website utama kepolisian
  2. Pilih seleksi taruna AKPOL dan klik tombol daftar
  3. Setelah itu, isi formulir pendaftaran sebagaimana ketentuan yang diberikan
  4. Setelah mengisi formulir, maka pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi dan password
  5. Gunakan nomor registrasi dan password tersebut untuk login ke website utama
  6. Selanjutnya, login dan lengkapi biodata
  7. Setelah itu, cetak bukti pendaftaran secara online tersebut.

Perlu diketahui bahwa proses daftar online adalah proses pertama dari rangkaian pendaftaran AKPOL. Jika pendaftaran online tersebut sudah selesai, maka siapkan berkas-berkas lain yang diperlukan. Berkas tersebut dikirim ke kepolisian daerah setempat untuk dilakukan verifikasi.

Tahapan Seleksi Taruna AKPOL

Setelah semua berkas berhasil diverifikasi, maka langkah lanjutan dari pendaftaran AKPOL adalah seleksi. Ada cukup banyak tahapan seleksi yang harus diikuti oleh para calon taruna untuk bisa diterima di AKPOL.

Namun, perlu diketahui bahwa proses seleksi tersebut dibagi menjadi dua, yakni seleksi tingkat daerah dan seleksi tingkat pusat. Adapun rincian dari seleksi tersebut dalam proses pendaftaran AKPOL adalah sebagai berikut:

1. Seleksi AKPOL Tingkat Daerah

Seleksi pertama yang harus dilalui dalam proses pendaftaran AKPOL adalah seleksi tingkat daerah. Dalam proses seleksi ini, ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi. Adapun beberapa tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan administrasi awal
  2. Tes psikologi tahap I (tertulis)
  3. Pemeriksaan kesehatan tahap I
  4. Tes kesamaptaan jasmani (samapta A dan B) serta renang
  5. Pemeriksaan anthropometry
  6. Tes akademik dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dalam hal ini, materi tes meliputi pengetahuan umum, bahasa Indonesia dan matematika (IPA serta IPS)
  7. Pemeriksaan kesehatan tahap II
  8. Pendalaman PMK
  9. Tes psikologi tahap II (wawancara)
  10. Pemeriksaan administrasi akhir
  11. Sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat Panda.

Beberapa tahapan dalam seleksi tersebut akan menentukan nasib dari calon taruna di seleksi pusat. Oleh karena itu, semua tahapan dalam seleksi harus dilalui dengan baik. Selain itu, dalam seleksi berlaku sistem gugur. Artinya, jika mengalami kegagalan, maka seleksi tidak bisa dilanjutkan.

2. Seleksi AKPOL tingkat pusat

Setelah lolos dalam seleksi di tingkat daerah, maka calon taruna akan mengikuti seleksi di tingkat pusat. Ini adalah bagian paling penting dari pendaftaran AKPOL yang akan menentukan nasib calon taruna ke depan. Adapun tahapan dalam seleksi di tingkat pusat AKPOL adalah sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan administrasi
  2. Penelusuran rekam jejak media sosial
  3. Pemeriksaan kesehatan baik fisik maupun jiwa
  4. Tes kesamaptaan jasmani (samapta A dan B) serta renang
  5. Pemeriksaan anthropometry
  6. Tes psikologi (wawancara)
  7. Tes kemampuan manajerial (TKM)
  8. Tes bahasa Inggris dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT)
  9. Pendalaman PMK
  10. Pemeriksaan penampilan
  11. Sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat pusat.

Proses seleksi tersebut menjadi langkah awal nan panjang yang harus dilalui oleh para calon taruna. Dalam hal ini, penerimaan AKPOL akan sangat ditentukan oleh hasil dari seleksi tersebut. Selain itu, apa yang menjadi catatan adalah mengenai tes fisik AKPOL. Dalam hal ini, tes fisik akan dilakukan dengan menyeluruh.

Artinya adalah hanya mereka yang memiliki fisik sehat saja yang akan diterima. Oleh karena itu, latihan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para calon taruna sebelum mengikuti pendaftaran AKPOL. Hal ini penting agar fisik mereka terbiasa.

Jadwal Pendaftaran AKPOL

Pertanyaan yang sering muncul terkait pendaftaran AKPOL adalah kapan jadwal pendaftaran tersebut dibuka. Nah, perlu diketahui bahwa AKPOL senantiasa membuka pendaftaran untuk mencari bibit unggul untuk mengisi berbagai posisi di kepolisian.

Namun, untuk jadwal pendaftaran AKPOL tersebut, belum ada informasi terkait yang bisa disajikan. Untuk mengetahui kapan masa pendaftaran akademi ini dibuka, calon taruna bisa mengunjungi situs penerimaan Polri yang telah disediakan.

Hal yang sama juga berlaku untuk pengumuman AKPOL. Pada dasarnya, pengumuman memang akan dilakukan setelah proses seleksi panjang dilalui, terutama melalui mekanisme sidang. Namun, hasil seleksi tersebut akan disampaikan pula dalam website resmi kepolisian. Oleh karena itu, mengenai informasi pengumuman bisa dicek di website penerimaan Polri.

Biaya Pendidikan di Akademi Polisi

Hal lain yang seringkali ditanyakan adalah mengenai biaya pendidikan AKPOL. Hal ini lumrah karena pasti setiap calon taruna ingin mengetahui mekanisme pembelajaran yang dilakukan di AKPOL. Terlebih, banyaknya desas desus di masyarakat terkait uang suap dan lainnya.

Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa proses pendaftaran AKPOL dan juga pendidikan di AKPOL tidak dipungut biaya alias gratis. Hal ini dikarenakan AKPOL merupakan akademi pendidikan yang ada di bawah kementerian secara langsung dan memiliki ikatan dinas.

Adanya ikatan dinas tersebut membuat proses pendidikan menjadi tanggungan dari negara. Namun, tentu biaya tersebut tidak mencakup biaya keperluan pribadi dan beberapa biaya lain yang dibutuhkan selama proses pendidikan berlangsung. Hal ini tentu saja wajar karena memang pada dasarnya setiap taruna akan membutuhkan sesuatu di samping pendaftaran AKPOL.

Gaji Lulusan AKPOL

Selain perbedaan pada pangkat lulusan, hal lain yang berbeda dari penerimaan anggota baru kepolisian dari beberapa jalur adalah besaran gaji dari hasil recruitment tersebut. Hal ini memang sangat beralasan karena pangkat yang berbeda, sesuai peraturan termasuk pendaftaran AKPOL akan menentukan besaran gaji AKPOL.

Lantas, berapa rincian dari gaji yang akan diterima oleh lulusan AKPOL tersebut? Di beberapa poin di atas sudah disinggung bahwa lulusan AKPOL akan mendapatkan pangkat Inspektur Dua Polisi. Dalam peraturan yang berlaku terkait gaji, besaran gaji yang akan diterima oleh seorang Inspektur Dua Polisi adalah sekitar Rp 2.735.000 untuk masa kerja nol tahun hingga Rp 4.425.200.

Besaran gaji ini cenderung lebih tinggi daripada beberapa hasil recruitment yang berasal dari jalur lain. Selain itu, perlu diketahui bahwa Inspektur Dua Polisi bisa mengalami kenaikan pangkat karena prestasi dan masa bakti. Kenaikan pangkat tersebut akan berdampak pada besaran gaji yang akan diterima.

Dalam hal ini, adapun kenaikan pangkat yang bisa diterima oleh seorang lulusan AKPOL setelah bekerja selama beberapa waktu dan menunjukkan prestasinya berikut gajinya adalah sebagai berikut:

  • Inspektur Polisi Satu: Rp 2.820.800 – Rp 4.635.600
  • Ajun Komisaris Polisi: Rp 2.909.100 – Rp 4.780.600 (masa kerja 32 tahun).

Nah, perlu diketahui bahwa besaran gaji tersebut adalah gaji pokok yang akan diterima setiap bulan. Gaji tersebut tidak termasuk tunjangan yang diterima dan beberapa tambahan lain yang akan diterima. Tentu, jika dilihat besaran gajinya, maka gaji lulusan AKPOL bisa dikatakan cukup besar.

Persiapan Pendaftaran AKPOL

Sebagaimana disinggung di awal bahwa AKPOL adalah salah satu jalur penerimaan anggota kepolisian yang baru. Jika dilihat dari strata lulusan, AKPOL cenderung lebih tinggi dibandingkan beberapa jalur lain. Oleh karena itu, untuk menyambut pendaftaran AKPOL, maka Anda sebaiknya melakukan beberapa persiapan.

Adapun beberapa persiapan yang harus dilakukan agar Anda bisa lolos dalam proses pendaftaran AKPOL adalah sebagai berikut:

  • Persiapan akademik untuk menjaga nilai kelulusan agar senantiasa baik
  • Persiapan fisik untuk masuk syarat minimal yang ditetapkan sesuai aturan pendaftaran AKPOL
  • Persiapan mental untuk menghadapi proses seleksi yang panjang dan melelahkan
  • Persiapan pengetahuan terutama tentang hal-hal kebangsaan dan materi untuk tes lainnya.

Nah, demikian beberapa ulasan terkait pendaftaran AKPOL yang bisa dipelajari. Tentu, mempelajari beragam hal terkait pendaftaran Akademi Polisi ini akan menunjang proses pendaftaran yang Anda akan ikuti. Persiapkan diri dengan baik dan pastikan Anda siap untuk menghadapi seleksi. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

Ini Dia Alasan Penting Ikut Bimbel AKPOL

TENTANG AKPOL - AKPOL merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang di gemari oleh kaum muda-mudi bangsa. Akademi Kepolisian atau biasa disebut dengan AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak perwira Polri. Akademi Kepolisian atau...

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Ini Dia Pentingnya Ikut Bimbel CPNS 2020

Tentang CPNS – CPNSmerupakan sebuah sebutan untuk pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama atau awal.  Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), seorang pegawai yang masih bergelar CPNS statusnya masih dalam...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Biology UGM

IUP BIOLOGY UGM – Fakultas Biology di Universitas Gadjah Mada kini telah membuka kelas IUP atau biasa di sebut dengan International Undergraduate program. Merupakan kelas berstandar International yang bisa diikuti oleh para pelajar luar negeri maupun dalam negeri. Ada...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Science UGM

IUP SCIENCE UGM – International Unfergraduate Program atau biasa disebut dengan IUP CS (Computer Science) telah menjadi bagian dari Fakultas MIPA di Universitas Gadjah Mada. Ada banyak keuntungan apabila kamu bisa masuk untuk berkuliah dan lulus dari IUP Science UGM,...

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Alasan Dan Tips Masuk IUP Psychology UGM

Masuk IUP PSYCHOLOGY UGM – IUP atau International Undergraduate Program telah menjadi bagian dari Fakultas Psychology di Universitas Gadjah Mada. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila bisa masuk berkuliah dan lulus dari IUP Psychologi UGM,...

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

6 Tips Sukses Masuk IUP FEB UGM

Masuk IUP FEB UGM - Merupakan sebuah program kelas Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM yang mana mahasiswanya berisikan para pelajar dari luar negeri dan pelajar dalam negeri. International Undergraduate Program FEB UGM mempunyai program sarjana 4...

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Alasan Utama Dan Tips Masuk AKPOL

Masuk AKPOL – atau biasa disebut dengan nama Akademi Kepolisian merupakan salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ada di Indonesia. Sekolah kepolisian ini mempunyai tujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dengan masa...

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

Mengenal Sejarah Dan Tips Masuk STSN

STSN – bisa disebut juga dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara. Berdirinya Perguruan Tinggi Kedinasan ini adalah untuk menjadikan para mahasiswanya pahlawan dunia...

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

Mengenal Dan Mengetahui Tips Masuk STIS

STIS –  atau dengan nama lain Sekolah Tinggi Ilmu Statistik merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan BPS atau Badan Pusat Statistik. Sekolah ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang statistika dan...