Tips Sukses Masuk Kedinasan IPDN 2020

oleh | Mei 8, 2020 | Blog | 0 Komentar

KEDINASAN IPDN – Merupakan sebuah Institut Pemerintahan Dalam Negri atau juga dapat disebut dengan IPDN adalah suatu lembaga pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Kementrian Dalam Negeri. Sekolah Kedinasan ini nantinya di harapkan dapat mempersiapkan para kader pemerintah untuk di tempatkan di tingkat daerah mupun sebaliknya. Sekolah kedinasan ini telah memiliki beberapa kampus yang tersebar di beberapa penjuru Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. IPDN Kampus Sumatera Utara
  2. IPDN Kampus Sumatera Selatan
  3. IPDN Kampus Sumatera Barat
  4. IPDN Kampus Papua
  5. IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat
  6. IPDN Kampus Riau
  7. IPDN Kampus Kalimantan  Barat
  8. IPDN Kampus Jakarta

Saat ini Sekolah Kedinasan IPDN tengah menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit di kalangan muda-mudi bangsa. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila bisa masuk dan lulus dari sekolah kedinasan ini. Hal inilah yang menjadi motivasi untuk para calon tarunanya untuk bisa melanjutkan studi di sekolah kedinasan ini. Namun semua keuntungan itu tentunya membutuhkan sebuah perjuangan yang tidak mudah. Banyak tahapan dan tantangan yang harus dilalui oleh para calon Praja agar bisa masuk dan menyelesaikan masa pendidikannya di Institut Pemerintahan Dalam Negri atau IPDN ini. Untuk kalian yang hendak mendaftar sebagai calon taruna di IPDN sebaiknya mempersiapkan diri sedini mungkin, karena setiap tahunnya proses seleksi di IPDN sangat ketat dan para para pelamarnya bertambah banyak tiap tahunnya.

4 Tips Sukses Masuk Kedinasan IPDN Yang Terbaru di Tahun 2020

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika akan mendaftar ke Institut Pemerintahan Dalam Negri atau IPDN. Berikut adalah beberapa cara sukses masuk IPDN yang bisa kalian perhatikan untuk memudahkan jalan kalian masuk ke IPDN :

  • Persiapkan Fisik dan kecerdasan, Fisik dan kecerdasan yang seimbang adalah salah satu persyaratan yang di terapkan oleh Perguruan Tinggi Kedinasan ini. Tentunya untuk mendapatkan dan mencapai hasil seimbang tersebut kalian harus mempersiapkanya sejak dini. Mulailah untuk melatih keduanya dengan cara belajar lebih extra dan mulailah teratur untuk berolahraga.
  • Untuk melatih ketahanan fisik kalian sebaiknya kalian melakukan olahraga seperti lari, renang, sit-up, push-up, dsb. Kalian juga disarankan untuk mencoba mengerjakan soal-soal ujian yang setara dengan soal ujian untuk SBMPTN. Kedua hal tersebut akan membantu kalian nantinya ketika proses seleksi di IPDN.
  • Carilah Informasi sebanyak Mungkin, Dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengeani IPDN akan sangat membantu kalian, walaupun itu adalah infomasi yang kecil asalkan sumbernya terpercaya. Carilah informasi mengenai kuota pendaftaran, jadwal, jenis seleksi, serta informasi lainnya. Hal ini akan membantu kalian dalam menyusun strategi dan menyiapkan bekal dalam menghadapi tes dan seleksi di IPDN.
  • Kenali jenis tes IPDN, Ada beberapa tahapan tes dan seleksi yang perlu kalian ketahui agar bisa lolos masuk ke IPDN. Tes dan seleksi terrbagi dalam beberapa bagian yang berbeda-beda. Berikut adalah tes dan seleksi yang perlu kalian ketahui untuk lolos masuk IPDN :
    • Seleksi Administrasi , Pada seleksi administrasi ini, para calon Praja IPDN akan dipilah sesuai dengan kelengkapan berkas dan persyaratan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh pihak IPDN. Untuk pendaftaran IPDN sendiri dilakukan secara online di http//spcp.ipdn.ac.id dengan cara mengunggah melalui scanning dokumen. Sebaiknya kalian untuk terus memantau website resmi IPDN untuk memastikan kelengkapan berkas persyaratan kalian.
    • Tes Kompetensi Dasar (TKD), Pada tahap tes Kompetensi dasar ini pihak IPDN akan menggunakan sistem CAT atau Computer Asessment Test. Untuk bisa lolos dalam tes ini para calon Praja harus bisa melewati nilai Ambang Batas (Passing Grade). Tes ini hampir sama dipakai untuk tes CPNS. Sebaiknya kalian mulai mempelajari tes ini dengan mengerjakan beberapa soal latihan, bisa dari Internet atau buku.
    • Tes Kesehatan, Untuk tahapan selanjutnya setelah melewati tes TKD dengan sistem CAT, para calon Praja akan menghadapi tes Kesehatan. Tes Kesehatan untuk bisa masuk ke IPDN akan dilakukan oleh pihak PUSKES TNI.
    • Tes Penentuan Akhir (Pantukhir), Tes ini merupakan tes tahap akhir yang akan dilakukan di kampus IPDN jatinangor, materi tes ini meliputi ( Verifikasi faktual dokumen administrasi, Tes Kesehatan Pusat, Test Kesamaptaan, Wawancara )
  • Berdoa, Untuk sentuhan awal dan akhir kalian dianjurkan untuk berdo’a kepada Tuhan YME agar kalian mendapatkan ketenangan batin saat mengerjakan tes dan seleksi masuk IPDN.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Yang Lainnya…

Mengenal Berbagai Jalur Seleksi S1 UNDIP

Mengenal Berbagai Jalur Seleksi S1 UNDIP

Universitas Diponegoro merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Kampus yang sering disebut dengan UNDIP ini merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Melihat hal ini, setiap tahunnya, UNDIP selalu diserbu banyak...

Tips Lolos Berbagai Tahapan Seleksi IUP UGM

Tips Lolos Berbagai Tahapan Seleksi IUP UGM

Sebelum mengikuti seleksi IUP UGM, ada baiknya untuk mengetahui beragam tes yang akan dihadapi. Berikut tahapan-tahapan seleksi mahasiswa baru international program UGM beserta tips-tips menghadapinya. GMST Tahapan seleksi pertama yang perlu dihadapi ketika mendaftar...

Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

Mengenal Berbagai Program Studi Teknik KKI UI

Universitas Indonesia atau UI menawarkan berbagai program studi di Kelas Khusus Internasional (KKI). Terdapat 15 program yang dapat dipilih dan 7 diantaranya merupakan bagian dari Fakultas Teknik UI. Program kelas internasional di FT UI dibuat guna memberi kesempatan...

8 Tips Hadapi UTBK 2021

8 Tips Hadapi UTBK 2021

Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan tes yang penting dilakukan bagi siapa pun yang ingin masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari ujian yang diprakarsai oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini digunakan sebagai bentuk seleksi ketika...

Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTN

Perbandingan Biaya Kuliah Kedokteran di 15 PTN

Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), besaran biaya kuliah bagi setiap mahasiswa ditentukan menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Melalui sistem ini, biaya yang perlu dibayar tiap semester terbagi dalam beberapa kelompok. Penentuan kelompok ini sendiri...