Daftar Sekolah Kedinasan Pelayaran dalam Naungan Kemenhub

oleh | Nov 11, 2021 | Blog, Sekolah Kedinasan | 0 Komentar

Sekolah Kedinasan Pelayaran – Ada banyak jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu sekolah kedinasan. Perguruan tinggi ini didirikan oleh lembaga pemerintah khusus untuk mendidik masyarakat supaya siap menghadapi dunia kerja, terutama untuk membantu pemerintah.

Sekolah kedinasan yang ada di Indonesia memiliki fokus pendidikan yang beragam. Setiap kampus memiliki pembelajaran yang sejalan dengan lembaga yang menaunginya. Kementerian Perhubungan atau Kemenhub merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memiliki sekolah kedinasan dengan fokus pendidikan di bidang transportasi.

Kemenhub memiliki menaungi banyak perguruan tinggi kedinasan, di antaranya yaitu yang fokus di ilmu pelayaran. Apa saja sekolah kedinasan pelayaran yang ada di Indonesia? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Sekolah Kedinasan dalam Naungan Kemenhub

sekolah kedinasan pelayaran

Kementerian Perhubungan merupakan salah satu lembaga negara yang memiliki perguruan tinggi kedinasan. Kemenhub mendirikan sekolah untuk mendidik masyarakat di bidang transportasi. Pendidikan dibagi menjadi 3 jenis yaitu transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara.

Setiap kelompok pendidikan terdiri dari berbagai sekolah dengan fokus yang sejenis. Masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pendidikan di sekolah tersebut sesuai dengan minatnya masing-masing. Tidak hanya itu, sekolah kedinasan Kemenhub juga tersebar di berbagai daerah sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan.

Baca juga Daftar Sekolah Kedinasan Non Militer yang Ada di Indonesia.

Daftar Sekolah Kedinasan Pelayaran

Kemenhub menaungi banyak sekolah kedinasan, di antaranya yaitu untuk pendidikan transportasi darat. Sekolah kedinasan di bidang pelayaran yang berada di bawah Kemenhub jumlahnya cukup banyak dan tersebar di berbagai pelosok negeri. Berikut ini daftar perguruan tinggi pelayaran di bawah Kemenhub.

PIP Makassar

Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi yang dikelola oleh Kemenhub. Sekolah ini berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Pendidikan di sekolah ini berada pada jenjang Diploma 4. Program studi yang dibuka yaitu Nautika, Teknika, dan KALK.

PIP Semarang

Sekolah kedinasan di bidang transportasi laut yang selanjutnya yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Semarang. Sekolah ini didirikan untuk mendidik dan melatih masyarakat Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk bisa menjadi ahli di bidang pelayaran dan pelabuhan. Pendidikan dibuka di jenjang Diploma 4 Nautika, Teknika, dan KALK.

Poltekpel Sorong

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sorong merupakan sekolah kedinasan dalam naungan Kemenhub yang berada di Papua Barat. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan di jenjang Diploma 3. Program studi yang dibuka ada 3 yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Poltekpel Sulawesi Utara

Sekolah kedinasan di bidang pelayaran yang berikutnya yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sulawesi Utara. Di sini, pendidikan dibuka pada jenjang Diploma 3. Masyarakat bisa memilih salah satu dari program studi yang ada yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Poltekpel Banten

Pilihan lain untuk melanjutkan pendidikan di bidang pelayaran yaitu Polteiknik Pelayaran atau Poltekpel Banten. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang Diploma 3. Program studi yang dibuka yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Poltekpel Barombong

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Barombong terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Sekolah transportasi ini membuka pendidikan untuk masyarakat pada jenjang Diploma 3. Ada tiga program studi yang bisa dipilih yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajamen Transportasi Laut.

Poltekpel Malahayati

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Malahayati merupakan sekolah kedinasan dalam naungan Kemenhub yang berada di bagian barat Indonesia, yaitu Aceh. Sekolah ini memiliki 3 program studi yang berada di jenjang Diploma 3 yaitu Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Sistem Kelistrikan Kapal.

Poltekpel Sumatera Barat

Perguruan tinggi kedinasan lainnya di bidang pelayaran yaitu Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sumatera Barat. Sekolah kedinasan ini berada di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pendidikan diselenggrakan untuk beberapa program studi yaitu D-III Studi Nautika, D-III Teknologi Nautika, dan D-IV Transportasi Laut.

Poltekpel Surabaya

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya merupakan pilihan perguruan tinggi kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di berbagai jenjang. Sekolah ini memiliki banyak program studi tingkat diploma yaitu:

  • D-IV Teknologi Rekayasa Operasi Kapal
  • D-IV Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
  • D-IV Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal
  • D-IV Transportasi Laut
  • D-III Nautika
  • D-III Teknika
  • D-III Elektro Pelayaran

STIP Jakarta

Sekolah kedinasan selanjutnya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran atau STIP Jakarta yang berada di Jakarta Utara. Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, sekolah ini membuka pendidikan khusus untuk jenjang Diploma 4 saja. Terdapat 3 program studi yang dibuka yaitu Nautika, Teknika, dan KALK.

Itulah daftar sekolah kedinasan pelayaran dalam naungan Kemenhub. Jika tertarik untuk mendapat pendidikan di dunia pelayaran, kamu bisa memilih salah satu perguruan tinggi di atas.


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga Yang Lainnya…

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Politeknik AKA Bogor!

Politeknik AKA Bogor merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang kimia analis. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Mata Kuliah Ilmu Kelautan Apa Saja? Cek Penjelasannya!

Ilmu kelautan adalah disiplin ilmu yang menggabungkan studi dari berbagai mata pelajaran untuk memahami lingkungan laut, kehidupan laut, dan interaksinya. Yuk, simak mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Kelautan di sini!